Google Hadirkan Question Hub


apa itu Question Hub

Siapa yang tidak tahu Google? Rasanya di zaman sekarang mustahil tidak ada yang tak tahu Google, sebab keponakan saya yang masih di TK saja sudah sangat akrab dengan Google, minimal untuk mencari berbagai gambar-gambar kesukaannya.

Dan di era sekarang ini, tidak bisa kita pungkiri, kehadiran Google sudah menjadi bagian dari kebutuhan kita setiap harinya, tempat kita bertanya banyak hal terkait dengan banyak pertanyaan yang sulit kita jawab sendiri. 

Bahkan konon katanya, ada 6 miliar pencarian baru setiap harinya. Tentu hal ini menunjukan betapa banyak masyarakat yang menggunakan Google sebagai wadah untuk mencari jawaban dari berbagai pertanyaan yang ada.

Ya, saya pribadi pun begitu, selalu menggunakan Google sebagai tumpuan saya untuk bertanya banyak hal. Sebab saya meyakini,  Google itu laksana sosok pintar dengan pengetahuan yang tak terbatas, dia memiliki semua jawaban untuk setiap pertanyaan yang dihadirkan padanya. 

Namun ternyata, tidak semua pertanyaan bisa dijawab oleh Google, atau masih ada banyak pertanyaan orang-orang yang tidak berhasil menemukan jawabannya secara terperinci sesuai dengan keinginan mereka dari Google. Dan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti ini, maka Google menghadirkan Google Question Hub.

Apa itu  Google Question Hub?

Jujur awalnya saya juga tidak tahu apa itu Google Question Hub ini. Namun berkat ajakan dari Komunitas Dear Blogger Net (DBN) yang mengajak saya dan beberapa blogger berkunjung ke kantor Google yang berada di Gedung Pacific Century Place - SCBD beberapa waktu yang lalu, maka saya jadi mengerti tentang Question Hub ini.
Ini kami para Blogger DBN foto bareng Mba Fiana (Baju Putih tengah) dari Google
Dan membahas tentang Question Hub ini, kami ngobrol-ngobrol banyak dengan Mba Fiana Dwiyanti yang merupakan Community Manager untuk Question Hub di Indonesia di kantor Google yang sangat warna-warni dan juga nyaman bangat. 

Jadi, Question Hub ini merupakan produk terbaru dari Google, namun saat ini masih dalam versi beta. Pada dasarnya, kehadiran Question Hub ini bertugas untuk mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh orang-orang pada mesin pencarian namun tidak terjawab oleh Google.

Maka Google kemudian mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan topik dengan berbagai kategori yang beragam, dan kemudian memberikan informasi ini kepada publisher atau blogger agar bisa memanfaatkan pertanyaan-pertanyaan tersebut sebagai bahan untuk membuat konten yang lebih baik dan bervariasi, sekaligus untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut. 

Jadi bisa dibilang, kehadiran Question Hub ini memberikan manfaat bagi kita sebagai publisher atau blogger untuk mendapatkan daftar topik yang bisa kita jadikan bahan untuk ditulis di blog kita, sehingga tidak ada lagi alasan kehabisan ide buat menulis blog.

Selain itu, kita juga sekalian membantu orang lain menjawab berbagai pertanyaan yang ada, sehingga orang lain bisa menemukan jawaban dari pertanyaan yang mereka cari. Menariknya di sini, jika pertanyaan-pertanyaan orang tadi akhirnya terjawab melalui tulisan di blog kita, tentu hal ini akan berpengaruh dengan jumlah pengunjung ata view blog kita semakin bertambah sehingga hal ini sangat bagus untuk blog kita. Iya nggak? :)


Cara Menggunakan Question Hub

Untuk cara menggunakan Question Hub ini sangat mudah kok. Dimana pertama-tama kita harus mengakses Question Hub, lalu kemudian kita melakukan sign up atau registrasi dengan email dan blog yang kita miliki, kemudian kita harus pastikan bahwa kita sudah memiliki akun Google Search Console.
Cara menggunakan Question Hub ini gampang loh
Setelah itu, kita harus menghubungkan akun kita tersebut ke properti situs yang sudah diverifikasi di Search Console. Maka setelah itu, baru kita bisa mulai menggunakan Question Hub ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada.

Nah, cara kita menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut cukup mudah, yaitu kita bisa memilih pertanyaan-pertanyaan yang ada berdasarkan kategori yang ada, seperti Arts & Entertainment, Food & Drink, Finance, Games, Computers & Electronics, Book & Literature, Beauty & Fitness dan lain sebagainya.

Nah, dari begitu banyak pertanyaan tersebut, kita bisa memilih untuk menjawab pertanyaan yang mana hanya dengan memasukan link tulisan dari blog kita yang memiliki jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang ada, lalu setelah itu selesai

Hal serupa bisa kita lakukan untuk menjawab berbagai pertanyaan yang lain juga. Namun dalam hal ini, kita harus benar-benar memastikan bahwa link tulisan yang kita submit untuk menjawab pertanyaan tersebut benar-benar berisi topik yang relevan dan benar-benar menjawab pertanyaan. Jangan asal memasukan link dengan sembarangan.

Namun jika pertanyaan yang ada tidak kita sukai atau kita tidak mau menjawabnya, maka kita pun berhak untuk menolak untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan mengkik tombol ignore atau tolak, sehingga pertanyaan tersebut tidak akan muncul lagi di beranda kita nantinya.

Oh iya, namun jika ada pertanyaan yang menarik namun kita belum sempat untuk menuliskan artikel untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka kita bisa membintangi dulu pertanyaan tersebut, untuk kemudian kita jawab di kemudian hari. Dan cara ini bisa juga dibilang untuk menabung ide tulisan.

Jujur hal ini sangat menarik, membuat kreatifitas kita semakin terasah dalam menulis berbagai hal, karena kita sudah dihadapkan dengan begitu banyak pilihan topik yang bisa kita ulas sesuai dengan niche blog kita.

So, mari kita manfaatkan Question Hub ini, untuk memperkaya konten blog kita semakin bervariasi, dan mari juga kita niatkan untuk membantu menjawab pertanyaan orang lain yang sekaligus sebagai ladang beramal dan beribadah, semoga kelak bisa menjadi pahala di sisi Allah. Aamiin…


No comments:

Post a Comment