6 Kegiatan Seru Untuk Mengisi Akhir Pekan di Bulan Ramadan


Kehadiran bulan suci Ramadan yang begitu mulia ini, harus kita manfaatkan sebaik mungkin, jangan sampai kita mengisinya dengan kegiatan yang tidak berfaedah dan justru merusak amalan puasanya. Kita harus benar-benar bijak menggunakan waktu di bulan Ramadan ini agar tidak menyesal nantinya.

Untuk itu, waktu yang kita miliki sebaiknya digunakan semaksimal mungkin untuk hal-hal baik, terutama saat akhir pekan bulan Ramadan seperti ini. Jangan sampai kita membuang-buang waktu yang ada hanya untuk bermalas-malasan saja. Justru di akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melakukan berbagai hal yang menyenangkan namun tetap bermanfaat.

Meskipun hanya di rumah dan tidak kemana-mana saat akhir pekan, ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan, apalagi di zaman sekarang, dengan dukungan provider internet cepat memungkinkan kita bisa leluasa untuk melakukan berbagai kegiatan untuk mengisi libur akhir pekan, sehingga kita semakin kreatif dan juga produktif dalam berkarya di bulan puasa ini.

Dan berikut ini rekomendasi beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi akhir pekan di bulan Ramadan ini agar lebih bermakna, yaitu sebagai berikut:

1. Mendengarkan ceramah online

Sebagai seorang muslim, mendalami ilmu agama islam sudah selayaknya terus kita lakukan, supaya wawasan kita tentang islam pun semakin luas, terlebih kita jadi semakin mengerti tentang apa saja yang dianjurkan dan dilarang untuk dilakukan dalam agama islam.

Dan kini, untuk mendapatkan ilmu agama islam tidaklah sulit, kita bisa melakukannya dengan berbagai cara, termasuk sering mendatangi majelis taklim untuk mendengarkan ceramah, belajar mengaji bersama, dan berbagai kajian islami lainnya.

Dukungan internet cepat memungkinkan kita bisa mengikuti ceramah online dengan lancar

Meskipun kita tidak bisa datang langsung ke berbagai tempat kajian atau ceramah islami saat ini, maka tidak perlu khawatir, karena di era internet cepat sekarang ini banyak juga kegiatan ceramah yang disiarkan secara live di berbagai platform online, sehingga kita tetap bisa mengikutinya dari rumah kita masing-masing.

Maka dengan mengikuti ceramah secara online seperti ini, selain ilmu dan wawasan kita tentang islam yang bertambah, tentu kita pun akan mendapatkan pahala dari Allah SWT karena waktunya telah kita gunakan untuk melakukan hal yang baik.


2. Belajar membuat aneka menu buka puasa

Berbuka puasa menjadi momen yang sangat menyenangkan setelah seharian berpuasa. Dan alangkah baiknya, bila menu buka puasa yang disajikan setiap harinya bisa berbeda-beda, agar tidak mudah bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Maka mumpung punya waktu luang di akhir pekan, tidak ada salahnya digunakan untuk belajar membuat aneka menu berbuka puasa dan juga sahur dengan kreasi yang baru, supaya kenikmatan berbuka puasa dan sahur bisa terasa lebih menyenangkan lagi nantinya.

Apalagi sekarang ini, untuk belajar membuat menu berbuka puasa dan sahur yang enak dan praktis bisa kita lakukan dengan mudah, wadah untuk belajarnya cukup beragam, seperti belajar dari buku atau majalah, hingga belajar secara online dari youtube atau sosial media yang ada saat ini.


3. Belajar membuat kue untuk lebaran

Di awal puasa datang saja sudah begitu banyak orang-orang yang menjual aneka kue lebaran dengan beragam bentuk dan juga rasa. Namun sayangnya, selain harganya yang kerap lumayan mahal, rasa kuenya juga kadang tidak sesuai dengan selera kita.

Kini kita bisa belajar membuat kue lebaran secara online dengan dukungan internet provider yang lancar dan stabil

Untuk itu, membuat kue lebaran sendiri adalah pilihan terbaik. Selain bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera yang kita mau, belajar membuat kue lebaran sendiri juga bisa menjadi salah salah cara untuk mengisi waktu akhir pekan menjadi semakin produktif.

Dan kini, untuk membuat kue lebaran ada banyak sekali tutorialnya di dunia maya. Berbekal internet cepat kita bisa dengan mudah untuk mencari sumber inspirasi dan ide kue lebaran yang kita mau, sehingga kita bisa membuat kue lebaran dengan kreasi sendiri yang lebih enak pastinya.


4. Berolahraga ringan di rumah

Meskipun kita sedang berpuasa, namun hal itu bukan alasan untuk membenarkan kita bermalas-malasan, kita harus tetap sempatkan diri kita untuk selalu melakukan kegiatan olahraga, karena olahraga yang rutin sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Nah, jika biasanya kita senang berolahraga bersepeda atau jogging sore keliling komplek rumah, namun supaya tidak terlalu capek karena sedang berpuasa, maka kita bisa mengisi kegiatan ngabuburit dengan olahraga santai saja di rumah saja.

Ada banyak olahraga ringan yang bisa kita lakukan sambil ngabuburit di rumah selama bulan Ramadan ini, seperti melakukan yoga, senam, peregangan tubuh, atau berbagai olahraga lainnya yang bisa membuat kita tetap bugar. Namun jika masih bingung cara melakukan olahraga tersebut, sekarang tinggal cari referensinya di internet untuk kita ikuti.


5. Berkebun di halaman rumah

Buat yang punya halaman kosong di rumahnya, maka tidak ada salahnya untuk mengubahnya menjadi kebun daripada dibiarkan begitu saja. Mari kita manfaatkan waktu akhir pekan kita untuk menyulap halaman rumah kita menjadi lahan kebun yang indah dengan beragam tanaman yang kita sukai.

Berkebun di halaman rumah menjadi salah satu kegiatan yang menyengkan untuk mengisi waktu luang

Kita bisa menanami kebun kita dengan aneka buah-buahan, sayur-sayuran, dan juga aneka bunga yang cantik, sehingga suasana rumah kita bisa tampak jadi asri dan indah. Dan untuk mendapatkan aneka bibit tanaman yang kita inginkan, kini kita bisa membelinya secara online dengan mudah di berbagai e-commerce yang ada.

Dengan berkebun di halaman rumah seperti ini, bukan hanya membuat akhir pekan kita menjadi produktif saja, namun halaman rumah menjadi lebih bagus dan hasil berkebun kita nantinya bisa dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.


6. Menonton film atau TV series favorit

Jika kita memang sangat lelah dengan segala rutinitas dan ingin santai sejenak di akhir pekan, maka tidak ada salahnya untuk mengisinya dengan kegiatan menonton film atau TV series kesukaan. Kegiatan ini bisa sekalian untuk membunuh jenuh saat menunggu waktu berbuka puasa.

Apalagi jika kita menggunakan layanan IndiHome TV, maka di sana tersedia banyak film, series dan berbagai tayangan unggulan lainnya yang bisa kita nikmati sepuasnya dari berbagai channel sesuai dengan yang kita mau.

Bahkan kini, IndiHome disebut sebagai window of entertainment terlengkap di Indonesia karena kemampuannya menyajikan berbagai layanan hiburan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang beragam saat ini.

*****
Selain kegiatan-kegiatan tersebut di atas, sebenarnya masih banyak lagi kegiatan lain yang bisa kita lakukan untuk mengisi akhir pekan di bulan Ramadan ini. Namun semuanya kembali lagi ke hobi dan juga kesenangan kita masing-masing ya.

Akan tetapi, bagi teman-teman yang masih bingung untuk mengisi akhir pekannya dengan kegiatan seperti apa, maka tidak perlu khawatir selama menggunakan internet cepat dari IndiHome, karena kita bisa mencari berbagai ide kegiatan secara online untuk mengisi akhir pekan kita di bulan Ramadan agar semakin menyenangkan.

Kehadiran internet cepat dari IndiHome ini bisa membantu kita jadi lebih mudah dalam melakukan berbagai hal, karena bukan hanya memiliki kualitas internet cepat saja, namun juga memiliki jangkauan jaringan yang luas hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

Kerennya lagi, jaringan internet dari IndiHome ini telah menggunakan fiber optik dan mampu menawarkan pilihan kecepatan internet unlimited hingga 300 Mbps, sehingga memungkinkan kita bisa menikmati kualitas internet yang lebih cepat, lebih stabil dan tahan terhadap segala cuaca.

Tak hanya itu, layanan internet cepat dari Telkom Indonesia ini juga terus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan internet terbaik bagi masyarakat, termasuk menawarkan beragam paket internet yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan kita penggunanya. Maka tidak heran, kini IndiHome telah menjadi internet provider pilihan yang banyak digemari masyarakat Indonesia karena latensinya yang rendah.


13 comments:

  1. Sore sore ngabuburit memandang hijaunya sawah yang baru tumbuh itu hobi batu saya bulan Ramadan kali ini. Maklum tinggal di kampung suasananya ya sawah dan kebun.
    Tapi kalau cuacanya hujan, saya memilih membaca atau mengerjakan hobi lain di rumah

    ReplyDelete
  2. semuanya saya kerjain Mas Imawan
    Termasuk urban farming
    Karena tantangan terberat berpuasa buat saya adalah kepala pusing akibat gak minum kopi seharian
    Beruntung ada intenet cepat dari IndiHome, sehingga saya punya banyak variasi kegiatan di bulan Ramadan

    ReplyDelete
  3. Ditambah ini kak
    Menghabiskan waktu bersama keluarga: Ramadan juga dapat menjadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Memasak bersama atau menonton film bersama dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menghibur.

    ReplyDelete
  4. Keenam poin di atas memang menjadi kegiatan berinternet yang pas dan positif, nambah ilmu dan hobi selama bulan puasa, saya pun suka nonton ceramah online dan belajar bikin kue

    ReplyDelete
  5. Mendengarkan cerama online ini mashaAllah~
    Bahkan kini ada beberapa ustadz yang membuatnya seperti materi dalam perkualiahan. Sehingga ketika mungkin terlambat mengikutinya, bisa mengulang sesuai temanya. Jadi tidak salah memahami isi ceramah tematik yang beliau sampaikan.

    Adanya internet cepat memang menjadi sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  6. Selama bulan Ramadan kemarin aku juga banyak mengisi kegiatan di akhir pekan yang buat happy. Seperti belajar membuat kue. Nah ini walaupun hasilnya gak bagus-bagus banget tetapi okelah untuk dinikmati, he he he

    ReplyDelete
  7. Betul.. Semuanya jadi lancar nih pekerjaan kita berkat pake IndiHome.. Saya pun juga berlangganan IndiHome yg mempunyai pelayanan puas dan jaringan wifi cepat.. Pokoknya senang deh pake IndiHome

    ReplyDelete
  8. Banyak banget ya yang bisa kita lakukan di rumah pada bulan Ramadhan. Aku sendiri karena kemarin tetap kerja, jadi lebih sering denger murotal qori favorit via YouTube.Masya Allah, adeeeem di hati.

    ReplyDelete
  9. Bikin kue sih kalau aku dan nonton IndiHome. Scroll² aja cari filmnya yg seru sambil ngabuburit...

    ReplyDelete
  10. Yang kerap daku lakukan yang awal dan akhir hehe. Soalnya bisa sambilan dengan kerjaan lain, apalagi punya dukungan internet yang cakep ini jadinya makin smooth dan asik menemani kegiatan daku

    ReplyDelete
  11. Saya biasanya menonton film favorit kak, nggak terasa tiba2 mau selesai aja. Berkat internet yang lancar nonton pun jadi bahagia.

    ReplyDelete
  12. Palimg banyak dicari saat ramadhan adalah tentang membuat kue, di awal ramdhan berbekal internet mencari resep2 kue dan mencoba. Setelah menemukan yang tepat baru deh open order. Alhamdulillah dari belajar di internet orderan kue kering cukup banyak (yang kami rasakan sebagai pemula)

    ReplyDelete
  13. Kemarin aku ngicipin kue lebaran bikinan kakak iparku dan rasanya uenak banget nggak kalah sama yang di toko. Jadi pengen belajar bikin juga.

    ReplyDelete