AMD Hadirkan Inovasi Baru Dengan Teknologi AI


Belakangan ini, kehadiran Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah menjadi salah satu teknologi yang memberikan dampak besar dalam perkembangan teknologi modern. Dengan kemampuan untuk memproses data dengan cepat dan akurat, serta mampu meningkatkan efisiensi dalam berbagai bidang, maka penerapan AI begitu gencar dilaksanakan.

Apalagi penerapan AI juga memberikan peluang baru dalam hal inovasi. Makanya, dengan kemampuan untuk belajar secara mandiri, AI bahkan dapat membantu menciptakan solusi baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Bahkan yang menarik, penerapan AI dalam perkembangan teknologi membawa banyak manfaat bagi kehidupan kita selama digunakan dengan baik dan benar. Dengan terus mengembangkan dan meningkatkan teknologi AI, kita dapat memanfaatkan potensi besar yang dimilikinya untuk menciptakan dunia yang lebih efisien, cerdas, dan inovatif.

Untuk itu, melihat ini sebagai peluang yang bagus untuk masa depan, maka tak sedikit pihak yang mencoba menerapkan teknologi AI ini dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu perusahaan yang turut menerapkan AI ini adalah Advanced Micro Devices (AMD).


AMD Terus Melakukan Inovasi Terbaru

Penerapan AI dalam berbagai lini kehidupan kita kini semakin terasa. Hal itu juga yang dilakukan oleh AMD, turut memanfaatkan kehadiran AI ini untuk terus melakukan berbagai inovasi baru melalui produk yang mereka ciptakan agar semakin terdepan dalam menawarkan performa terbaik bagi penggunannya.

Hal ini saya dapatkan informasinya ketika hadir dalam acara yang bertajuk AMD Commercial Media & Blogger Update sekalian buka puasa bersama yang diadakan di Sentosa Restaurant (Gelora Bung Karno Complex) pada beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari Senin (25/03/20024).

Sembari menantikan adzan Magrib untuk berbuka puasa, maka kami para media dan blogger berkesempatan mendapatkan update informasi terbaru terkait produk AMD hingga saat ini, terutama terkait inovasi baru AMD dalam mengimplementasikan AI.

Bapak Brando menjelaskan komitmen AMD yang terus berinovasi

Dalam acara ini, Bapak Brando Lubis selaku Commercial Lead AMD Indonesia menyampaikan bahwa AMD terus berkomitmen untuk terus berinovasi, khususnya dalam implementasi teknologi yang sejalan dengan kebutuhan pasar. Hal ini dilakukan karena persaingan yang ada menuntut pelaku bisnis untuk mampu beradaptasi dengan digitalisasi sehingga dapat terus bertahan.

Untuk itu, perlu solusi komputasi yang handal dan efisien yang dapat mendukung pengambilan keputusan, termasuk dalam menerapkan teknologi kecerdasan artifisial (AI) agar dapat mempercepat waktu kerja, memperluas jangkauan, bahkan menurunkan biaya operasional yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan penggunanya.

Terlebih untuk kedepannya, penerapan teknologi AI akan menjadi teknologi yang menarik dan juga menjanjikan untuk dapat diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan, karena penerapan AI akan memberikan manfaat yang besar juga bagi masyarakat.

Dan menyikapi hal ini, maka diperlukan upaya untuk bisa cepat menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada. Dan yang terpenting adalah mempersiapkan perangkat teknologi pendukung AI yang handal, sehingga mampu memberikan kinerja yang optimal di tengah tuntutan beban komputasi yang tinggi pula.

Maka dari itu, AMD terus melakukan inovasi terbaru melalui pengembangan produknya, termasuk untuk prosesor mobile dan CPU Data Center agar mampu menghadirkan performa komputasi dan efisiensi kelas dunia yang terus unggul bagi para penggunannya.


Beberapa Inovasi Produk dari AMD 

Untuk mendukung seluruh kebutuhan transformasi AI dan data center di era digitalisasi ini, maka dalam acara yang digelar ini, AMD pun turut menampilkan teknologi prosesor RyzenTM PRO 7040 series mobile yang baru dan juga jajaran prosesor EPYC generasi keempat dalam beberapa laptop premium dan mobile workstation Windows 11 kelas komersial bertenaga prosesor x86 paling canggih dan hemat daya untuk penggunaan bisnis.

AMD melakukan inovasi dengan teknologi AI

Berbagai inovasi terus dilakukan AMD sebagai upaya untuk terus berpacu dengan tuntutan pasar yang ada saat ini. Makanya, ada beberapa inovasi yang dihadirkan oleh AMD melalui berbagai produk yang dimilikinya, antara lain sebagai berikut:

1. Prosesor AMD RyzenTM PRO 7040 Series untuk mobile dengan Ryzen AI
Kehadiran prosesor AMD RyzenTM PRO 7040 series untuk mobile dengan Ryzen AI dibangun dengan teknologi 4nm terdepan di industri yang juga menampilkan hingga 8 core “Zen 4” dan grafis terintegrasi RDNATM 3, sehingga prosesor AMD RyzenTM PRO 7040 series memungkinkan Tingkat kinerja dan efisiensi yang sangat baik untuk aplikasi bisnis.

Bahkan dengan adanya prosesor AMD RyzenTM 7 PRO 7840U mampu meningkatkan kinerja rata-rata 17% dibandingkan competitor x86, dan juga mampu menawarkan kinerja CPU hingga 18% lebih tinggi dengan ketahanan daya baterai hingga 15% lebih baik saat konferensi video dibandingkan dengan prosesor Apple M2 Pro.

Selain itu, prosesor AMD RyzenTM PRO 7040 series juga menampilkan RyzenTM AI yang sekaligus menjadikan mesin AI terintegrasi pertama di dunia pada prosesor x86. Dimana kehadiran mesin AI ini merevolusi laptop bisnis dengan mengaktifkan pengalaman AI Premium.

Selain itu juga menawarkan pengalaman kolaborasi yang impersif pada berbagai platform, seperti pada Microsoft Teams dan juga aplikasi konferensi video terkemuka lainnya. Bahkan kedepannya, langkah ini diharapkan bisa membawa beragam keuntungan unik dalam kolaborasi generasi berikutnya, termasuk dalam kreasi, produktivitas, UI prediktif, dan fitur keamanan bertenaga AI, terutama RyzenTM AI akan membantu melengkapi laptop tertentu untuk masa depan pekerjaan dengan AI.

Dan menariknya lagi, prosesor AMD RyzenTM 7 PRO 7840U juga sempurna untuk pengguna hybrid dan on-the-go saat ini, termasuk dalam memberikan produktivitas canggih dan kolaborasi virtual, sebab mampu menawarkan kinerja per watt hingga 29% lebih baik dibandingkan dengan competitor pada saat menjalankan benchmark Procyon Overall dan secara bersamaan menggunakan Microsoft Teams. Selain itu, prosesor AMD RyzenTM 7 PRO 7840U juga mampu memberikan ketahanan daya baterai hingga 70% lebih lama dari kompetitornya saat melakukan konferensi video di Microsoft Teams.


2. Teknologi AMD PRO
Dengan menerapkan teknologi AMD PRO, maka setiap prosesor dalam RyzenTM PRO 7000 series mampu menghadirkan serangkaian teknologi penting untuk lingkungan bisnis yang dikelola TI, sehingga memungkinkan fitur keamanan berlapis tingkat enterprise, termasuk AMD Memory Guard, Secured-core PC, dan teknologi keamanan chip-to-cloud yang diaktifkan oleh Microsoft Pluton untuk penerapan dan pengelolaan yang disederhanakan, dan jumlah kualitas yang diperlukan oleh pengambil keputusan bisnis dan TI.


3. AMD RyzenTM PRO 7030 Series prosesor untuk mobile
AMD juga mengumumkan prosesor RyzenTM PRO 7030 Series untuk mobile terbaru yang dibangun di atas arsitektur core 7nm “Zen 3” sehingga mampu menawarkan kinerja yang telah terbukti dengan ketahanan daya baterai yang luar biasa untuk tuntutan lingkungan kerja yang hybrid saat ini.

Selain itu, prosesor RyzenTM PRO 7030 Series untuk mobile ini ternyata sudah dilengkapi juga dengan teknologi AMD PRO, sehingga mampu memberikan keamanan dengan model berlapis dan juga solusi pengelolaan kelas-enterprise.


4. Infrastruktur Komputasi Dioptimalkan untuk Data Center Modern
Tak hanya untuk mobile, AMD juga turut melakukan serangkaian pembaruan untuk keluarga EPYCTM generasi keempat yang dirancang dengan spesialisasi beban kerja yang tangguh agar mampu memenuhi kebutuhan bisnis dengan performa terdepan dan juga efisiensi dalam penggunaan energi.

Dan yang terbaru, prosesor AMD EPYCTM 97X4 generasi keempat yang sebelumnya diberi kode nama “Bergamo” dan AMD EPYC generasi keempat dengan teknologi AMD 3D V-CacheTM, ternyata cocok untuk melakukan beban kerja komputasi teknis yang paling menuntut dengan teknologi AMD 3D V-CacheTM, termasuk untuk CPU server x86 dengan performa tinggi di dunia untuk komputasi teknis.

Selain itu, prosesor AMD EPYCTM 97X4 generasi keempat juga telah membawa inovasi 128 core “Zen 4c” per soket, sehingga mampu memberikan kepadatan vCPU terbesar dan kinerja terdepan di industri untuk aplikasi yang berjalan di cloud, dan memimpin efisiensi energi.

Bahkan menariknya lagi, dengan memanfaatkan arsitektur core “Zen 4c” yang baru, maka CPU data center cloud native-optimized AMD EPYCTM 97X4 semakin memperluas prosesor EPYCTM 9004 series untuk menghadirkan kerapatan thread dan skala yang diperlukan untuk komputasi cloud native terdepan.

Kemudian prosesor AMD EPYCTM 97X4 dengan hingga 128 core, mampu menghadirkan kinerja throughout hingga 3,7x untuk beban kerja cloud native utama dibandingkan dengan Ampere. Selain itu, prosesor AMD EPYCTM generasi keempat dengan core “Zen 4c” juga memberikan pelanggan efisiensi energi hingga 2,7x lebih baik, dan mendukung hingga 3x lebih banyak container per server untuk mendorong aplikasi cloud native pada skala terbesar.

Dan prosesor AMD EPYCTM 97X4 generasi keempat dengan teknologi AMD 3D V-Cache memperluas prosesor AMD EPYC 9004 series untuk menghadirkan CPU x86 terbaik di dunia untuk beban kerja komputasi teknis, seperti Computational Fluid Dynamics (CFD), Finite Element Analysis (FEA), desain elektronik otomatisasi (EDA), dan analisis struktural.

Dengan hingga 96 core “Zen 4” dan cache L3 16 B+ yang terdepan di industri, maka prosesor AMD EPYCTM generasi keempat dengan AMD 3D V-Cache dapat secara signifikan mempercepat pengembangan produk dengan memberikan pekerjaan desain hingga dua kali lipatnya.

Bahkan untuk seluruh jajaran prosesor AMD EPYCTM generasi keempat yang tersedia saat ini telah memiliki fitur dan soket yang kompatibel dengan sistem berbasis AMD EPYCTM 9004 series yang ada, sehingga mampu menawarkan jalur peningkatan yang lebih mulus.

AMD menerapkan teknologi AI melalui berbagai produk yang dihasilkannya

Dari berbagai inovasi yang dibahas di atas, kita bisa melihat dan juga semakin mengerti, bahwa AMD benar-benar tak pernah berhenti melakukan berbagai inovasi dalam memberikan produk dan layanan terbaik bagi penggunannya, termasuk dalam memanfaatkan perkembangan teknologi AI yang sedang banyak diminati saat ini.

Bahkan AMD sudah bekerjasama dengan Universitas Amikom Yogyakarta dalam memanfaatkan perkembangan teknologi AI bagi dunia pendidikan, sehingga upaya ini menjadi langkah awal yang sangat baik untuk para pengajar (dosen) dan juga para mahasiswanya, karena AI dapat mengoptimalkan proses pembelajaran yang akan berdampak positif dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam hal ini, Universitas Amikom Yogyakarta menjadi universitas pertama yang mengaplikasikan AMD Ryzen 7000 series terbaru dengan platform AM5 dan fabrikasi 5nm serta menggunakan memori DDR5. Bahkan kampus ini juga telah menggunakan solusi PC Desktop terbaik bertenaga AMD Ryzen mulai tahun 2018 dengan standar PC yang digunakan untuk lab minimal prosesor AMD Ryzen 7, dan sebagian lainnya menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 dan Threadripper, sehingga sampai saat ini total lebih dari 500 PC dari berbagai lab telah menggunakan prosesor AMD.

Sungguh ini menjadi salah satu contoh nyata, bahwa AMD terus mengoptimalkan segala potensi yang ada melalui pengembangan inovasi yang sesuai perkembangan zaman, termasuk dalam menerapkan teknologi AI agar kelak bisa terus memberikan banyak manfaat yang luar biasa bagi penggunannya di masa sekarang dan juga yang akan datang.


No comments:

Post a Comment