RKB BNI Fest Hadir di Halal Park Dengan Banyak Kegiatan Seru



Bagi saya, HALAL ADALAH HARGA MATI, tidak bisa ditawar-tawar. Sebab “halal” menjadi perintah yang wajib dilakukan oleh saya sebagai umat Islam, karena perintah tentang halal ini sudah dijelaskan oleh Allah SWT secara nyata dalam beberapa ayat Al-Quran,  salah satunya terdapat dalam surat Albaqarah ayat 168 yang artinya sebagai berikut.

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. (QS Albaqarah 168).

Sudah sangat jelas melalui ayat ini, Allah menganjurkan umat manusia sebaaiknya untuk mengkonsumsi segala sesuatu yang halal, karena jika kita tidak patuh dengan perintah Allah, maka kita termasuk dalam golongan syaitan. Sungguh kita tidak mau bukan?

Selain itu, jika kita mengkonsumsi sesuatu makanan atau barang yang tidak halal alias haram, maka menurut ceramah Ustadz yang pernah saya dengar bahwa “Seseorang yang memakan makanan haram maka doa-doanya tidak akan didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT, bahkan amal ibadahnya tidak diterima Allah SWT dalam waktu empat puluh hari lamanya.”

Jujur mendengar hal ini saya benar-benar sangat takut mengkonsumsi ataupun mengenakan barang-barang yang haram, karena hukumannya sungguh berat, makanya saya selalu berusaha sekuat tenaga untuk selalu mengkonsumsi atau menggunakan barang-barang yang halal dalam keseharian saya.

Dan untung saya tinggal di negara yang mayoritas muslim sehingga urusan halal ini benar-benar diperhatikan oleh pemerintah. Bahkan saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya memprosikan industri halal dengan menghadirkan tempat khusus yang disebut Halal Park.

Temukan yang Halal di Halal Park

Belum lama ini, tepatnya 16 April 2019 yang lalu, Presiden Jokowi meresmikan Halal Park yang ada di komplek Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Dimana kehadiran Halal Park ini akan menjadi pusat komunitas halal yang dapat dinikmati oleh semua orang.

Dan Halal Park ini disiapkan untuk menjadi konsep kawasan terpadu berbasis syariah yang hingga saat ini sudah dibuka di dua lokasi, yaitu dekat Pintu Sebelas GBK dan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta yang berada di bawah koordinasi Kementerian BUMN RI.

Meskipun Halal Park ini hadir dengan tema yang islami, namun siapapun boleh datang ke sini, termasuk teman-teman dari agama selain Islam. Kehadiran Halal Park ini bukan hanya menjadi sebuah taman bermain, namun juga bisa menjadi tempat wisata dan edukasi bagi masyarakat. 

Ya, saat ini, di Halal Park ini kita bisa berwisata kuliner dengan menjajal berbagai kuliner istimewa, karena di sini dilengkapi oleh berbagai stand yang menjual aneka makanan halal yang beragam sehingga kita pilih sesuai selera.
Beberapa produk fashion yang ada di Halal Park
Selain itu, bagi kita yang senang belanja fashion, maka di sini juga tersedia gerai-gerai busana muslim dari berbagai brand-brand ternama, seperti Hijup, Jenahara, Naia, Kimi, Vivi zubedi, Kami, emme, Diario, I’mira, Zeesalicious, dan masih ada lagi yang lainnya.

Oh iya, asyiknya lagi, area halal park ini memiliki desain yang keren dan instagramble sehingga kita datang ke sini bisa sekalian belanja dan foto-foto. Bahkan di area halal park ini juga tersedia mushola sehingga memudahkan kita saat hendak menunaikan ibadah, bahkan di sini juga di sediakan tempat bermain untuk anak-anak sehingga cocok juga yang ingin datang ke sini bersama buah hatinya.
Playyground untuk anak-anak bermain
Dan yang menariknya lagi, di halal park ini terdapat rumah kreatif yang berisi UMKM atau mitra usaha binaan dari beberapa perusahaan BUMN, sehingga hal ini sekaligus untuk membantu pelaku UMKM untuk mudah memasarkan karya atau hasil usaha mereka sehingga semakin banyak dikenal oleh masyarakat luas.  

Dan pada weekend kemarin, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk sebagai salah satu perusahaan BUMN memanfaatkan Halal Park untuk menggelar acara RKB BNI Fest di sini, dan langkah ini sekaligus untuk menggaungkan keberadaan Halal Park ke halayak ramai, terutama untuk warga Jakarta dan sekitarnya.

RKB BNI Fest Hadir di Halal Park

Dan kemarin saya sangat senang bisa ikut hadir dalam acara Rumah Kreatif BUMN (RKB) BNI Fest yang diselenggarakan oleh PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk selama dua hari (27 – 28 Juli 2019) di Halal Park dekat Pintu Sebelas Gelora Bung Karno (GBK) – Jakarta Pusat.
Seseruan di RKB BNI Fest
Namun saya pribadi baru sempat hadir pada hari kedua yaitu hari Minggu 28 Juli 2019. Dan saat saya hadir di acara ini, sungguh sangat seru loh, karena langsung ada acara demo masak halal bersama 3 bintang dari 3 profesi, yaitu ada Chef Norman Ismail, aktor Tora Sudiro, dan petarung Mixed Martial Art (MMA) Suwardi.   

Jadi di sini Chef Norman memasak salah satu kekayaan kuliner nusantara, yaitu Empal Gentong yang didampingi oleh Tora Sudiro dan Suwardi selama proses memasaknya. Dimana menu empal gentong ini sengaja dipilih untuk dijadikan demo masak pada hari ini karena merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang harus terus diwariskan sebagai bagian dari kekayaan budaya bangsa.
Demo masak empal gentong bersama Chef Norman
Dan tips dari Chef Norman supaya masak Empal Gentong ini cepat, yaitu dagingnya dimasak terlebih dahulu secara terpisah, sehingga saat dimasak jadi Empal Gentong prosesnya cepat dan tidak memakan banyak waktu. Sedangkan jika ingin kuahnya kental, maka berilah airnya hanya sedikit namun perbanyak santan kelapanya.

Seteleh selesai memasak Empal Gentong, Chef Norman menyajikankan masakannya tersebut dan langsung dicoba oleh Bapak Putrama Wahju Setyawan selaku Direktur Bisnis Korporasi BNI dan Bapak Ronny Venir selaku SEVP Jaringan BNI.
Bapak Putrama dan Bapak Ronny tampak sangat menikmati empal gentong buatan Chef Norman
Tampak Bapak Putrama dan Bapak Ronny sangat menikmati hidangan empal gentong hasil masakan dari Chef Norman. Keduanya mengakui bahwa empal gentong hasil racikan Chef Norman sungguh sangat nikmat dengan citarasa yang istimewa. 

Dan setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyerahan mock-up Kartu Kredit BNI Edisi HOG oleh Bapak Putrama Wahju Setyawan selaku Direktur Bisnis Korporasi BNI dan Bapak Ronny Venir selaku SEVP Jaringan BNI kepada komunitas Harley Owners Group (HOG) yang diwakili oleh Tora Sudiro dan Chef Norman yang kebetulan memang nasabah BNI yang memiliki kartu kredit khusus tersebut.   
BNI menghadirkan Kartu Kredit BNI Khusus untuk Komunitas Herley (HOG)
Sebagai pecinta Harley Tora Sudiro mengakui bahwa “Ini pengalaman menarik karena saya baru pertama kali ikut ke Halal Park. Apalagi saya dapat Kartu Kredit BNI yang khusus dibuat untuk pemilik Harley. Semoga BNI semakin sukses.”

Kehadiran kartu kredit BNI edisi HOG ini sengaja dihadirkan sebagai nilai tambah dari produk Kartu Kredit BNI seiring dengan volume transaksi Kartu Kredit BNI sendiri telah mencapai Rp 19,91 Triliun per Juni 2019, sedangkan BNI juga telah menerbitkan 1,85 juta keping kartu kredit per Juni 2019.

RKB BNI Fest dukung kemajuan UMKM

Setelah selesai mengikuti rangkaian acara di atas, maka saya pun akhirnya memutuskan untuk mengunjungi booth-booth kuliner yang ada di halal park ini untuk makan siang, karena di sini banyak juga pelaku UMKM yang hadir menjajalkan aneka produk kreasi mereka di Halal Park ini.

Diakui oleh Bapak Putrama bahwa, RKB BNI Fest ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya agar masyarakat Jakarta dan sekitarnya tahu bahwa ada satu destinasi wisata unik di Jakarta, yang tidak hanya berbasis produk-produk Halal, melainkan juga memiliki kekhasan, yaitu menjajakan produk-produk yang dihasilkan oleh para mitra Badan-badan Usaha Milik Negara (BUMN).
 
Lebih lanjut beliau mengatakan “Kami berharap dengan dibangunnya Halal Park di Kawasan GBK ini mampu menumbuhkan mitra-mitra RKB. Masyarakat pun semakin terinfo bahwa banyak mitra binaan RKB ini yang punya produk berkualitas dan halal untuk dikonsumsi semua. Pada akhirnya menjadi akan menjadi efek multiplier bagi usaha kecil.”
RKB BNI Fest dukung kemajuan UMKM
Dan di acara RKB BNI Fest ini, ada sebanyak 10 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan BNI yang menjajakan produk kuliner unggulan di Halal Park diantaranya yaitu Pempek Bulet yang menyajikan hidangan pempek berbentuk bulat, Pudingu yang menyajikan silky puding, Sosis Bakar Lulu yang menyajikan hidangan sosis, Soto Mie Bakso, Sicipi Food yang menyajikan hidangan kebab, Arafi Food yang menyajikan hidangan dimsum, Pentol Pedas SS, Ramen n Sushi Emperan, Sari Lemon Soogeh yang menyajikan minuman sari lemon, dan Jalanin Doeloe Kopi.

Semuanya benar-benar menggoda, namun kemarin saya akhirnya mencoba membeli Pempek Bulet yang asli rasanya sangat enak dan bikin nagih bangat. Bahkan saya sampai membungkusnya untuk membawa pulang saking sukanya. 

Selain itu, saya juga mencoba menikmati sosis bakar jumbo yang akhirnya bikin saya kenyang. Dan untuk minumnya, saya membeli Sari Lemon Soogeh yang asli segarnya enak bangat, karena memang terbuat dari sari lemon asli. Dan karena rasa lemonnya enak bangat, maka saya dan teman-teman saya pada beli buah lemon aslinya untuk dibawa pulang.
Beberapa UMKM Kuliner yang hadir di RKB BNI Fest
Dan kemarin, keseruan saya dan teman-teman berbelanja di tenant-tenat kuliner ini semakin asyik karena bisa berbelanja dengan uang elektronik dan juga ada promo special yang menarik, yaitu setiap pembelian minimal Rp. 50.000 maka kita bisa mendapatkan lagi voucher belanja senilai Rp. 25.000. Makanya kemarin, kami benar-benar bisa kulineran sepuasnya di acara RKB BNI Fest ini.

Oh iya, selain aneka kuliner dari UMKM binaan BNI, ternyata BNI juga menyediakan layanan perpanjang paspor loh kemarin. Bahkan, RKB Fest ini juga menghadirkan perancang batik asal Pekalongan Aditya Yusma untuk menjadi pembicara pada Kelas Kreatif Membatik. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan pelestarian budaya asli Indonesia sekaligus industri kreatif.  Pengunjung dapat mengikuti sharing session cara membuat batik pada kelas tersebut.

Bahkan yang juga menarik dari acara RKB BNI Fest ini, karena BNI juga menghadirkan sharing session Program Aku Saudagar Muda oleh owner  “Mommisu”. Dimana program ini diikuti oleh sekitar 50 siswa sekolah menengah umum yang diajak dalam acara ini. 
RKB BNI Fest menghadirkan banyak kegiatan seru bagi pengunjung Halal Park
Selain mendapatkan ilmu baru untuk menjadi entrepreneur muda melalui sesi pelatihan itu, para siswa ini juga berkesempatan menikmati Halal Park secara langsung dengan beragam kuliner yang disiapkan para pelaku usaha yang aktif di RKB Binaan BNI.

Sungguh datang ke RKB BNI Fest ini luar biasa seru, selain bisa mendapatkan banyak pengalaman, informasi dan ilmu baru, tentunya hati semakin bahagia karena bisa menikmati banyak kuliner enak nan halal dengan promo spesial yang begitu memanjakan. Semoga RKB BNI Fest bisa hadir lagi di waktu yang akan datang. Aamiin... :)


1 comment:

  1. Seru ya mas smoga Makin bertambah binaan UMKM Dan tentunya juga smkin berkembang usaha mereka

    ReplyDelete