Nikmatnya Buka Puasa dengan Hidangan Peranakan - Nusantara di Kedai Sirih Merah


Salah satu hal yang menyenangkan di bulan puasa ini adalah bisa mengagendakan acara buka puasa, baik itu bersama teman ataupun dengan keluarga dan juga kerabat, sehingga kita jadi bisa bertemu dan sekalian mempererat tali silaturahmi, terutama dengan teman atau kerabat yang jarang bertemu karena kesibukan satu sama lain selama ini.

Dan untuk membuat acara buka bersama bisa berlangsung seru, tentu saja harus memilih tempat makan atau restoran yang punya beragam pilihan makanan yang enak-enak, supaya setiap orang bisa memilih makanan sesuai dengan seleranya masing-masing.

Meskipun pada akhirnya, kebanyakan buka puasa bersama memilih konsep "makan tengah" alias memesan makanan dalam porsi yang banyak dan beragam, sehingga bisa saling sharing menu makanan satu sama lain. Dan konsep ini sangat seru menurut saya, karena terasa makin akrab jadinya.

Oh iya, ngomongin buka puasa bersama, saya juga punya pengalaman acara buka puasa bersama yang seru belum lama ini. Jadi, saya dan beberapa teman blogger menggelar acara buka puasa bersama secara intimate, jumlah pesertanya tidak terlalu banyak, sehingga acara buka puasanya terasa lebih seru dan bisa saling bertukar cerita satu sama lainnya.

Dan untuk acara buka puasa bersama ini, kemarin yang mengurus segalanya ada seorang teman, jadi saya tinggal datang saja. Dan saya sangat suka dengan tempat buka puasa yang dia pilih, yaitu sebuah restoran jadul namun tempatnya sangat unik yang bernama Kedai Sirih Merah.

Tampilan Kedai Sirih Merah dari depan

Menariknya, meskipun dari luar restoran ini tampak begitu sederhana, namun siapa yang menyangka, saat melangkah masuk, kita akan dibawa seolah menelusuri rumah bernuansa zaman dulu, tapi semuanya tampak terawat dengan baik dan tertata dengan cantik.

Ya, restoran ini tetap mempertahankan “kejadulannya” sebagai sebuah identitas diri, hal ini terlihat jelas dari desain interiornya yang tampak klasik, banyak didominasi oleh perabotan yang antik dan kuno, termasuk ada lukisan dan keramik bergaya Tionghoa yang menghiasi ruangan demi ruangan yang ada di sini.

Bagusnya, restoran ini sungguh luas, selain memiliki ruang makan berkonsep indoor, Kedai Sirih Merah ini juga memiliki beberapa ruangan lainnya, seperti ruangan VIP, gazebo, outdoor (smoking area) atau tempat makan dengan meja di luar ruangan yang bisa kita pilih sesuai kenyamanan kita.

Tampilan bagian dalam Kedai Sirih Merah dengan nuansa klasik

Sungguh, berkunjung ke restoran ini suasananya terasa pulang ke rumah nenek dan kakek buat saya pribadi, memberi kesan nyaman dan juga homey, sehingga saya langsung merasa betah dan ingin berlama-lama di sini jadinya.

Tak hanya itu saja yang menyenangkan, ternyata makanan yang ada di Kedai Sirih Merah ini juga sungguh beragam. Uniknya lagi, makanan yang ada di sini memfokuskan pada hidangan Peranakan - Nusantara otentik, sehingga citarasa yang disajikannya benar-benar berbeda, tapi tetap disesuaikan dengan selera dan citarasa orang Indonesia.

Ada banyak banget pilihan makanan yang disediakan di sini, terutama untuk makanan beratnya. Dan pada kesempatan buka puasa ini, kami hanya memilih memesan beberapa menu saja, antara lain: Ayam Sio, Soka Salad Mangga, Baso Penganten, Gurame Telur Asin, Jagung Pade Pete, dan Baby Buncis Tumis Bawang Putih.

Beberapa pilihan menu makanan di Kedai Sirih Merah

  • Ayam Sio: Menu Ayam Sio ini terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan aneka bumbu hingga meresap dengan baik, daging ayamnya terasa sangat lembut, dan kelezatan ayam sio ini sangat nikmat saat dipadukan dengan nasi hangat.
  • Soka Salad Mangga: Menu Soka Salad Mangga ini terbuat dari kepiting soka yang dipadukan dengan salad mangga. Jadi, dalam menu ini terdapat kuah cuka asam dipadukan dengan salad mangga muda, selada, wortel, dan kepiting soka goreng garing yang dapat langsung dimakan tanpa perlu dikupas lagi. Rasanya lezat dan juga segar, rasa asam dari salad mangganya bikin kita semakin bergairah untuk semangat bersantap.
  • Baso Penganten: Menu ini terbuat dari bakso daging sapi yang disajikan dengan kuah bening yang kaya akan bumbu serta ada potongan sawi putih dan ditaburi bawang goreng, sehingga rasanya begitu lezat dan terasa semakin nikmat saat disantap dalam kondisi hangat.
  • Gurame Telur Asin: Menu yang satu ini terbuat dari ikan gurame dengan dagingnya yang sudah difillet kemudian digoreng garing dengan balutan tepung, dan selanjutnya dicampur dengan kuning telur asin serta aneka bumbu lainnya hingga tercampur merata. Menu ini sangat lezat, wajib dicoba buat kita yang menyukai ikan.
  • Jagung Pade Pete: Menu ini terbuat dari butiran jagung manis yang masih muda, ditumis dengan pete, suwiran ikan peda, terasi dan juga sambel. Rasanya sungguh nikmat dengan aroma yang sedap, meskipun bumbu dalam masakan ini terasa sangat kuat namun tidak saling bersaing dengan yang lainnya, semua bahannya terasa begitu menyatu sehingga membuat kenikmatan bersantap semakin nikmat.
  • Baby Buncis Tumis Bawang Putih: Sesuai namanya, menu yang satu ini menggunakan bahan dasar buncis muda yang kemudian ditumis dengan bawang putih, udang, serta ditambahkan cabe dan aneka bumbu lainnya. Dan tak ketinggalan ditaburi bawang goreng saat disajikan. Rasa masakan ini begitu nikmat, buncisnya terasa masih segar dengan aroma bawang putih yang bikin kita semakin nafsu untuk memakannya.
Dan ternyata, aneka makanan yang kami pilih ini sungguh lezat, masakan-masakan ini kaya akan bumbu, karena racikan bumbu dalam setiap masakan terasa begitu menyatu, sehingga lauk-lauk ini terasa begitu nikmat saat disantap dengan nasi hangat.

Selain itu, tak ketinggalan kami juga memesan aneka gorengan (tempe goreng, tahu isi, dan juga bakwan sayur) yang dinikmati dengan bumbu kacang spesial, serta kami juga mendapatkan takjil berupa bubur kacang hijau yang lezat untuk mengawali buka puasanya.

Es Sirih Merah punya citarasa manis dan asam yang menyegarkan

Sedangkan untuk dessertnya, kami semua memesan Es Sirih Merah yang diracik dengan beragam bahan, seperti cincau hitam, kolang kaling, selasih, agar-agar, dan manisan mangga yang disiram dengan perpaduan sari lemon serta jeruk nipis, sehingga memberikan citarasa unik, karena ada kombinasi rasa asam dan manis yang pas juga menyegarkan.

Oh iya, selain menyajikan aneka makanan berat yang lezat, di Kedai Sirih Merah ini juga menyediakan aneka cemilan, juice dan juga kopi, sehingga sangat cocok untuk teman nongkrong sambil ngobrol santai bersama teman-teman di sini.

Dan untuk harga makanan dan minuman yang ada di Kedai Sirih Merah ini terbilang cukup terjangkau menurut saya, karena harganya berkisar mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 195.000-an saja. Dan tentunya akan jauh lebih hemat bila kita datang ramai-ramai bersama teman ataupun keluarga, karena bisa saling patungan.

Senang banget buka puasa di sini, tempatnya bagus dan makanannya enak-enak

Jadi, buat teman-teman yang mau mengadakan acara buka puasa bersama juga, maka Kedai Sirih Merah ini bisa jadi pilihan yang tepat, karena restoran yang satu ini bukan hanya punya tempat yang nyaman saja, tapi juga memiliki aneka makanan yang enak-enak, serta didukung oleh para pegawainya yang sangat ramah. 

Fyi, Kedai Sirih Merah ini alamatnya berada di Jl. Taman Kebon Sirih 1 Nomor 5, Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Lokasinya di seberang gedung Bank Indonesia, persis di samping Hotel 101 Urban Thamrin. Dan Kedai Sirih Merah ini buka setiap hari mulai pukul 11.30-21.00 WIB.



No comments:

Post a Comment