MUET Malaysia Hadir di KLIS Jakarta

MUET Malaysia hadir perdana di Jakarta

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi menjadi impian banyak orang, sebab tak bisa dipungkiri, pendidikan yang tinggi bukan hanya membuat kita kian cerdas, namun juga membuka banyak peluang buat kita untuk berkarya, dan memudahkan kita untuk mendapat pekerjaan impian nantinya. 

Untuk itu, banyak anak-anak yang usai menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA)  bercita-cita untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu meraih ilmu di perguruan tinggi. Ada banyak memang kampus ternama yang menjadi impian sebagai tempat untuk menempuh pendidikan, baik dalam maupun luar negeri. 

Dan tak sedikit dari anak bangsa di negeri ini yang bercita-cita ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, dengan berbagai alasan yang melatarbelakanginya. Mulai dari yang memang sudah lama mengincar jurusan tertentu di kampus luar negeri, hingga yang ingin lebih mandiri dan punya banyak teman dari berbagai negara lain.

Namun, untuk menempuh pendidikan di luar negeri, tentu ada banyak syarat yang harus kita penuhi, salah satunya adalah tes kemampuan berbahasa Inggris. Sebab, hal ini menjadi salah satu poin utama yang wajib kita miliki agar bisa lolos menempuh pendidikan di negara orang.


Untuk itu, membekali diri dengan mengikuti tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris harus dilakukan sebaik mungkin, begitu pun bagi kita yang ingin kuliah di Malaysia, kita pun harus menyiapkan diri dengan baik agar bisa diterima di universitas impian di negeri jiran tersebut, dimana salah satu syaratnya adalah dengan mengikuti tes MUET Malaysia.

Apa itu MUET Malaysia? 


MUET adalah singkatan dari Malaysia University English Test yang merupakan ujian kompetesi untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris para siswa dan siswi yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di universitas kenamaan di negara Malaysia.

Jadi bisa dibilang, MUET ini merupakan salah satu persyaratan kuliah di Malaysia yang wajib dilakukan oleh siswa-siswi yang ingin kuliah di Universitas Malaysia, dimana test ini sama seperti Test of English as Foreign Language (TOEFL) ataupun International English Language Testing System (IELTS) yang juga jadi syarat berkuliah di luar negeri.

Melihat pentingnya MUET ini, maka untuk memudahkan anak-anak Indonesia yang ingin menimba ilmu di Malaysia, maka Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia bersama dengan Education Malaysia Indonesia (EMI) dan Kementerian Pendidikan Malaysia berkolaboasi menyelenggarakan Malaysia University English Test (MUET) untuk pertama kalinya di Indonesia.
tes MUET Malaysia digelar perdana di KLIS Jakarta sebagai syarat kuliah di Malaysia
Malaysia menerapkan MUET sebagai syarat bagi para pelajar dari luar negeri yang hendak berkuliah di Malaysia (Kiri – Kanan): Dato Dr. H. MD. Radzi Shaleh (Presiden Direktur K-Link), Bapak Haris Mior Harun (Direktur EMI), Bapak Zainal Abidin Bakar (Duta Besar Malaysia untuk Indonesia), dan Bapak Encik Adnan Husin (Deputi CEO Majelis Pemeriksaan Malaysia)


Dimana untuk penyelenggaraan Malaysia University English Test (MUET) yang perdana ini, panitia MUET menggandeng salah satu sekolah terbaik di Jakarta, yaitu Knowledge Link Intercultural School (KLIS Secondary) milik K-link yang terletak di K-Link Tower - Jakarta Selatan.

Dan untuk MUET perdana ini sudah diadakan pada tanggal 26 – 29 Juni 2019 yang lalu dan diikuti oleh sekitar 70 orang peserta, dan nantinya akan menyusul kota berikutnya yaitu kota Lombok - Nusa Tenggara Barat (NTB) pada pada bulan Juli mendatang dengan sekitar 150 orang peserta.   

Selain Jakarta dan Lombok, tidak menutup kemungkinan kota-kota lain akan juga diadakan MUET ini, karena bila dilihat dari tahun ke tahun, animo para siswa yang ingin melanjutkan kuliah di Malaysia cukup banyak.

Komponen Penilaian Tes MUET Malaysia

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa kehadiran tes MUET ini merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki olah para calon mahasiswa dari luar negeri yang ingin menimba ilmu di Malaysia. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi yang ingin kuliah di Malaysia untuk mempersiapkan diri sejak dini supaya nanti hasil tesnya bisa maksimal.

Dan diakui oleh Deputi CEO Majelis Pemeriksaan Malaysia, Encik Adnan Husin bahwa “Sekarang ini pelajar dari luar negeri juga bisa mengikuti MUET dan menyertakan hasilnya untuk melanjutkan studi di Malaysia. Kalau dulu itu syaratnya hanya TOEFL dan IELTS, sekarang ditambah MUET.”
MUET Malaysia digelar perdana di KLIS Jakarta
Tes MUET ini memberikan empat komponen ujian yang terdiri dari: listening, speaking, reading dan writing.
Dimana dengan diterapkannya pelaksanaan MUET ini diharapkan agar para siswa-siswi dari luar negeri juga bisa menguasai dan menggunakan bahasa Inggris khas Malaysia untuk berkomunikasi dalam keseharian mereka nantinya.

Untuk itu, pelaksanaan MUET ini akan menilai kemampuan siswa-siswi dengan empat komponen ujian yang terdiri dari: listening (15%), speaking (15%), reading (40%) dan writing (30%) untuk masing-masing siswa, dengan standarisasi soal dan materi yang juga sudah setara dengan jenis tes yang lainnya.

Nah, seluruh komponen materi tersebut akan dinilai dengan sistem peringkat band, dimana nilai tertinggi ada di angka band 6. Namun syarat minimum untuk masuk ke sejumlah universitas Malaysia adalah berada di angka band 3 (modest user) dan band 4 (satisfactory user) sehingga jadi tidak harus sempurna di angka 6.

Dan MUET ini dinilai menawarkan keunggulan yang manarik, baik dari sisi harga yang lebih terjangkau dari tes lainnya yaitu sekitar RM 600 atau setara dengan kisaran Rp 2 juta, dan memiliki jangka berlaku sertifikat MUET ini yang cukup lama yaitu 5 tahun lamanya.

Maka dengan hadirnya program MUET yang kini sudah merambah Indonesia, diharapkan semakin memotivasi para siswa-siswi yang ingin kuliah di luar negeri khususnya Malaysia nantinya untuk mendapatkan kampus terbaik sesuai harapannya.

MUET Malaysia Perdana Digelar di KLIS Jakarta

Jujur saya pribadi baru mendengar nama Knowledge Link Intercultural School (KLIS) yang menjadi tempat perdana diadakannya tes MUET perdana di Jakarta ini. Makanya, kemarin saat sampai di sekolah ini saya cukup takjub, ternyata tempatnya bagus, bersih dan instagramble bangat.
Blogger mengunjungi tempat tes MUET Malaysia di KLIS Jakarta
Saya dan sahabat blogger berkesempatan mengunjungi KLIS tempat dilaksanakannya tes MUET Malaysia
Kebetulan KLIS yang saya datangi ini adalah KLIS Secondary (Knowledge Link Intercultural School Secondary) yang merupakan sekolah Internasional dan multikultural yang diperuntukan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Dan sebelumnya, K-LINK juga memiliki KLIS Primary berstandar Cambridge berbasisi pendidikan agama Islam yang berlokasi di kawasan Sentul, Bogor.

Selain berkonsep internasioanl, KLIS Secondary ini juga menghadirkan nilai-nilai Islami dalam program pendidikannya, sehingga tidak heran sekolah ini disebut-sebut sebagai salah satu sekolah islam terbaik. Sebab, KLIS  ingin hadir untuk menjawab keraguan orang tua dalam memilih pendidikan yang tepat bagi buah hatinya.

Selain itu, KLIS juga menyiapkan berbagai fasilitas terbaik untuk para muridnya yang berbasis ICT dan Project-Based Learning, sehingga semua murid siap untuk belajar secara ilmiah, nyaman dan menyenangkan.

Bahkan untuk pilihan ekstra kurikulernya, KLIS juga menghadirkan beragam kegiatan yang menarik untuk melatif fisik para siswanya seperti olahraga Golf, Horse Riding, Tennis, Archery dan Swimming sehingga bisa  membentuk pribadi siswa yang kuat dan tangguh untuk masa depan.
ruang tempat tes MUET Malaysia di KLIS Jakarta
Tempat tes MUET Malaysia di KLIS Secondary
Untuk itu, KLIS ini tak ingin hanya menghasilkan siswa yang cerdas secara akademik dan intelektualnya saja, namun juga ingin menghasil siswa-siswa yang bagus pemahaman agamanya, memiliki karakter yang luhur, mempunyai fisik yang prima, sehingga siap berkiprah di lingkungan yang berstandar internasional nantinya.

Hal ini juga diakui oleh Dato Radzi Saleh selaku Presiden Direktur K-Link Indonesia bahwa “Dengan pengajar yang berkualitas, dan bersertifikaasi internasional, kami siap mencetak generasi penerus bangsa yang berwawasan Internasional, kaya akan pengetahuan dan nilai-nilai Islam, dan juga memiliki rasa kepedulian tinggi sebagai individu yang  berkarakter luhur Indonesia.”


Melihat begitu banyak keunggulan yang dihadirkan oleh KLIS ini baik dari sisi fasiltas, kurikulum dan juga program pendidikannya yang luar biasa keren ini, maka saya tidak heran kenapa akhirnya KLIS yang terpilih sebagai sekolah untuk penyelenggaraan program MUET di Jakarta ini.  
KLIS tempat tes MUET Malaysia di jakarta
Dato Radzi Shaleh (Presiden Direktur K-Link), sedang menunjukan ruangan dan fasilitas yang ada di KLIS kepada Bapak Zainal Abidin Bakar (Duta Besar Malaysia untuk Indonesia)
Dan atas terpilihnya KLIS sebagai penyelenggaraan MUET ini, Dato Radzi Saleh menyampikan bahwa “Suatu kebanggaan KLIS mendapatkan kepercayaan penyelenggaraan MUET dari Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia dan Education Malaysia Indonesia. Mereka percaya pada komitmen KLIS, kemampuan dan fasiltas KLIS yang berbasis ICT dan Project-Based Learning memberikan stimulus yang luar biasa untuk kemajuan pendidikan anak.”

Kerjasama semacam ini bukan yang pertama bagi KLIS Secondary, karena sebelumnya, KLIS juga pernah bekerja sama dengan University Sultan Ahlan Shah dan Madina Institute dalam pengaplikasian kurikulum pendidikan Islam yang meliputi tahfiz Quran, bahasa Arab dan Islamic studies, sehingga dalam kurikulum pengajaran, KLIS Secondary menggunakan kurikulum Oxford AQA yang diselaraskan secara dinamis dengan silabus di Indonesia. 

Sungguh KLIS ini merupakan sekolah yang tepat buat anak-anak menimba ilmu, sebab di sini konsep pendidiknya benar-benar memikirkan untuk dunia dan juga akhirat, makanya kelak jika saya sudah punya anak, saya pengen anak saya bisa menuntut ilmu di sekolah KLIS yang bagus ini. Aamiin...


Sekilas Tentang Produk K-Link Indonesia

Sungguh luar biasa ya K-Link ini, ternyata punya sekolah juga di Indonesia. Jujur selama ini saya mengenal K-Link Indonesia ini hanya sebagai salah satu anak perusahaaan dari K-Link International yang berkantor pusat di Kuala Lumpur – Malaysia.

Dan perusahaan ini masuk di Indonesia pada bulan Mei 2002 silam, namun seiring waktu kian tumbuh menjadi salah satu perusahaan Multi Level Marketing (MLM) terkemuka di Indonesia yang menjual beragam produk kebutuhan masyarakat, seperti produk-produk suplemen kesehatan, perawatan tubuh, kecantikan, UIE, serta beberapa produk perawatan kendaraan bermotor dan rumah tangga.

Dan saya pribadi merupakan pengguna produk K-Link, selain menggunakan beberapa produk personal care K-Link, saya juga sangat suka dengan beberapa produk lainnya seperti aneka minuman yang dimiliki oleh K-Link. Dan saat ini saya lagi senang mengkonsmsi produk Golden Valley Minuman Herbal Rooibos celup.
Golden Valley Herbal Minuman Herbal Rooibos Celup kaya antioksidan
Nah, minuman yang diproduksi oleh K-Link ini merupakan salah minuman herbal yang mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk memberikan kekebalan bagi tubuh kita, karena memiliki racikan dari bahan-bahan alami sejenis teh dengan nama Aspalathus Linearis dari daerah pegunungan Cedarberg di Afrika Selatan.

Dan yang saya sukai dari produk ini karena memiliki kualitas yang bagus yaitu karena diproses tanpa bahan-bahan pengawat dan zat kimia serta tidak mengandung kafein, sehingga produk ini biasa saya gunakan sehari-hari dan pastinya bagus untuk kesehatan saya.

Minuman ini rasanya nikmat, aroma duriannya terasa bangat
Oh iya, selain itu, saya juga saat ini lagi senang dengan minuman K-C Minuman serbuk kopi rasa durian yang rasanya nikmat bangat. Awalnya minuman ini direkomendasikan teman, dan ternyata setelah saya coba sendiri, minuman ini benar-benar bikin saya jatuh cinta, rasa dan juga aroma duriannya bikin saya selalu semangat lagi.

Dan untuk membuat minuman ini sangat praktis bangat, dimana cara membuatnya gampang bangat, yaitu kita cukup mencampurkan 1 bungkus K-C Minuman serbuk kopi rasa durian  ke dalam gelas lalu ditambahkan 150 ml air panas, kemudian aduk sampai rata dan langsung bisa dinikmati loh. :)

kado buat si dia agar makin cantik dengan produk K-Beau Careline D'Flora
Dan kemarin saat lihat produk-produk K-link, saya juga memilih membeli produk K-Beau Careline D’Flora sebagai hadiah buat si dia, kebetulan dia mau ulang tahun. Dan saya sengaja memilih produk ini karena sudah ada sepaket perlengkapan dandan yang dibutuhkan si dia buat menunjang penampilannya setiap saat.

Yups, produk dengan Brand Ambassador Nissa Sabyan ini memiliki rangkaian produk yang terdiri dariada CC Cream foundation, loose powder, dan lip perfection yang dibuat dengan bahan pilihan terbaik sehingga sepertinya akan cocok digunakan oleh si dia setiap harinya, dan saya berharap bisa bikin dia makin cantik mempesona nantinya. Aamiin… :)

Dam sebenarnya, masih banyak bangat lagi sih produk dari K-Link ini, jika teman-teman ingin melihat atau membeli produk-produk yang dipasarkan oleh K-Link di Indonesia, maka teman-teman bisa membelinya secara online saja, dengan mengunjungi www.k-net.co.id ataupun langsung bisa mendatangi berbagai stokis K-Link terdekat yang ada di berbagai lokasi.



No comments:

Post a Comment