Serunya Grebek Kampung Ramadan Bersama Dompet Dhuafa



Kehadiran bulan Ramadan sungguh sangat dinantikan oleh banyak umat muslim di seluruh dunia, termasuk yang ada di Indonesia. Sebab bulan Ramadan merupakan bulan suci yang penuh berkah dan ampunan, serta menjadi kesempatan emas bagi kita untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dan sudah menjadi kewajiban kita kaum muslim, bahwa selama bulan Ramadan, kita diwajibkan untuk menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas lainnya mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Selain itu, bulan Ramadan juga merupakan bulan untuk meningkatkan ibadah, seperti shalat tarawih, membaca Al-Quran, dan berbagai amal ibadah lainnya.

Namun, selain sebagai bulan untuk memperbanyak ibadah, bulan Ramadan juga merupakan bulan yang sangat dianjurkan untuk berbagi dengan sesama. Hal ini sejalan dengan ajaran Islam yang mengajarkan pentingnya memiliki kepedulian terhadap orang lain, terutama kepada mereka yang membutuhkan.

Berbagi dengan sesama selama bulan Ramadan bukan hanya sekadar menunjukkan kepedulian dan kebaikan hati saja, tetapi juga sebagai sarana kita untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan berbagi rezeki yang kita miliki, maka kita bisa merasakan kesempatan untuk melatih empati, belas kasihan, dan rasa syukur atas rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Maka dari itu, bulan Ramadan menjadi salah satu momentum untuk kita lebih peduli terhadap sesama, kita bisa berbagi dengan orang-orang di sekitar kita yang membutuhkan, agar suasana Ramadan semakin dipenuhi dengan kebaikan, berkah, dan cinta kasih.

Dan tidak dipungkiri, bahwa hingga kini masih ada kelompok masyarakat yang belum merasakan semaraknya Ramadan, sehingga hal ini turut menggerakan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa untuk kembali mengadakan kegiatan Grebek Kampung Ramadan.



Grebek Kampung Ramadan Bersama Dompet Dhuafa

Sungguh sebuah kesempatan yang menyenangkan bagi saya bisa ikut dalam kegiatan Grebek Kampung Ramadan yang diadakan oleh Dompet Dhuafa beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada Sabtu, 23-Maret-2023 yang bertempat di Kampung Kebon Kelapa RT. 001 RW. 02 Kel. Serpong Kec. Serpong, Tangerang Selatan - Banten.

Acara Grebek Kampung Ramadan sendiri merupakan salah satu program dari Dompet Dhuafa yang rutin diadakan setiap bulan Ramadan datang. Biasanya, kegiatan ini diadakan di lokasi-lokasi yang memang banyak masyarakat kurang mampu dan membutuhkan bantuan, seperti di lingkungan masyarakat petani, nelayan, marginal kota dan perkampungan.

Dan tidak salah Dompet Dhuafa memilih pelaksanaan Grebek Kampung Ramadan di Kampung Kebon Kelapa ini, karena situasi lingkungan dan masyarakat di sini memang mayoritas sangat layak untuk dibantu, terlihat dari rumah-rumah warga yang tampak dibangun sederhana dengan jalanan yang masih belum tersentuh aspal.

Kegiatan Grebek Kampung Ramadan berlangsung di Serpong

Hal ini sejalan dengan tujuan dari adanya acara Grebek Kampung Ramadan ini, yaitu untuk menyemarakan bulan suci Ramadan dan memberikan pengalaman baru bagi masyarakat dalam mengisi kegiatan Ramadan. Selain itu, kegiatan ini juga akan menjadikan Ramadan sebagai momentum yang tepat untuk meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial antara korporasi dengan masyarakat, serta kegiatan ini diharapkan bisa menumbuh kembangkan serta melestarikan rasa gotong royong dan kebersamaan di masyarakat.

Menariknya, kegiatan Grebek Kampung Ramadan ini dibuat dengan konsep yang sangat menarik, bahkan banyak melibatkan masyarakat secara langsung pada setiap aktivitasnya, mulai dari persiapan hingga pelaksanaannya masyarakat sangat berperan penting, bahkan turut serta dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan dengan begitu antusias.


Beragam Kegiatan Seru dalam Acara Grebek Kampung Ramadan

Kegiatan Grebek Kampung Ramadan yang diadakan Dompet Dhuafa ini sangat menarik, hadir dengan beragam kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang tua ikut terlibat secara langsung dalam keseruan setiap rangkaian acara yang dihadirkan dalam kegiatan ini.

Beberapa kegiatan yang diadakan dalam rangkaian acara Grebek Kampung Ramadan di Serpong

Meskipun acara Grebek Kampung Ramadan ini berlangsung hanya sehari saja, namun kebersamaan Ramadan dalam menjalin silaturahmi kebaikan sangat terasa. Hal ini dapat terlihat dari banyak sekali rangkaian kegiatan yang diadakan, antara lain sebagai berikut:

1. Pesantren kilat
Kegiatan pesantren kilat ini hadir untuk memberikan edukasi ilmu keagamaan dan juga pelajaran Al-Quran bagi anak-anak. Kegiatan ini dikemas dengan seru bahkan diiringi dengan game sehingga disambut sangat antusias oleh anak-anak. Bisa dibilang, konsep belajar sambil bermain yang diterapkan oleh Kak Rizky dan Kak Arman dalam kegiatan ini, mampu membuat anak-anak betah untuk berlama-lama mengikuti rangkaian kegiatan pesantren kilat ini sampai tuntas.

2. Tes Kesehatan
Kita sadar betul, bahwa kesehatan begitu penting, maka dalam kegiatan Grebek Kampung Ramadan ini, Dompet Dhuafa pun tak lupa membawa Tim Kesehatan (Medis) yang akan melakukan tes kesehatan secara gratis bagi warga. Dalam kesempatan ini, warga bisa melakukan tes gula darah, tekanan darah dan juga asam urat secara Cuma-Cuma tanpa dipungut bayaran sedikit pun. Dan kegiatan ini disambut dengan senang oleh warga, karena mereka bisa mendapatkan kesempatan tes kesehatan gratis dengan tim medis yang datang langsung ke kampung mereka.

3. Parcel Ramadan
Seperti yang kita ketahui, bahwa Dompet Dhuafa tak pernah berhenti membentangkan kebaikan melalui kegiatan berbagi. Begitupun dalam momen Ramadan ini, Dompet Dhuafa pun hadir memberikan bingkisan parcel Ramadan berupa perlengkapan sholat dan juga paket sembako khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan. Dan tentunya, kegiatan ini disambut dengan bahagia oleh warga, karena parcel Ramadan ini menjadi kado Istimewa bagi mereka di bulan yang suci ini. Dan bagi kita yang ingin ikut mengirimkan parcel Ramadan bagi warga yang tidak mampu, maka kita pun bisa ikut berpartisipasi melalui Dompet Dhuafa.

4. Mitigasi Bencana
Tidak dipungkiri, bahwa kedatangan musibah dan bencana terkadang tak bisa kita prediksi, semua bisa terjadi dengan begitu tiba-tiba, termasuk bencana alam gempa dan juga kebakaran. Untuk itu, Dompet Dhuafa melalui kegiatan ini tak lupa memberikan edukasi kepada warga tentang bagaimana cara menghadapi gempa dan juga kebakaran melalui simulasi langsung, supaya masyarakat tahu cara paling praktis dalam menyelamatkan diri ketika terjadi gempa ataupun kebakaran. Dimana salah satu kunci dalam menghadapi bencana adalah tetap berusaha tenang, jangan panik, agar tetap bisa berpikir jernih dalam menyelamatkan diri.

5. Borong Dagangan Pedagang Keliling
Dalam kegiatan Grebek Kampung Ramadan ini, salah satu kegiatan yang juga seru adalah saat panitia memborong dagangan pedagang keliling berupa snack untuk dibagikan ke anak-anak. Tentu dalam hitungan menit aneka jajanan yang dijual oleh pedagang keliling tersebut langsung ludes seketika. Di sini bukan hanya anak-anak yang bahagia, namun sang pedagang pun tersenyum gembira karena dagangannya bisa laku terjual dalam waktu yang singkat.

6. Dongeng Ceria
Dunia anak-anak tak pernah lengkap tanpa adanya dongeng. Maka dalam kegiatan Grebek Kampung Ramadan ini pun, Dompet Dhuafa tak lupa menyisipkan agenda dongeng ceria untuk menghibur dan memberikan edukasi untuk anak-anak. Dalam hal ini, Bunda Shofa tampil membawakan dongeng dengan cerita yang menarik dan cara yang seru, bahkan menggunakan boneka, sehingga membuat anak-anak tak mampu mengalihkan perhatiannya dari alur dongeng yang dibawakan sambil menunggu buka puasa tersebut.

7. Pengajian menjelang buka puasa
Di saat anak-anak sibuk dengan urusan dongengnya, maka orang tua pun diajak untuk mengikuti pengajian yang dibawakan oleh Ustadz Ahmad Muhajirillah sembari menunggu waktu berbuka puasa dengan mengupas tentang Keutamaan Bulan Ramadan. Bisa dibilang bahwa pengajian ini konsepnya seperti KulTum alias kuliah tujuh menit, meskipun singkat namun pesan dalam rangkaian ceramah yang disampaikan oleh Ustadz mampu dimengerti dengan baik oleh para jamaahnya.

8. Pembagian takjil dan menu makanan berbuka puasa
Menutup rangkaian acara Grebek Kampung Ramadan kali ini, Dompet Dhuafa tak lupa untuk membagikan takjil dan juga makanan siap santap yang sudah dimasak oleh tim dari Daring (Dapur Keliling) Dompet Dhuafa bagi warga sekitar. Dan anak-anak juga mendapatkan tambahan paket snack yang berisikan beragam cemilan untuk dinikmati setelah buka puasa. Tampak semua warga sangat gembira, menikmati momen buka puasa dengan takjil dan makanan yang nikmat sambil bersantap secara bersama-sama.

Ikut dalam kegiatan Grebek Kampung Ramadan memberikan banyak pelajaran dan kesan yang mendalam

Sungguh, setelah mengikuti rangkaian kegiatan Grebek Kampung Ramadan ini, saya bisa melihat secara langsung betapa banyak orang yang tersenyum bahagia dengan hadirnya kegiatan ini, dan senyum bahagia mereka juga mengalirkan rasa bahagia di hati saya.

Makanya, dari kegiatan Grebek Kampung Ramadan yang diadakan oleh Dompet Dhuafa ini, kita semua disadarkan untuk terus peduli dan jangan pernah lelah untuk membantu sesama, karena sekecil apapun bantuan kita, pasti sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. 😊

Dan buat teman-teman yang ingin turut berkontribusi dalam membantu sesama ataupun menyalurkan zakat, infak dan sedekah, maka bisa langsung menyalurkan melalui Dompet Dhuafa yang nantinya akan disalurkan pada orang-orang yang memang berhak menerimanya.

Untuk informasi detal terkait Dompet Dhuafa dan berbagai programnnya, maka bisa langsung cek ke websitenya di https://www.dompetdhuafa.org ya. 


10 comments:

  1. Masyaallah acara grebek kampung yang diadakan oleh Dompet Dhuafa ini bermanfaat banget ya bagi warga, apalagi kegiatannya banyak seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya acaranya banyak dan pastinya kegiatan ini bermanfaat banget bagi warga di Kampung Kebon Kelapa

      Delete
  2. Kegiatan grebek kampung ramadan ini bagus banget ya, manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, semoga kegiatan grebek kampung ramadan ini bisa terus ada dan manfaatnya semakin luas

      Delete
  3. acaranya menarik semua ya dan pastinya bermanfaat banget bagi masyarakat setempat. keren…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kegiatan grebek kampung Ramadan ini memang bagus banget dan masyarakat menjadi bahagia

      Delete
  4. Seru banget ya acara grebek kampung bersama Dompet Dhuafa ini ya, pasti masyarakat happy banget ada kegiatan ini di sana ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, jangan kan masyarakat yang meraskaan langsung manfaatnya, kita yang lihat saja pasti ikut bahagia kan? hehehe

      Delete
  5. Salut sama Dompet Dhuafa yang mengadakan acara Grebek Kampung Ramadan seperti ini, karena ini manfaatnya langsung dirasakan oleh warga di sana dan mereka pasti senang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Dompet Dhuafa kegiatannya keren-keren dan langsung manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkan ya.

      Delete