Tips Menyusun Resolusi Keuangan 2023



Tak terasa sebentar lagi kita akan mengakhiri tahun 2022 dan membuka lembaran baru untuk menyambut tahun baru 2023 mendatang. Tentu segala harapan dan impian baik selalu kita dambakan, termasuk dalam persoalan keuangan, selalu kita harapkan tetap aman dan stabil.

Namun tidak bisa kita pungkiri, bahwa keuangan yang aman dan stabil tentu saja harus dibarengi dengan pengelolaan dan pengaturan uang yang baik, karena tanpa itu semua, maka sangat mustahil keuangan kita bisa bisa terkontrol dengan lancar.

Nah, mengingat begitu pentingnya pengelolaan keuangan ini, sudah seharusnya kita pun sudah mulai menyusun resolusi untuk keuangan kita di masa mendatang, agar di tahun depan kita bisa semakin baik dalam mengatur arus keuangan yang kita miliki.

Dengan kita membuat resolusi yang jelas, itu artinya kita telah menentukan tujuan hidup kita menuju ke arah yang lebih baik. Dan tidak sedikit orang yang tidak dapat mencapai tujuan hidupnya, karena ia menganggap sepele tentang resolusi ini, termasuk resolusi keuangan.

Maka dari itu, sebelum tahun ini berakhir, tidak ada salahnya kita sudah mulai menyusun resolusi keuangan yang ingin kita capai di tahun mendatang, agar semakin jelas tentang hal apa saja yang ingin kita capai untuk menjadi tujuan kita di tahun depan.


Tips Menyusun Resolusi Keuangan

Tidak bisa dipungkiri, bahwa pengelolaan keuangan yang jelas, tentu sangat memudahkan kita untuk mengetahui seperti apa arus pemasukan dan pengeluaran yang kita lakukan, sehingga dengan begitu kita bisa tahu langkah apa yang harus dilakukan agar arus keuangan kita bisa selau aman dan stabil.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menyusun resolusi keuangan dalam menyambut tahun baru demi masa depan yang lebih baik, yaitu:


1. Membuat catatan pemasukan dengan jelas
Buat kita yang punya sumber penghasilan satu saja, misalnya dari gaji bulanan mungkin hal ini tidak terlalu penting. Tapi bagi yang punya banyak sumber penghasilan dalam setiap bulannya, maka wajib untuk mencatat secara jelas semua pemasukan yang diterima, baik dari gaji, bonus, bisnis, endorse, dan berbagai sumber penghasilan lainnya secara terperinci.

2. Merinci rencana pengeluaran yang detail
Membuat rencana pengeluaran yang detail itu sangat penting, agar kita bisa mengalokasikan uang yang kita miliki dengan sangat jelas. Hal ini bisa kita mulai dengan menentukan pengeluaran berdasarkan skala prioritasnya, yaitu mendahulukan mana yang menjadi kebutuhan bukan sekadar keinginan semata, agar jangan sampai pengeluaran kita lebih besar dari pendapatan yang diterima setiap bulannya.

3. Melunasi hutang ataupun cicilan
Hidup dengan memiliki hutang tentu tidak akan menyenangkan, karena hati dan pikiran kita tentu saja menjadi tidak tenang setiap saat. Untuk itu, jika kita memiliki hutang (termasuk kredit, cicilan, dll), maka sabaiknya hal ini dijadikan sebagai salah satu prioritas yang harus segera kita lunasi, baik itu dengan mulai mencicilnya ataupun melakukan pelunasan sekaligus.

4. Melakukan tabungan rutin
Dari penghasilan atau gaji yang kita terima setiap bulannya, sebaiknya kita selalu menyisihkan uang untuk ditabung secara rutin, besarannya tentu saja bisa disesuaikan dengan pendapatan kita masing-masing. Tapi yang jelas, kita harus menyisihkan uang untuk ditabung setiap bulannya, termasuk untuk tabungan masa tua, pendidikan anak, dan lain sebagainya. Dan bila perlu langsung disetting auto debit dari rekening utama kita ke rekening lainnya agar kita bisa konsisten melakukannya.

5. Menyiapkan dana darurat
Hidup ini memang tidak bisa kita tebak, segala sesuatunya bisa berubah dengan begitu cepatnya. Maka untuk mengantisipasi berbagai hal-hal yang tidak kita inginkan, sepertinya ada kebutuhan pengeluaran dadakan akibat sakit, kecelakaan dan lain sebagainya. Maka kita perlu juga untuk menyisihkan dana darurat dalam pendapatan yang kita terima setiap bulannya. Upaya ini dilakukan agar pengeluaran lain tidak terganggu ketika kita membutuhkan dana darurat tersebut.

6. Mulai berinvestasi
Memulai berinvestasi bisa menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan pendapatan tambahan selain pendapatan utama. Dan saat ini jenis investasi sangat beragam yang bisa kita pilih sesuai keinginan kita, bahkan jangka waktunya pun bisa kita tentukan, baik itu untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Namun yang jelas, melakukan investasi jauh lebih menguntungkan dibandingkan hanya menyimpan uang di bank sebagai tabungan biasa.

Nah, itu dia beberapa upaya yang bisa kita lakukan dalam menyusun resolusi keuangan untuk dicapai pada tahun mendatang. Namun yang terpenting, resolusi bukan hanya sekadar catatatan harapan semata, namun harus diwujudkan dalam kerja yang nyata agar bisa berjalan lancar dan sukses sesuai impian kita.


Investasi Penting Untuk Masa Depan

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa untuk saat ini kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari berinvestasi. Sebab investasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan sejumlah uang dengan tujuan mendapatkan keuntungan finansial. Namun, sebagian dari kita belum sadar akan pentingnya investasi ini sehingga kerap mengabaikannya.

Ya, kebanyakan dari kita lebih suka menabung uangnya di bank atau mempunyai deposito di bank dari pada dilakukan investasi. Hal ini lantaran kita terlalu khawatir akan hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diinginkan dan kita lebih mencari yang pasti dan aman saja.

Padahal jika kita melakukan investasi dengan benar maka bukan hal yang mustahil kita akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan dan juga menguntungkan. Apalagi di zaman sekarang ada banyak pilihan investasi yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah pendanaan di platform peer-to-peer lending.

Peer-to-peer lending adalah salah satu bentuk teknologi finansial atau financial technology (fintech) yang merupakan sebuah metode pinjaman yang menghubungkan langsung individu yang membutuhkan dana pinjaman dengan orang lain yang menyediakan pinjaman tersebut.

Dan saat ini, perusahaan menyediakan pinjaman online atau peer to peer lending kian meningkat dan diadaptasi sebagai salah satu metode alternatif pendanaan yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, karena bisa menjadi solusi yang menguntungkan bagi peminjam dan juga yang meminjam dana tersebut.

Investasi itu mudah

Nah, salah satu layanan peer to peer lending yang bisa dijadikan pilihan untuk investasi adalah Koin Peer to Peer (KoinP2P) dari KoinWorks. Dimana KoinP2P ini merupakan pionir platform peer-to-peer lending (P2P Lending) di Indonesia yang bisa dengan mudah untuk mempertemukan peminjam (borrower) dan pemberi pinjaman atau pendana (investor/lender).

Maka dengan berinverasi di sini, kita bisa memilih pinjaman apa yang ingin kita danai di KoinP2P dan juga bisa kita pilih sesuai dengan tenornya (lama waktu jatuh tempo), besar bunga, dan grade pinjaman lewat website ataupun aplikasi KoinWorks ini.

Dengan kita ikut berinvestasi lewat KoinP2P ini, maka keuntungan yang akan kita dapatkan adalah berupa bunga pinjaman dari cicilan yang dibayar oleh peminjam setiap bulannya. Selain itu, dengan cara ini, kita pun telah berkontribusi untuk membantu jutaan UMKM di Indonesia agar bisa tumbuh dan semakin berkembang lagi.

Dan saat ini KoinWorks baru saja mengeluarkan dua produk KoinP2P terbaru, yaitu KoinP2P Grade S. Dimana metode pendanaan atau investasi ini bisa kita sesuaikan dengan keinginan dan kemampuan kita.

KoinP2P Grade S ini merupakan produk peer to peer (P2P) terbaru dari KoinWorks yang sengaja dihadirkan untuk pendana pemula yang ingin mencoba pendanaan peer to peer, tapi masih ragu dengan risikonya yang tinggi.

Dengan risikonya rendah, KoinP2P Grade S ini mampu memberikan dampak yang besar, karena pendaan yang kita berikan akan disalurkan kepada para pekerja informal yang tidak terlayani oleh perbankan, sehingga mereka bisa mengembangkan bisnis dan meningkatkan kesejahteraan sosial mereka nantinya.

KoinP2P Grade S "Si Cari Aman"

Dan kehadiran KoinP2P Grade S ini memang sangat cocok bagi pendana pemula karena menawarkan risiko yang lebih rendah, sehingga lebih aman untuk kita yang baru mencoba berinvestasi di sini. Dan risiko yang rendah ini disebabkan oleh hal-hal berikut ini:
  • Untuk Grade S ini, KoinWorks telah bekerja sama dengan mitra yang merupakan repeat borrower KoinWorks tanpa riwayat gagal bayar dan memiliki bisnis yang berkelanjutan.
  • Mitra tersebut menyalurkan pendanaan dari lender KoinWorks kepada para pekerja informal yang berada pada ekosistem bisnisnya untuk mengembangkan usaha yang dimiliki oleh para pekerja informal.
  • Adanya partner guarantee dari mitra untuk memastikan kelancaran pembayaran sehingga risikonya lebih rendah.
Selain itu, kelebihan lain yang ditawarkan oleh Grade S ini adalah investasi ini berguna untuk sambil membantu perkembangan usaha pekerja informal sehingga dapat meningkatkan status ekonomi mereka, atau bisa dibilang bahwa Grade S ini “Low Risk, Big Impact” untuk bantu sesama juga.

Nah, produk peer to peer KoinWorks yang sudah dibahas di atas begitu menarik ya. Dan saya pribadi, begitu tertarik dengan KoinP2P Grade S ini, karena ini lebih cocok bagi pendana pemula seperti saya ini, jauh lebih aman dan juga rendah risiko. 

Dan jika teman-teman juga ingin berinvestasi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba berinvestasi pada produk peer to perr KoinWorks ini ya, karena investasi ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan untuk masa depan yang lebih baik.

"Investasi itu mudah, bisa mulai dari nominal yang kecil, yang penting konsisten dan disiplin."


No comments:

Post a Comment