Cara Praktis Membuat Kombinasi Makanan Sehat & Bergizi Secara Hemat di Bulan Ramadan


Kesehatan merupakan salah satu anugerah yang harus kita jaga, karena tanpa kesehatan semua yang ada di dunia ini akan terasa percuma saja jadinya. Jika kita tidak sehat, maka tidur di tempat sebagus apapun akan terasa tidak nyenyak, dan mengkonsumsi makanan seenak apapun tak akan terasa nikmatnya.

Maka dari itu, menjaga kesehatan itu penting, apalagi di bulan Ramadan seperti saat sekarang ini, supaya kita bisa memaksimalkan diri kita untuk tetap beraktivitas dan juga menjalankan berbagai ibadah selama sebulan penuh di bulan Ramadan ini.

Maka dari itu, menjaga kesehatan tidak boleh diabaikan, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi, bukan hanya bisa memberikan rasa kenyang saja, namun juga harus mengandung gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Nah, berbicara tentang pentingnya menjaga asupan makanan yang bergizi selama bulan puasa ini, saya jadi teringat dengan acara The Worthy Talk yang saya ikuti beberapa hari yang lalu.


Startconn Gelar Acara The Worthy Talk

Bertempat di The 101 Sedayu, Darmawangsa – Jakarta Selatan, Startconn Berjaya Komunikasi menyelenggarakan acara The Worthy Talk yang disponsori oleh A.K Koh Enterprise SDN. HBD dan juga ACE Hardware dengan mengangkat tema “Memperhatikan Kombinasi Gizi di Bulan Ramadan: Mencari Solusi Makanan Praktis, Sehat, dan Hemat” pada tanggal 12 April 2022 yang lalu.

Acara The Worthly Talk ini bukan hanya digelar secara offline saja, namun juga disiarkan secara online sehingga masyarakat luas pun bisa mengikuti keseruan acara ini dan tetap bisa mendapatkan informasi dan juga ikut belajar dari topik yang dibahas dalam acara ini.

Dan seperti yang diakui oleh Ibu Suci Maulana selaku CEO Startcornn bahwa “Untuk sekarang ini, kami dari Startconn mengangkat tema tentang pentingnya gizi di bulan Ramadan. The Worthly Talk ini akan kami jadikan agenda tahunan. The Worthly Talk hadir untuk membahas isu-isu yang lagi penting, yang lagi hangat diperbincangkan di masyarakat.”

Ibu Suci menjelaskan tentang acara The Worthy Talk

Lebih lanjut beliau menuturkan bahwa Startconn merupakan public relations agency yang hadir dengan spesialisasi di bidang Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dengan tujuan ingin memberikan pengetahuan dan perspektif tentang isu-isu yang lagi hangat dengan mengajak kerjasama dengan para ahli di bidangnya.

Dan acara The Worthy Talk ini sendiri merupakan pilot dari acara yang nantinya akan menjadi agenda tahunan dari Startconn. Dimana The Worthy Talk ini merupakan sebuah mini talk show yang mengangkat beragam tema yang sedang hangat dan penting di tengah masyarakat.

Maka dari itu, bertepatan dengan bulan Ramadan ini, maka The Worthy Talk kali ini sengaja mengangkat tema tentang bagaimana cara kita bisa tetap memperhatikan kombinasi gizi yang baik selama bulan Ramadan, namun tetap bisa mengelolanya dari bahan-bahan yang terjangkau dengan cara yang praktis dan mudah.

Sebab tidak bisa kita pungkiri, kehadiran bulan puasa ini membuat tubuh kita perlu menyesuaikan diri dengan pola makan yang berbeda dari bulan-bulan sebelumnya. Untuk itu, diperlukan juga penyesuaian dan strategi yang baik dalam mengkombinasikan gizi dari makanan yang kita konsumsi, agar kesehatan kita tetap terjaga dengan baik selama bulan puasa ini.


Kombinasi Makan Bergizi di Bulan Ramadan

Untuk itu, pada kesempatan The Worthy Talk kali ini, Starctconn menghadirkan narasumber seorang ahli gizi, yaitu Bapak Wahyu Kurniawan SKM, MKM dari Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia yang membahas seputar perlunya kombinasi makanan bergizi di bulan Ramadan ini.

Bapak Wahyu menjelaskan bahwa kombinasi makanan bergizi bisa seperti Isi Piringku

Diakui oleh Bapak Wahyu, bahwa puasa Ramadan itu seperti intermittent fasting, yaitu kita akan berpuasa dalam kurun waktu beberapa jam lamanya. Dari berbagai studi yang ada, intermittent fasting ini tergolong yang cukup efektif dalam hal manajemen berat badan dan memperbaiki status kesehatan kita, namun dengan catatan dilakukan dengan cara yang benar.

Nah, buat kita yang muslim, kehadiran bulan Ramadan ini merupakan kesempatan yang bagus bagi kita untuk tidak perlu bersusah payah mengikuti kelas diet, karena selama bulan Ramadan ini kita punya kesempatan setahun sekali selama 30 hari untuk melakukan intermittent fasting.

Dengan kita melakukan puasa Ramadan ini, maka setidaknya ada 4 keuntungan yang bisa kita rasakan untuk kesehatan kita, yaitu membantu menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, mengurangi lemak karena terbakar menjadi energi, mengontrol profile lipid untuk mengurangi jumlah kolestrol.

Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, maka kita perlu mengatur makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Caranya bisa menerapkan konsep makan “Isi Piringku” yaitu adalah penempatan porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh kita.

Isi Piringku terdiri dari kombinasi makanan sehat, yaitu dalam satu piring makan harus tersedia makanan pokok, lauk-pauk, dan sayur-sayuran serta buah-buahan. Pada dasarnya, kombinasi Isi Piringku ini yaitu 50% terdiri dari sayur dan buah, dan 50% lagi terdiri dari karbohidrat dan protein dengan pembagian sepertiga lauk dan dua per tiga karbohidrat.  

Untuk itu, konsep isi piringku ini pun bisa kita terapkan saat bulan puasa, yaitu dengan cara:
  1. Konsumsi karbohidrat komplek sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama, seperti beras merah, pasta umbi-umbian, oatmeal, dan sejenisnya.
  2. Konsumsi lauk yang berkualitas baik hewani maupun nabati, karena protein dalam lauk dapat juga memperlama rasa kenyang kita. Contohnya: Ikan, ayam tanpa kulit, telur, tahu, tempe, kacang-kacangan.
  3. Konsumsi banyak sayur-sayuran. Pilih sayuran yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh seperti wortel, pakcoy, brokoli, bayam, kubis, tomat, jamur, bunga kol dan lainnya.
  4. Konsumsi buah-buahan. Pilih buah-buahan yang bisa membantu agar tubuh tetap sehat dan bugar selam puasa, seperti: buah pir, apel, pepaya, jeruk, jambu biji, mangga, dan juga pisang. 
Selain itu, kita pun harus penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak mengkonsumsi air putih, baik saat berbuka puasa maupun pada saat sahur agar tubuh kita tidak dehidrasi selama berpuasa. Misalnya seperti berikut:
  • Sahur: konsumsi 1 gelas air putih saat bangun tidur, 1 gelas sebelum makan sahur dan 1 gelas lagi setelah makan sahur.
  • Tarawih: konsumsi 1 gelas air putih sebelum ataupun setelah shalat tarawih.
  • Buka puasa: konsumsi 1 gelas air putih pada buka puasa awal, 1 gelas lagi sebelum makan berat, 1 gelas lagi setelah makan berat, dan 1 gelas sebelum tidur.
Nah, untuk mewujudkan kombinasi makanan sehat dan bergizi lengkap dengan konsep Isi Piringku tersebut tentunya tidak harus mahal. Kita bisa memaksimalkan bahan-bahan makanan yang ada di sekitar kita, namun mempunyai kandungan gizi yang banyak untuk menjaga kesehatan kita.

Selain itu, dalam membuat makanan yang sehat, bergizi dan hemat juga tidak harus dengan cara yang ribet, karena kini banyak cara praktis dan simple yang bisa kita lakukan, namun makanan yang kita hasilkan tetap bergizi dan juga enak untuk dikonsumsi.


Membuat Makanan Praktis Dengan Produk A1

Menariknya, selain mendapatkan pencerahan seputar pentingnya memperhatikan kombinasi gizi selama bulan Ramadan seperti paparan di atas, di acara ini para penonton acara The Worthly Talk juga diajak untuk melihat lebih dekat kegiatan memasak yang praktis, sehat dan hemat ala Ibu Mullie yang merupakan seorang food travel lifestyle.

Ibu Mullie memberikan contoh memasak makanan untuk buka puasa atau sahur yang praktis

Dalam kesempatan ini, Ibu Mullie memasak Kari Ayam dengan menggunakan bumbu rempah siap pakai dari A1 A.K. Koh Enterprise SDN. BHD yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan dengan bahan dan proses produksi yang berkualitas dengan pengalaman sudah lebih dari 30 tahun sejak berdiri pada 1986 silam.

Dimana nama A1 bermakna high grade, dengan standar dan kualitas makanan yang tinggi dengan proses produksi di Johor, Malaysia. Dan perusahaan ini telah memproduksi berbagai produk seperti bumbu rempah siap pakai, saus bumbu, pasta, dan berbagai produk lainnya yang bisa digunakan oleh masyarakat.

Nah, dalam kesempatan ini, Mba Mullie mencoba mempraktekan cara memasak kari ayam dengan menggunakan bumbu rempah kari ayam siap pakai yang diproduksi oleh A1. Dimana dengan menggunakan bumbu ini, maka masakan bukan hanya memiliki rasa yang enak, namun proses memasak pun menjadi lebih cepat dan praktis.

Hal itu juga yang diungkapkan oleh Ibu Mullie bahwa "Memasak dengan bumbu rempah kari ayam seperti ini tentu lebih praktis, namun tetap menghasilkan makanan yang enak. Bahkan untuk satu kemasan bumbu kari ayam ini bisa digunakan berkali-kali sehingga jadi lebih hemat."

Untuk itu, kehadiran produk A1 seperti bumbu Kari Ayam ini sangat cocok digunakan untuk membuat makanan yang praktis, sehat dan juga hemat, terutama di bulan Ramadan ini, sehingga kita bisa lebih menghemat waktu dan tenaga dalam mempersiapkan makanan saat buka puasa ataupun sahur ya.

Jadi, kehadiran berbagai produk A1 seperti bumbu rempah siap pakai, saus bumbu, pasta, dan berbagai produk lainnya ini tentu bisa jadi solusi untuk membuat berbagai kreasi makanan yang enak, bergizi, dan sehat secara praktis dan hemat, baik untuk membuat menu selama bulan Ramadan ini, ataupun pada bulan-bulan lainnya. 

Nah, Buat teman-teman yang penasaran dan ingin mencoba aneka produk A1 ini maka bisa membelinya secara online maupun offline. Untuk yang online, teman-teman bisa belanja produk A1 di Shopee dengan mengunjungi official store A1akkohofficial atau di Tokopedia bisa mengunjungi official store Mie A1 ya. 

Sedangkan untuk mendapatkan produk A1 secara offline, teman-teman bisa membelinya di Grand Lucky SCBD, All Fresh Pluit, Jakarta Fruit Market dan juga di Aeon Mall BSD ya.

Bikin Kari Ayam sangat praktis dengan Bumbu A1

Dan tidak dipungkiri, proses memasak yang menyenangkan pun sangat dipengaruhi oleh peralatan memasak yang berkualitas. Maka dari itu, dalam proses memasak ini Mba Mullie menggunakan kompor listrik dan juga wajan dari ACE Hardware.

Ya, seperti yang kita ketahui, ACE Hardware merupakan perusahaan yang menyediakan pilihan lengkap produk berkualitas tinggi dengan harga kompetitif untuk membantu masyarakat dalam menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas hidup yang didasari tiga pilar bisnisnya yaitu lengkap, dekat dan mudah.

Maka dari itu, bagi kita yang ingin mendapatkan berbagai produk untuk memasak ataupun berbagai produk lainnya untuk keperluan rumah tangga kita, maka bisa mencoba untuk memilih menggunakan produk dari ACE Hardware, karena produknya memiliki kualitas yang terjamin dan sudah terpercaya dari tahun ke tahun.

Hal itu terbukti dari acara demo masak ini, dengan menggunakan peralatan dari ACE Hardware maka proses memasaknya menjadi sangat menyenangkan, cepat dan juga berjalan lancar, sehingga bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat.


*****

Jujur saya sangat senang bisa ikut hadir dalam acara ini, selain tema acaranya yang memang menarik, saya pun jadi semakin mengerti tentang bagaimana pentingnya mengkombinasikan dan menjaga asupan makanan yang kita konsumsi, khususnya di bulan Ramadan ini, agar kita tetap sehat dan bugar setiap harinya.

Alhamdulillah dapat peralatan masak persembahan dari ACE Hardware

Terima kasih banyak saya ucapakan kepada Startconn Berjaya Komunikasi dan para sponsor A1 A.K. Koh Enterprise SDN. BHD dan ACE Hardware yang telah menyelenggarakan acara The Worthy Talk ini, sehingga saya bisa belajar dan mendapatkan banyak informasi menarik dari rangkaian acara ini.

Untuk itu, saya berharap, semoga ke depan, Startconn Berjaya Komunikasi terus semangat dalam menyelenggarakan The Worthy Talk dengan menghadirkan berbagai topik menarik lainnya, agar kita semua bisa sama-sama belajar dan memperkaya informasi untuk bekal hidup yang lebih baik lagi. Sampai jumpa di acara The Worthy Talk lainnya! :)

No comments:

Post a Comment