ASUS ROG Luncurkan Laptop Gaming Terbaru


Tidak sedikit orang yang menilai bahwa bermain game itu bukan hal yang bagus, hanya kegiatan yang membuang-buang waktu dan tidak ada gunannya. Namun sebenarnya, pendapat tersebut tidaklah sepenuhnya benar, karena selain menawarkan hiburan dan kesenangan, bermain game juga memiliki berbagai manfaat positif yang dapat dirasakan oleh para pemainnya.

Di saat kita lelah dengan segala aktivitas yang berat, bermain game terkadang menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan. Dengan fokus bermain game dan menaklukan tantangan dalam game tersebut, maka kita dapat sejenak melupakan masalah yang ada dan merasa lebih rileks setelah bermain game.

Selain itu, bermain game juga dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif seseorang, seperti kemampuan berpikir logis, kreativitas, dan berpikir strategis. Hal ini karena bermain game seringkali melibatkan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan secara cepat.

Tak hanya itu, bermain game juga bisa membantu meningkatkan kemampuan motorik seseorang, juga meningkatkan daya ingat, serta dapat juga membantu meningkatkan keterampilan sosial seseorang, terutama dalam game yang bersifat multiplayer. Bahkan menariknya lagi, bermain game kini bisa juga menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan bagi yang serius menggelutinya.

Namun tidak dipungkiri, untuk bisa mendukung kegiatan bermain game yang semakin nyaman dan menyenangkan, maka diperlukan perangkat bermain game yang juga mumpuni, salah satunya laptop gaming dengan spesifikasi yang unggul untuk kemudahan bermain game setiap saat.


ASUS ROG Menggelar Media Lunch & Buka Puasa Bersama

Menjawab kebutuhan masyarakat masa kini, khususnya untuk para pemain game yang mendambakan bermain game yang semakin seru, maka ASUS Republic of Gamers (ROG) telah secara resmi meluncurkan beberapa laptop gaming terbaru dengan spesifikasi yang canggih untuk memanjakan para gamer di Indonesia pada Kamis (14/03/2024).

Keseruan kami di acara launching laptop gaming terbaru dari ASUS ROG

Dan saya merasa senang banget bisa ikut hadir dalam acara peluncuran laptop gaming terbaru dari ASUS ROG ini, karena acaranya dikemas dengan sangat menarik dan rame banget. Kita bisa menikmati foto berkonsepkan AI, mengikuti game yang seru, dan mendapatkan doorprize juga.

Acara yang bertajuk ROG Media Launch ini juga sangat asyik, karena kita bukan hanya bisa mencoba langsung laptop-laptop gaming yang ada, namun kita juga bisa buka puasa bersama dan kumpul dengan teman-teman yang lain sambil menikmati aneka menu buka puasa yang enak-enak di Hotel Sutasoma tempat berlangsungnya acara ini.

Hadir dalam acara ini saya menjadi semakin mengerti bahwa perkembangan laptop gaming begitu luar biasa. Terlebih setelah mendengarkan rangkaian penjelasan dari Bapak Muhammad Firman (Head of Public Relation of ASUS Indonesia), Bapak Darien Theodric (Country Product Manager of ASUS Indonesia), hingga demo produk yang dilakukan oleh Bapak Riandanu Hutomo (Technical Public Relation of ASUS Indonesia) untuk laptop gaming terbaru dari ASUS ROG ini.


Dan dalam acara peluncuran laptop gaming terbaru dari ASUS ROG ini, ada beberapa laptop yang diluncurkan sekaligus, yaitu ada dua tipe laptop gaming ROG Zephyrus terbaru yaitu ROG Zephyrus G14 (GA403) dan ROG Zephyrus G16 (GU605) yang diklaim sebagai World's Thinnest and Lightest OLED Gaming laptop.

Selain itu ada juga dua tipe laptop ROG STRIX yaitu ada ROG STRIX G16 dan ROG STRIX Scar yang menawarkan laptop gaming dengan beragam spesifikasi unggul di dalamnya. Bahkan ada juga dua laptop TUF Gaming terbaru yang merupakan pionir AI Gaming laptop dengan harga paling terjangkau.

Dan laptop gaming yang dihadirkan oleh ASUS ROG ini benar-benar keren semua, masing-masing menghadirkan berbagai inovasi dan menawarkan berbagai keunggulannya yang menarik, sehingga laptop ini bisa menjadi perangkat bermain game yang sangat menyenangkan bagi para pemain game.


ASUS ROG Meluncurkan Beberapa Laptop Gaming Terbaru

Tak pernah berhenti untuk melakukan berbagai inovasi, ASUS ROG kini kembali hadir dengan beragam laptop terbaru yang didukung oleh berbagai fitur yang canggih untuk mendukung permainan game yang semakin menyenangkan bagi para gamer di Indonesia.

ASUS ROG meluncurkan beberapa laptop gaming terbaru

Seperti saat ini, ASUS ROG hadir dengan menawarkan laptop gaming yang memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan melalui inovasi teknologi NPU (Neural Processing Unit) yang mampu menjalankan program atau coding AI dan juga lebih hemat energi.

Meskipun laptop-laptop ini berkonsep laptop gaming, namun sebenarnya laptop ini juga sangat cocok untuk mendukung berbagai aktivitas kita yang lain, seperti untuk bekerja, belajar, membuat konten, dan sederet aktivitas lain yang mendambakan kemudahan dan kenyamanan.

Dan untuk lebih jelasnya, saya akan menjelaskan satu per satu laptop gaming yang baru diluncurkan oleh ASUS ROG ini, yaitu sebagai berikut:

1. ROG Zephyrus G14 (GA403)
Laptop gaming ROG Zephyrus G14 (GA403) ini merupakan seri terbaru dari jajaran ROG Zephyrus G14 dan sekaligus menjadi laptop gaming 14-inci paling populer di dunia karena laptop ini menjadi standar baru untuk desain sebuah laptop gaming dan tampil sebagai AI gaming yang paling tipis, ringan, dan powerful di dunia.

Untuk ROG Zephyrus G14 (GA403) ini menggunakan tampilan dengan desain yang telah diperbarui dan semakin modern, yaitu menggunakan CNC-machined chassis yang lebih ringan dan kokoh dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Makanya, laptop ini menjadi laptop gaming layar 14-inci yang paling tipis dan ringan di kelasnya dengan memiliki bobot hanya 1,5 kg dan ketebalan 1,59 cm sehingga sangat praktis untuk dibawa kemana-mana.

ROG Zephyrus G14 (GA403) hadir dengan berbagai keunggulan yang menarik

Menariknya lagi, dengan penggunaan CNC-machine chassis ternyata memungkinkan ROG Zephyrus G14 (GA403) ini memiliki ruang ekstra untuk keyboard sehingga semakin nyaman digunakan, serta sistem audio yang lebih baik, apalagi didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos sehingga mendapatkan suara yang lebih jernih dan kencang.

Selain itu, laptop gaming ini pun tampil lebih modern dengan hadirnya fitur Slash Lighting, yaitu lampu LED indikator eksklusif yang berada di balik layar laptop gaming yang dapat dikustomasi untuk menampilkan pola tertentu lewat aplikasi Armoury Crate sehingga membuat AI gaming laptop ini tampil unik sekaligus lebih modern.

Dan yang membuat laptop ini semakin menarik karena layarnya yang menggunakan ROG Nebula Display yang sudah dibekali teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC sehingga mampu memastikan pengalaman gaming tanpa tearing ataupun stuttering.

Nah, dengan penggunaan layar OLED seperti ini, maka bisa memastikan tingkat reproduksi warna yang lebih tinggi dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 serta delta-E < 1. Tidak hanya itu, layar OLED di ROG Zephyrus G14 (GA403) ini juga memiliki rasio kontras yang sangat tinggi, bahkan sudah mengantongi sejumlah sertifikasi standar industri, mendukung teknologi HDR, dan yang paling penting adalah memiliki response time 0.2 ms yang jauh lebih cepat dibandingkan layar laptop gaming pada umumnya.

ROG Zephyrus G14 (GA403) sangat tipis, ringan namun powerful

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa laptop ROG Zephyrus G14 (GA403) bukan sekadar laptop gaming, tetapi merupakan AI gaming laptop yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI dan dibekali memori 2x8GB LPDDR5X 6400 dan storage yang lega 1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD, serta fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI yang lebih optimal.

Makanya, meskipun mengusung desain yang sangat tipis dan ringan, namun laptop ini tetap menjadi laptop gaming yang powerful., karena laptop ROG Zephyrus G14 (GA403) ini sudah dibekali dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4060 yang dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk memproses grafis di dalam game, tetapi juga mengakselerasi pemrosesan encoding dan rendering pada aplikasi kreatif, hingga mendukung untuk eksperimentasi AI.

Dan laptop ini juga dijamin selalu dapat menghadirkan performa yang konsisten berkat sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya yang membuat laptop ini dapat selalu beroperasi dengan optimal di berbagai aktivitas dengan suara kipas yang lebih senyap dibandingkan laptop gaming pada umumnya.

Selain itu, laptop yang hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Eclipse Gray dan Platinum White ini juga didukung baterai yang besar yaitu 73WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion, serta sudah menggunakan kamera FHD camera with IR yang support Windows Hello. Bahkan untuk port input/outputnya juga sangat lengkap yaitu 1x Type C USB 4 support DisplayPort™ / power delivery, 1x USB 3.2 Gen 2 Type[1]C support DisplayPort™, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x card reader (microSD) (UHS-II), 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, dengan connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3.


2. ROG Zephyrus G16 (GU605)

ROG Zephyrus G16 (GU605) ini merupakan AI gaming laptop 16-inci yang sangat ringan dan ramping, bahkan bobotnya hanya 1,85 Kg dengan ketebalan sekitar 1,49 cm sehingga sangat praktis untuk digunakan di mana saja dan kapan saja kita inginkan.

Tidak heran kenapa laptop ini menjadi begitu praktis, karena laptop gaming ini ternyata menggunakan CNC-machined chassis yang lebih ringan dan kokoh dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sehingga memungkinkan laptop ini tampil lebih tipis dan ringan sebagai laptop gaming 16-inci di dunia.

Dengan menggunakan CNC-machine chassis ini, ternyata memungkinkan laptop ini memiliki ruang ekstra untuk keyboard dengan desain edge-to-edge keyboard yang memiliki ukuran tombol lebih besar serta jarak antar tombol lebih rapat sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya. Bahkan dengan adanya CNC-machine chassis ternyata memberi pengaruh pada sistem audio yang didukung teknologi audio dari Dolby Atmos ini menjadi lebih baik, sehingga suara yang dihasilkan menjadi jernih bahkan suara naik 40% lebih kencang.

Dan yang juga menarik dari ROG Zephyrus G16 (GU605) ini adalah memiliki tampilan yang lebih modern dengan hadirnya fitur Slash Lighting, berupa lampu LED indikator eksklusif yang berada di balik layar laptop gaming dan dapat dikustomasi untuk menampilkan pola tertentu lewat aplikasi Armoury Crate sehingga membuat AI gaming laptop ini tampil unik sekaligus lebih modern ya.

ROG Zephyrus G16 (GU605) menjadi laptop ringan dan ramping di dunia

Selain itu, salah satu keunggulan utama dari ROG Zephyrus G16 (GU605) ini terdapat pada layarnya yang menggunakan ROG Nebula Display yang telah menggunakan panel OLED dan sudah dibekali teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC sehingga mampu memberikan pengalaman bermain game yang semakin seru dan tanpa tearing ataupun stuttering.

Dengan penggunaan layar OLED pada laptop ini tentu saja dimaksudkan untuk memastikan tingkat reproduksi warna yang lebih tinggi dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 serta delta-E < 1. Tidak hanya itu, layar OLED di ROG Zephyrus G16 (GU605) ini juga memiliki rasio kontras yang sangat tinggi, sudah mengantongi sejumlah sertifikasi standar industri, mendukung teknologi HDR, dan yang paling penting adalah memiliki response time 0.2 ms yang jauh lebih cepat dibandingkan layar laptop gaming pada umumnya.

Dan untuk kinerjanya, laptop ini tidak perlu diragukan, karena ROG Zephyrus G16 (GU605) ini sudah ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI, serta didukung fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU Intel® AI Boost untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI, sehingga tidak hanya tampil dengan performa yang lebih superior dibandingkan pendahulunya, tetapi juga lebih optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI.

ROG Zephyrus G16 (GU605) tetap merupakan sebuah mesin gaming yang powerful karena dibekali dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4080 yang dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk memproses grafis di dalam game, tetapi juga mengakselerasi pemrosesan encoding dan rendering pada aplikasi kreatif, hingga mendukung untuk eksperimentasi AI.

ROG Zephyrus G16 (GU605) hadir dengan beragam spesifikasi dengan fitur yang canggih

Kinerja laptop ini makin stabil untuk menghadirkan performa yang konsisten berkat adanya sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya. Bahkan di varian yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 4080, ASUS menyematkan sistem pendingin berbasis vapor chamber agar pendinginannya menjadi lebih optimal di berbagai aktivitas bahkan dengan suara kipas yang lebih senyap dibandingkan laptop gaming pada umumnya.

Dan laptop ini hadir dengan dua pilihan memori, yaitu 2x16GB LPDDR5X 7467 dan 2x8GB LPDDR5X 7467 dengan storage 1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD. Selain itu, kameranya sudah FHD camera with IR dan support Windows Hello, serta didukung baterai yang besar 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion.

Sedangkan untuk port input dan outputnya juga lengkap banget, terdiri dari 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™ / power delivery, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x card reader (SD) (UHS-II, 312MB/s), 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, dengan connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3.


3. ROG STRIX G16

Laptop ROG STRIX G16 ini hadir dengan desain yang sangat premium dengan tampilan layar yang memukau. Hal itu karena laptop ini menggunakan layar 16 inci yang dibalut dengan ROG Nebula Display 2.5K 240Hz, serta didukung panel 16:10 berkecerahan 500 nits dengan cakupan DCI-P3 100%, dan response time 3ms, sehingga menghasilkan presisi piksel yang sempurna bahkan dalam pertempuran paling seru. Laptop ini sungguh menawarkan warna yang fantastis, terlebih dengan dukungan Dolby Vision, Adaptive-Sync, dan rasio layar-ke-tubuh 90% untuk pengalaman gaming dan tontonan yang luar biasa.

ROG STRIX G16 menawarkan fitur-fitur canggih

Laptop ROG STRIX G16 merupakan laptop gaming yang memiliki performa yang tangguh. Berkat dukungan prosesor Intel® Core™ i9 14900HX dan NVIDIA GeForce RTX 4080 Laptop GPU dengan TGP maksimum 175W dan Dynamic Boost, maka kita bisa menikmati semua semua game terbaru.

Apalagi diperkuat dengan MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus sehingga laptop ini mampu mengeluarkan potensi sesungguhnya untuk kinerja yang maksimal. Terlebih sudah didukung oleh penyimpanan SSD PCIe Gen4x4 dan hingga 32GB RAM DDR5 5600MHz, sehingga memungkinkan kita bisa mengakses perpustakaan game terbesar dan juga melakukan kegiatan multitasking dengan sangat mudah.

Dan laptop ini tetap mampu bekerja dengan baik karena sudah didukung ROG Intelligent cooling dengan tri-fan dengan siripnya dipindahkan lebih dekat ke ventilasi keluar untuk pendinginan yang lebih efisien dan secara drastis meningkatkan aliran udara secara keseluruhan yang membantu menjaga suhu GPU dan VRAM tetap dingin. Dipadukan juga dengan tujuh heatpipe dan Conductonaut Extreme liquid metal pada CPU dan GPU agar sistem pendinginan bisa bekerja maksimal.

ROG STRIX G16 ini menjadi laptop gaming idaman

Laptop yang hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Eclipse Gray klasik dan Volt Green ini memiliki speaker yang didukung oleh Dolby Atmos yang mampu menciptakan panggung suara yang otentik untuk suara game yang kita mainkan. Apalagi dukungan Audio Hi-Res memungkinkan kita mendengar musik dengan kualitas sesuai rekaman aslinya. Bahkan ada Two-Way AI Noise Cancelling yang dapat menyaring setiap suara yang tidak diinginkan, memastikan panggilan, obrolan, dan streaming kita berjalan tanpa gangguan. Apalagi laptop ini memiliki baterai 90Wh sehingga memungkinkan kita untuk menggunakannya dalam waktu yang lama tanpa perlu diisi ulang.

Laptop ini sudah dilengkapi dengan keyboard berukuran penuh yang dibekali dengan teknologi Overstroke yang menawarkan pengalaman bekerja dan bermain yang luar biasa, mengurangi aktuasi tombol dan meningkatkan respons. Tombol panah yang besar memungkinkan kontrol yang lebih akurat dalam pertempuran sengit. Dan Touchpad yang lebih besar memudahkan pelacakan di semua aplikasi, sementara pencahayaan RGB per-tombol memungkinkan kita memilih dari jutaan warna pada setiap tombol untuk kustomisasi tanpa batas. Bahkan kita dapat membuat tata letak khusus permainan melalui Armoury Crate sehingga membuat setiap permainan terasa semakin unik.


4. ROG STRIX Scar 16

Laptop ini sudah dibekali layar Nebula HDR 16 inci 2.5K dengan refresh rate 240Hz yang cepat dan jernih dengan panel Mini LED yang memiliki lebih dari 2K zona peredupan, serta memiliki cakupan DCI-P3 100%, dengan kecerahan puncak sebesar 1100 nits untuk gameplay HDR yang menakjubkan. Bahkan panel Mini LED 16 inci dengan rasio aspek 16:10 ini memiliki lebih dari 2000 dimming zones terpisah dan menawarkan warna yang fantastis untuk pengalaman gaming dan tontonan yang luar biasa.

Dan performa laptop ini sendiri terbilang sangat powerfull karena sudah didukung oleh Intel® Core™ i9 Processor 14900HX dan NVIDIA® GeForce RTX™ 4080 Laptop GPU dengan TGP maksimum 175W, SCAR 16 sehingga mudah untuk mengatasi game-game yang menuntut performa tinggi.

Tak hanya itu, laptop ini juga dilengkapi dengan MUX Switch khusus dengan dukungan untuk NVIDIA Advanced Optimus, dan sudah disokong 64GB RAM DDR5 serta 4TB penyimpanan PCIe Gen4x4, SCAR 16 sehingga kita dapat dengan mudah untuk melakukan semua aktifitas bermain game, streaming, dan membuat konten secara bersamaan tanpa kesulitan.

ROG STRIX Scar G16 hadir dengan beragam fitur menarik

Selain itu, laptop ini pun sudah didukung ROG Intelligent cooling dengan tri-fan yang siripnya dipindahkan lebih dekat ke ventilasi keluar untuk pendinginan dengan sirip yang padat untuk total luas permukaan sebesar 174.183mm² untuk memaksimalkan jalur yang tersedia bagi udara panas untuk keluar dari mesin dan secara drastis meningkatkan pendinginan keseluruhan dan membantu menjaga GPU dan VRAM tetap dingin.

Kemudian untuk kenyamanan penggunaan laptop ini memiliki keyboard profesional tingkat esports yang dirancang dapat bertahan lebih dari 20 juta tekanan, dengan keyboard berukuran penuh, terdapat kontrol media dan tombol pintas yang ditunjuk khusus untuk volume dan kontrol Armoury Crate secara default, dan dapat disesuaikan untuk fungsi atau makro yang berbeda. Dan dengan pencahayaan RGB per tombol dan kustomisasi Aura Sync penuh, maka laptop ini akan selalu tampil sesuai dengan suasana hati yang kita mau.

Dan untuk speakernya, laptop ini didukung menggunakan Dolby Vision dan Dolby Atmos untuk konten yang imersif. Sedangkan untuk baterai memiliki kapasitas yang cukup besar 90Wh sehingga kita bisa menggunakan laptop ini tanpa perlu diisi daya ulang. Bahkan laptop ini dapat diisi dayanya dari nol hingga 50% hanya dalam 30 menit saja.


5. TUF Gaming A15 (FA507U)

TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan AI-powered gaming laptop paling terjangkau yang dihadirkan oleh ASUS ROG di Indonesia namun dengan desain yang canggih dan fitur-fitur yang menarik untuk memanjakan para pecinta game yang ada di negeri ini.

Laptop TUF Gaming A15 (FA507U) ini hadir dengan layar FHD (1920 x 1080) yang didukung oleh kamera 720p HD Camera dengan AI noise-canceling technology, Dolby Atmos dan Hi-Res certification serta baterai yang besar 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion sehingga bikin kita makin nyaman untuk menggunakannya.

TUF Gaming A15 menawarkan beragam fitur unggulan

Selain itu, laptop ini hadir dengan performa yang luar biasa karena sudah ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 9 8945H yang telah dibekali oleh Ryzen AI dan memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread dengan clock speed hingga 5.2GHz, serta terdapat fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI, sehingga tidak hanya tampil dengan performa yang lebih superior dibandingkan pendahulunya, tetapi juga lebih optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI.

Dan laptop ini juga dibekali dengan memori DDR5 5600 berkapasitas 16GB, serta penyimpananan PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB yang sangat lega. Bahkan kita pun masih bisa mengupgrade memori dan penyimpanan di AI gaming laptop ini, sehingga memberikan ruang kepada kita penggunanya untuk meningkatkan performa yang semakin unggul.

Prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang yang digunakan oleh laptop ini merupakan seri prosesor paling terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur ZEN 4 untuk CPU-nya dan RDNA™ 3 untuk GPU terintegrasinya, serta didukung NPU berbasis XDNA™ yang mampu menghadirkan performa pemrosesan AI hingga 40% lebih tinggi, sehingga laptop ini bukan hanya sekadar tampil sebagai laptop gaming biasa, tetapi merupakan AI gaming laptop yang sesungguhnya.

Tak hanya itu, laptop ini juga dibekali GPU modern yang dapat mengakselerasi performa grafis dan AI lebih jauh lagi, bahkan hadir dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4070 sehingga membuat laptop ini tidak hanya mampu menjalankan semua game AAA modern terbaru, tetapi juga sangat cocok untuk kebutuhan eksperimen AI seperti menjalankan aplikasi content generation secara offline atau bahkan melakukan training AI.

TUF Gaming A15 laptop gaming punya performa yang unggul

Dan performa laptop ini berjalan semakin stabil karena sudah dibekali sistem pendingin canggih dengan dua kipas yang mampu menangani berbagai beban kerja, mulai dari gaming, content creation, hingga eksperimen AI. Bahkan laptop ini sudah dibekali dengan MUX Switch untuk memaksimalkan performa GPU dan memberikan fleksibilitas lebih kepada para pengguna AI gaming laptop ini.

Menariknya lagi, laptop ini memiliki daya tahan yang superior karena sudah mengantongi sertifikasi los uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H) yang membuktikan bahwa laptop ini memiliki desain bodi yang lebih tangguh dibandingkan dengan kompetitornya sehingga penggunanya dapat lebih tenang saat membawa AI gaming laptop ini bepergian.

Selain itu, ASUS juga memberikan garansi internasional untuk service dan sparepart selama dua tahun. Jadi sepanjang masa garansi, kita dapat melakukan perbaikan dan penggantian sparepart secara cuma-cuma selama kerusakannya bukan diakibatkan oleh kelalaian pengguna. Namun untuk kerusakan akibat kelalaian kita sendiri, maka ASUS menyediakan perlindungan bernama ASUS Perfect Warranty di tahun pertama.


6. TUF Gaming F16

Laptop TUF Gaming F16 ini hadir dengan Windows 11 yang sudah disokong oleh prosesor Intel® Core™ i7-13650HX dengan NVIDIA® GeForce RTX™ 4050 Laptop GPU yang juga support untuk NVIDIA® Advanced Optimus. Dan laptop ini juga dilengkapi RAM DDR5-4800MHz berkecepatan tinggi dengan slot ganda SSD PCIe Gen 4x4 M.2 yang semua slotnya mudah diupgrade bila kita ingin menambahnya. 

Laptop TUF Gaming F16 hadir dengan desain dan layar yang luar biasa, mampu menampilkan resolusi hingga 2,5K, layar 165Hz/3ms dengan G-SYNC untuk visual gaming yang luar biasa. Apalagi didukung tampilan rasio aspek 16:10 dan bezel tipis dengan rasio screen-to-body 90% yang akan membawa kita dalam pengalaman permainan game yang seru dan tak tertandingi.

Selain itu, untuk audionya laptop ini sudah didukung oleh Dolby Atmos dan Hi-Res sehingga game, film, musik yang kita dengar semakin berkualitas studio baik di speaker ataupun headset. Dan untuk ngobrol atau panggilan video dalam game, laptop ini sudah dilengkapi Two-Way AI Noise Cancelation yang dapat menyaring suara latar belakang yang tidak diinginkan untuk komunikasi yang jernih. Bahkan laptop ini juga sudah dilengkapi kamera HD internal sehingga membuat panggilan video tatap muka menjadi mudah, tanpa memerlukan aksesori lain lagi.

Laptop ini hadir dengan beragam fitur yang istimewa

Menariknya lagi, laptop ini juga memiliki keyboard dengan tombol pintas khusus untuk kontrol volume, mute mikrofon, dan pintasan ke Armoury Crate untuk menjaga kontrol penting tetap dalam jangkauan kita saat bermain game. Selain itu, Touchpad yang besar juga memungkinkan pengguliran yang mudah, dan keyboard memiliki jarak tombol 1,7 mm untuk kenyamanan mengetik dan kontrol yang responsif saat bermain game.

Selain itu, laptop TUF Gaming F16 ini juga memiliki daya yang besar, karena disokong baterai besar 90Wh sehingga memungkinkan kita bermain game, bekerja atau menikmati hiburan menjadi lebih lama tanpa sering dicas.

Dan untuk ketangguhan laptop ini tidak perlu diragukan lagi, karena sudah di mengantongi US Military Grade untuk memenuhi standar MIL-STD-810H dalam hal ketahanan terhadap getaran dan benturan, serta kuat di ketinggian dan suhu tinggi dan rendah, makanya laptop ini cocok diajak berpetualang karena tangguh.


Harga Laptop Gaming dari ASUS ROG

Dengan melihat spesifikasi dan berbagai fitur yang dihadirkan laptop-laptop tersebut di atas, tentu kita sangat terpukau dengan segala kecanggihan yang ada dalam masing-masing laptop keluaran terbaru dari ASUS ROG ini sehingga ingin memilikinya.

Dan untuk harga dari masing-masing laptop ini cukup bervariasi antara laptop yang satu dengan yang lainnya, seperti yang diumumkan oleh Ibu Davina Larissa selaku Marketing Manager of ASUS Indonesia pada acara peluncuran laptop gaming terbaru kemarin.

Ibu Davina memaparkan harga laptop gaming terbaru dari ASUS ROG

Dan adapun harga dari masing-masing laptop gaming terbaru dari ASUS ROG ini adalah sebagai berikut:
  • Laptop ROG Zephyrus G14 (GA403) ini menawarkan dua harga yaitu Rp29.999.000 (Ryzen 7 / RTX 4050 / 16GB / 1TB) dan Rp34.999.000 (Ryzen 9 / RTX 4060 / 16GB / 1TB)
  • Laptop ROG Zephyrus G16 (GU605) ini menawarkan empat pilihan harga, yaitu Rp32.999.000 (Core Ultra 7 / RTX 4050 / 16GB / 1TB), Rp36.999.000 (Core Ultra 9 / RTX 4060 / 16GB / 1TB), Rp41.999.000 (Core Ultra 9 / RTX 4070 / 32GB / 1TB), dan Rp53.999.000 (Core Ultra 9 / RTX 4080 / 32GB / 1TB)
  • Laptop ROG STRIX G16 dijual dengan harga Rp32.999.000
  • Laptop ROG STRIX Scar 16 dijual dengan harga Rp69.999.000
  • Laptop TUF Gaming A15 (FA507U) ini tersedia dalam dua pilihan, yaitu Rp23.999.000 (Ryzen 9 / RTX 4060 / 16GB / 1TB) dan Rp26.999.000 (Ryzen 9 / RTX 4070 / 16GB / 1TB).
  • Laptop TUF Gaming F16 (FX607) dijual dengan harga Rp21.999.000
Melihat harga yang ditawarkan pada masing-masing laptop gaming di atas, tentu harga tersebut sudah sangat sepadan dengan segala keunggulan yang ditawarkan masing-masing laptop tersebut untuk mendukung kita bermain game semakin menyenangkan, bahkan bisa mendukung pekerjaan, kegiatan belajar dan hobi kita yang lainnya.

Makanya, buat teman-teman yang ingin memiliki laptop gaming terbaru dari ASUS ROG ini, maka buruan dibeli sekarang juga sebelum kehabisan ya.



No comments:

Post a Comment