Ekspor Jadi Mudah Bersama BNI Xpora Jakarta



Kita semua mungkin sudah tahu, bahwa salah satu penyokong pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia adalah datang dari sektor bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Hal tersebut terbukti ketika kondisi ekonomi Indonesia berada di titik terendah akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, namun sektor UMKM justru hadir mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Ya, keberadaan UMKM bisa dibilang tulang punggung bangsa, data Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan bahwa jumlah sektor bisnis UMKM di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 64,19 juta dengan partisipasi terhadap produk domestik bruto (PBD) sebesar 61,97 persen atau senilai Rp8,6 triliun.

Selain itu, sektor bisnis UMKM ini pun menjadi salah satu solusi untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia, karena pada kenyataanya kini, UMKM mempunyai kemampuan menyerap 97 persen tenaga kerja dan mengintegrasikan investasi sebesar 60,4 persen.

Melihat potensi UMKM yang begitu luar biasa ini, tentu saja kita merasa senang. Namun, potensi yang dimiliki oleh UMKM ini sejatinya masih bisa terus ditingkatkan lagi, agar bisa semakin terus berkembang maju, baik dalam negeri bahkan untuk dunia.

Dan sayangnya, belum semua UMKM di Indonesia benar-benar bisa meningkatkan kapasitas bisnisnya karena terkendala berbagai alasan. Untuk itu, kondisi ini tidak bisa terus dibiarkan, karena terlalu sangat disayangkan bila kekuatan UMKM kita tidak bisa berkembang maksimal.

Melihat kenyataan ini, maka PT Bank Negara Indonesia (Persero) merasa terpanggil untuk turut berkontribusi dalam membantu UMKM yang ada di Indonesia agar semakin maju lagi, bahkan bisa melebarkan sayapnya hingga ke seluruh penjuru dunia. Untuk itu, BNI menghadirkan layanan Xpora.


BNI Xpora Jakarta

Sejujurnya, saya pribadi pun baru tahu tentang BNI Xpora saat saya menghadiri acara Bloggerpreuner yang diselenggarakan oleh BNI dengan acara bertajuk Kartini Milenial Go Ekspor yang diadakannya bersama Komunitas Ayo Naik Kelas dan Rumah BUMN BNI di BNI Xpora Jakarta Smesco Indonesia pada 19 April 2022 yang lalu.


Dari acara ini saya akhirnya mengetahui, bahwa ternyata BNI memiliki layanan yang bernama Xpora, yaitu sebuah layanan portal berupa solusi digital yang dikembangkan oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ingin meningkatkan kapasitas bisnisnya.

Nah, dalam upaya peningkatan ekspor dan percepatan transformasi digital bagi pelaku UMKM di Jakarta, maka Bank BNI dan Smesco telah membuka BNI Xpora sebagai pusat layanan ekspor UMKM dan showcase di Gedung Smesco yang berada di Jl. Gatot Subroto Kav.94 RT.11 RW.13 Pancoran – Jakarta Selatan.

BNI Xpora Jakarta memiliki luas sekitar 169.3 M2 yang dilengkapi e-catalog dan informasi digital tentang semua UMKM yang siap melakukan ekspor. Selain itu, terdapat juga berbagai macam produk UMKM yang dipajang di etalase-etalase kayu di area BNI Xpora Jakarta ini.

Dan menurut saya, tampilan BNI Xpora Jakarta ini terlihat sangat rapi, bersih dan juga tenang, sehingga membuat kita yang berkunjung ke tempat ini merasa nyaman dan menyenangkan. Bahkan saking menariknya, kita berada di sini seolah lagi berada di sebuah toko ataupun cafe loh, tidak berasa seperti di kantor pada umumnya.

BNI Xpora Jakarta memiliki tampilan yang cantik dan dihiasi aneka produk UMKM

Nah, hadirnya layanan Xpora Jakarta ini, tentu saja menjadi layanan yang sangat bermanfaat bagi UMKM di Jakarta khusunya, karena BNI Xpora sendiri merupakan one stop shopping solution BNI yang menawarkan beragam layanan digital untuk dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM dari berbagai tingkatan, mulai dari yang masih merintis usahanya, hingga yang sudah siap memperluas layanan pasarnya.

Selain itu, hadirnya BNI Xpora juga dapat mendorong kemitraan UMKM di Indonesia dan UMKM Mancanegara dengan memanfaatkan jaringan Bank BNI yang kini ada di 6 negara yaitu di Singapura, Hongkong, Seoul, Tokyo, London & New York.

Dan saat ini, selain di Jakarta, layanan BNI Xpora juga bisa didapatkan dengan datang langsung ke kantor Xpora Hub yang ada di beberapa kota, seperti Solo, Surabaya, Bandung, Denpasar, Medan dan Makassar. Namun untuk kota lain, untuk mendapatkan layanan BNI Xpora bisa juga datang ke kantor cabang BNI yang ada di sekitar tempat tinggal kalian ya.


Alasan Kenapa UMKM Harus Bergabung dengan Xpora

Dalam menjalankan usaha, tentu saja tidak selalu berjalan mulus, terkadang kita dihadapkan pada berbagai kendala dan keterbatasan kemampuan yang kita miliki. Dan untuk menghadapi hal tersebut tidak ada salahnya bila kita dibantu oleh orang lain yang memang punya kemampuan tersebut.

Untuk itu, bagi teman-teman yang punya UMKM ataupun baru merintis usaha, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan layanan BNI Xpora ini, karena layanan ini akan memberikan berbagai solusi untuk UMKM secara komprehensif dan terintegrasi seperti:
  • Memberikan kemudahan untuk memperluas akses pasar
  • Membantu meningkatkan kapabilitas melalui program pelatihan dan pendampingan
  • Melakukan pemberdayaan bisnis ekspor melalui B2B matchmaking dengan potential buyer di luar negeri
Bahkan dalam acara Kartini Milenial Go Ekspor kemarin, Mas Genio P. Hardianto dari BNI Xpora Jakarta menegaskan bahwa para pelaku UMKM jangan takut meskipun produknya belum siap ekspor, karena BNI Xpora akan bantu memberikan pelatihan dan pendampingan hingga produk tersebut siap untuk di ekspor.

BNI Xpora berikan solusi untuk kemudahan UMKM Go Ekspor

Selain itu, BNI Xpora juga akan memberikan berbagai rekomendasi solusi keuangan dan solusi digital melalui pengembangan bisnis yang tepat untuk membantu UMKM semakin maju dan bisa cepat go ekspor, dengan solusi Go Productive, Go Digital dan Go Global, melalui beberapa layanan dan fitur berikut ini:
  1. Cek Level Bisnis merupakan fitur yang berguna untuk mencari tahu level pengalaman bisnis kita agar nantinya BNI Xpore bisa merekomendasikan solusi yang tepat untuk bisnis kita tersebut.
  2. Ekspansi Bisnis merupakan fitur yang berguna untuk menemukan pasar yang lebih besar dan supplier terpercaya untuk memperluas jaringan bisnis UMKM.
  3. Sistem Digital UMKM merupakan fitur yang menyediakan tools digital untuk menunjang pengelolaan bisnis yang kita jalankan semakin mudah, seperti ada Chatat.id (memudahkan mencatat keuangan bisnis), Cash Management (Solusi pengelolaan arus kas perusahaan), BTO (Permohonan transaksi trade secara online), dan lain sebagainya.
  4. Solusi pendanaan yaitu layanan yang membantu perkembangan bisnis dengan solusi pendanaan yang tepat.
  5. Pelatihan & Inspirasi yaitu layanan yang memberikan kegiatan dan materi pengembangan untuk memperluas wawasan bisnis kita melalui pelatihan, kurikulum bisnis, dan juga video pembelajaran secara gratis.
  6. Solusi Pengelolaan Keuangan sehingga memudahkan kita dalam membuat rekening khusus bisnis, supaya pengelolaan keuangan bisnis pun menjadi lebih jelas tidak tercampur dengan keuangan lainnya.
  7. Legalitas yaitu layanan yang memberikan kemudahan akses informasi terkait prosedur perizinan dan legalitas secara lengkap dan akurat untuk keperluan bisnis yang kita jalankan.
  8. Forum UMKM merupakan wadah bagi para pelaku UMKM untuk saling berbagi tips usaha dan informasi lainnya, agar usaha kita sama-sama semakin maju.
Menariknya lagi, BNI Xpora juga memiliki Diaspora Loan Program yang merupakan salah satu program yang dibuat oleh BNI untuk memberikan kredit kepada diaspora Indonesia yang mempunyai usaha UMKM di negara mereka menetap.


Cara Mendaftar Menjadi Member BNI Xpora Jakarta

Ternyata dengan kita menjadi member BNI Xpora, banyak keuntungan yang bisa kita rasakan seperti yang dipaparkan di atas, usaha kita akan semakin berkembang bahkan akan bisa menjangkau pasar luar negeri melalui kegiatan ekspor.

Nah, melihat hal tersebut tentu teman-teman UMKM tidak ingin membuang kesempatan baik ini. Maka dari itu, menjadi member BNI Xpora adalah pilihan terbaik. apalagi cara mendaftarnya cukup mudah dan tanpa biaya alias gratis.

Untuk pelaku UMKM di Jakarta bisa mendaftarkan usahanya agar bisa go ekspor di BNI Xpora Jakarta

Untuk teman-teman yang ada di Jakarta, bisa langsung datang ke BNI Xpora Jakarta yang ada di Smesco untuk melakukan pendaftaran, nanti semua prosedur dan ketentuan serta cara pendaftarannya akan dibantu oleh tim BNI Xpore Jakarta sehingga sangat memudahkan bagi teman-teman UMKM nantinya.

Begitu juga dengan teman-teman di kota lainnya, kalian bisa mendaftar menjadi member BNI Xpora dengan datang langsung ke kantor BNI Xpora Hub yang ada di kota kalian, atau bisa juga mendaftar melalui cabang Bank BNI terdekat ya,

Selain bisa datang langsung ke kantor BNI Xpora, kita juga mendaftar menjadi member BNI Xpora melalu online dengan cara membuka website www.xpora.bni.co.id lalu kemudian lakukan registrasi dengan cara klik Login lalu klik Registrasi, setelah itu masukan data secara benar sesuai dengan yang diminta pada kolom registrasi tersebut. Pastikan informasi dan kontak sudah benar agar mudah dihubungi oleh pihak BNI Xpora.

Dengan bergabung menjadi member BNI Xpora, maka bisa menjadi gerbang yang akan membuka banyak peluang agar usaha yang kita geluti semakin maju dan sukses, karena BNI Xpora telah memiliki fitur dan layanan yang akan memudahkan kita untuk mengembangkan usaha hingga bisa go ekspor.

Dan saya pribadi berharap, kesempatan dan peluang baik yang ditawarkan oleh BNI Xpora ini semoga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh teman-teman pelaku UMKM, agar usaha para pelaku UMKM di Indonesia bisa semakin maju dan go ekspor, sehingga nantinya bisa membantu percepatan pertumbuhan ekonomi bangsa.


No comments:

Post a Comment