Cara Cerdas Berbelanja Aman dengan CEK KLIK



“Siapa yang suka belanja?” Saya yakin pasti banyak yang akan mengacungkan tangannya jika ditanya seperti ini, terlebih untuk berbelanja produk kebutuhan pangan, karena itu memang sudah menjadi kebutuhan pokok dalam keseharian kita untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup kita sehari-hari.

Namun sayangnya tak sedikit dari masyarakat kita yang saat belanja main ambil saja, tanpa mengecek dengan baik tentang kondisi produk yang kita beli dengan detail sebelumnya. Saya pribadi pun juga begitu, paling yang dicek pun hanya sekadar tanggal kadaluwarsanya saja.

Padahal sangat penting bagi kita sebagai konsumen untuk selalu teliti sebelum membeli produk pangan, agar kita terhindar dari produk yang berbahaya, sebab jika kita mengkonsumsi produk yang tidak layak dikonsumsi, itu banyak dampak buruknya bagi kesehatan kita, mulai dari tubuh mengalami alergi, sakit perut, diare, keracunan, dan berbagai ancaman kesehatan lainnya, bahkan paling buruknya bisa berujung pada kematian. Seram kan jika sudah begini?

Untuk itu, kita sebagai masyarakat harus mulai peduli dan menjadi konsumsen yang cerdas dalam membeli segala kebutuhan pangan yang kita miliki, agar kita tidak terjebak dalam masalah yang menyebabkan kerugian bagi diri kita sendiri.

Dalam upaya mengedukasi masyarakat akan pentingnya teleti sebelum berbelanja ini, maka Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga belum lama ini mengajak masyarakat untuk selalu menjadi konsumen yang cerdas. 

Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja

Untuk memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat luas terkait cara memilih produk pangan yang benar, maka pada Sabtu (07/09/2019) yang lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengadakan acara peluncuran program “Ayo Cek KLIK Sebelum Berbelanja” yang bertempat di Lippo Mall Kemang – Jakarta Selatan.

Acara ini dikemas dengan sangat menarik, mulai dari dibuka dengan persembahan drama musical, berbagai kuis, performance khusus Rio Febrian, hingga ada juga talkshow seru yang membahas tentang pentingnya Cek KLIK sebelum berbelanja.

Dan hadir dalam talkshow “Ayo Cek KLIK, Pilih Obat dan Makanan yang Aman” ini ada Ibu Penny K. Lukito selaku Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Bapak Tulus Abadi selaku Ketua Yayasan Lemabaga Konsumen Indonesia (YLKI), Bapak Ojak S. Manurung selaku Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Kementeri Perdagangan, Bapak Fathurrahman, S.T Wakil Ketua Umum DPD Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Mba Ussy Sulistiawaty mewakili masyarakat serta Mas Ananda Omesh sebagai Host.
Talkshow dengan tema "Ayo Cek KLIK, Pilih Obat dan Makanan yang Amana dengan Narasumber (Kiri - Kanan): Ananda Omesh (Host) - Bapak Ojak (Kementerian Perdaganngan) - Ibu Penny (Kepala Badan BPOM) - Bapak Tulus (Ketua YLKI) - Bapak Faturrahman (Aprindo) - Mba Ussy (Perwakilan Konsumen)
Dijelaskan oleh Ibu Penny, bahwa Badan POM sebagai instansi yang mengawasi peredaran obat dan makanan di Indonesia, berkewajiban untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat sebagai konsumen, salah satunya melalui program edukasi yang berkesinambungan seperti ini, agar masyarakat semakin sadar untuk tidak sembarang membeli produk yang tidak aman bagi kesehatan mereka.

Bahkan Ibu Penny menambahkan bahwa “Dengan kampanye Cek KLIK ini, masyarakat diedukasi untuk menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya dalam melindungi diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya.” 

Apalagi kita tahu, belakangan ini semakin banyak jumlah produk obat dan makanan yang beredar baik dari dalam negeri maupun produk impor. Selain itu, gencarnya penjualan produk secara online yang dibarengi iklan dengan promosi berupa diskon yang menggiurkan membuat perilaku masyarakat menjadi lebih konsumtif.

Untuk itu, melalui momentum ini, Ibu Penny mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas dengan selalu melakukan Cek KLIK sebelum melakukan belanja berbagai produk pangan yang dibutuhkan agar #BelanjaAman tanpa masalah.

Dimana Cek KLIK sendiri merupakan sebuah tindakan cerdas yang harus dilakukan oleh konsumen sebelum membeli produk apapun, yaitu dengan melakukan Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kadaluwarsa produk sebelum berbelanja. 
Peluncuran Program Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja secara resmi diluncurkan oleh Ibu Penny dan semua narasumber
Proses Cek KLIK ini perlu dilakukan untuk mengajak masyarakat sebagai konsumen supaya selalu jeli dan teliti dalam memilih produk yang akan dibelinya, bukan sembarang memilih produk begitu saja, namun harus bijak dan cerdas supaya tidak salah memilih produk.

Maka dari itu, BPOM mengajak masyarakat selaku konsumen untuk selalu menerapkan tips belanja aman sebagai konsumen cerdas dengan selalu melakukan CEK KLIK sebelum membeli produk apapun, dengan selalu mengecek:
ü  Cek Kemasan yaitu kita harus memastikan produk yang kita beli tersebut masih utuh dan kemasan produk dalam kondisi baik, misalnya tidak sobek, tidak berlubang, tidak karatan, tidak penyok, dan lain sebagainya.

ü  Cek Label yaitu kita harus membaca informasi produk yang tertera pada label dengan cermat. Seperti apa saja komposisinya, seperti apa takaran gizinya, bagaimana cara penyimpan produknya, dicermati zat-zat apa yang digunakan untuk membuat produk tersebut, dan lain sebagainya.

“Sesuai dengan Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan, label produk pangan harus memuat nama produk, daftar bahan yang digunakan, berat bersih atau isi bersih, nama dan alamat pihak yang memproduksi atau mengimpor, halal bagi yang dipersyaratkan, tanggal dan kode produksi, tanggal, bulan, dan tahun kedaluwarsa, nomor izin edar bagi Pangan Olahan; dan asal usul bahan Pangan tertentu.”

ü  Cek Izin Edar yaitu kita harus memastikan bahwa produk tersebut memiliki izin edar dari BPOM, maka dari itu kita bisa mengeceknya langsung nomor izin edar dari BPOM dengan mengunjungi website BPOM www.pom.go.id, HaloBPOM 1500533, atau bisa cek langsung melalui aplikasi BPOM Mobile yang bisa kita download di smartphone kita.

ü  Cek Kadaluwarsa yaitu kita harus memastikan bahwa produk yang ingin kita beli tersebut tidak melebihi masa kadaluwarsanya, karena produk yang kadaluwarsa itu bukan saja tidak enak rasanya, namun juga bisa mengancam kesehatan kita.

Saya lagi menerapkan tips Cek KLIK sebelum berbelanja
Selain itu, yang sangat penting juga kita perhatikan yaitu cara menyimpan produk yang tertera pada label kemasan supaya produk yang kita beli tidak cepat rusak. Misalnya produk yang harusnya disimpan di suhu dingin, namun disimpan di suhu ruangan maka akan cepat rusak, begitu juga dengan produk yang terkena matahari langsung akan mempengaruhi kandungan nutrisi yang ada dalam makanan tersebut. 

Nah, dengan semakin banyak masyarakat yang melakukan tips CEK KLIK ini, Ibu Penny berharap masyarakat bisa mendapatkan produk pangan berupa makanan, obat dan kosmetik yang aman dan berkualitas untuk dikonsumsi sehari-harinya, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang merasakan dirugikan ketika mendapatkan produk yang bermasalah.

Cek Produk Pangan Semakin Mudah dengan Aplikasi BPOM Mobile

Dalam acara ini, Ibu Penny juga menjelaskan bahwa kini BPOM sudah menghadirkan aplikasi mobile yang bernama BPOM Mobile (2D Barcode) yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mengecek produk pangan yang akan dikonsumsinya.

Dimana diakui oleh Ibu Penny bahwa kehadiran aplikasi BPOM Mobile ini memudahkan masyarakat dalam melakukan pengecekan produk obat dan makanan yang terdaftar di BPOM. Jadi pengguna aplikassi ini hanya perlu melakukan scanning 2D barcode pada label produk, maka nanti segala informasi tentang produk tersebut akan muncul.
BPOM Hadirkan Aplikasi BPOM Mobile untuk memberikan kemudahan Cek Produk bagi masyarakat
Tentu saja kehadiran aplikasi ini sejalan dengan maraknya penjualan produk pangan melalui online. Untuk itu, aplikasi BPOM Mobile (2D Barcode) ini akan memberi kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pengecekan produk yang terdaftar melalui scanning 2D barcode pada label produk.

Bahkan penerapan 2D barcode ini telah diatur dalam Peraturan Kepala Badan POM No. 33 tahun 2018 tentang Penerapan 2D Barcode dalam Pengawasan Obat dan Makanan. Baik Obat dan Makanan yang diproduksi dan diedarkan di dalam negeri dan/atau yang diimpor untuk diedarkan di wilayah Indonesia.

Namun, selain berguna untuk mengecek produk, Aplikasi BPOM Mobile ini juga bisa digunakan untuk melakukan pengaduan terhadap suatu produk, serta mendapatkan berita terbaru dari Badan POM sehingga masyarakat tidak ketinggalan berita baru lagi dari BPOM.

Untuk itu, kemarin saya pun langsung mendownload aplikasi BPOM Mobile ini melalui Google Play (tersedia juga di App Store) karena penasaran ingin mencobanya. Dan ternyata cara menggunakan aplikasi BPOM Mobile ini sangat mudah, yaitu langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.     Setelah mendownload aplikasi BPOM Mobile, maka kita langsung melakukan registrasi dengan memasukan email, nama lengkap, nomor telephone, dan password.
Proses registrasi pada Aplikasi BPOM Mobile
2.   Setelah itu login dengan email dan password yang sudah didaftarkan tadi maka akan muncul 4 menu utama, yaitu Cek Produk, Riwayat Scan, Berita dan Pengaduan.
Empat Menu Utama yang ada pada Aplikasi BPOM Mobile
3.    Ambil produk yang ingin kita cek, lalu tekan menu Cek Produk pada aplikasi BPOM Mobile hingga terbuka kamera yang siap melakukan scan barcode produk tersebut.

4.       Jika barcode berhasil di scan maka akan muncul notifikasi “Produk Dikenali”.
Contoh tampilan saat kita berhasil scan barcode produk
 5.   Dan setelah itu akan muncul detail informasi produk yang berisi: Nomor Izin Edar dan/atau nomor identitas produk yang berlaku, nomor bets atau kode produksi, tanggal kedaluwarsa, dan nomor serialisasi.
Beginilah contoh tampilan daftar produk akan menampilakan segala informasi terkait produk yang sudah kita scan
Sungguh praktis dan cepat bangat sekarang jika kita ingin mengecek produk yang ingin kita beli dengan kehadiran aplikasi BPOM Mobile ini. Dan menurut saya ini sangat membantu bangat sehingga masyarakat bisa semakin yakin untuk memilih, membeli, dan mengonsumsi produk obat, makanan, kosmetik yang aman dengan cara yang mudah.

Namun jika pada produk belum mencantumkan 2D Barcode atau ada tetapi tidak dikenali? Maka tidak perlu khawatir, karena diakui oleh Ibu Penny bahwa penerapan 2D Barcode ini masih dilakukan secara bertahap sehingga belum semua produk sudah memiliki 2D Barcode ini.

Maka untuk mengecek produk tersebut, maka kita bisa cek kembali dengan memasukan Nomor Izin Edar pada aplikasi BPOM Mobile atau mengunjungi website BPOM www.pom.go.id, menelphone ke HaloBPOM 1500533 saja.

BPOM dan APRINDO Bersinergi Memasang Edukasi Cek KLIK

Dan dalam kesempatan ini, Ibu Penny dan seluruh narasumber yang hadir dalam acara ini, Bapak Tulus Abadi, Bapak Ojak, Bapak Fathurrahman dan juga Mba Ussy mendatangi pusat perbelanjaan Hypermart yang ada di Lippo Mall Kemang untuk memeriksa dan mensosialisasikan program #AyoCekKLIK agar belanja aman kepada pengunjung seraya mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas.

Dan Ibu Penny menilai, bahwa untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat seperti ini tentu butuh bantuan semua pihak, dan  bukan hanya menjadi tanggung jawab BPOM saja. Namun, juga pelaku usaha dan lintas sektor terkait termasuk asosiasi dan lembaga sosial masyarakat.
Ibu Penny sedang memasang materi edukasi Cek KLIK pada display produk agar masyarakat semakin sadar untuk memilih produk yang aman
Dan dalam hal ini, salah satunya, BPOM selalu membangun kerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Dimana salah satu wujud nyata sinergisme BPOM dengan Aprindo adalah dengan pemasangan materi edukasi Cek KLIK pada display counter di sarana ritel seluruh Indonesia.

Sungguh senang saya melihat kerjasama seperti ini. Dan keterlibatan pelaku usaha ritel ini sekaligus menunjukan salah satu bentuk tanggung jawab pelaku usaha dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen melalui edukasi bagi konsumen di sarana ritel sehingga konsumen aman dalam memilih produk yang berkualitas.
BPOM dan APRINDO bersinergi untuk mengedukasi masyarakat dengan memasang materi edukasi Cek KLIK pada display produk pada sarana ritel di seluruh Indonesia
Semoga semua langkah edukasi yang dilakukan oleh BPOM dan Aprindo dengan memasang materi edukasi Cek KLIK pada display counter ini bisa untuk meningkatkan awareness masyarakat terkait pentingnya Cek KLIK dengan teliti dalam memilih dan mengkonsumsi berbagai produk pangan sehingga masyarakat terbebas dari segala kerugian dari produk pangan yang bermasalah.

“Tugas memastikan pangan yang dikonsumsi masyarakat aman, bukan hanya tugas Pemerintah, tetapi juga pelaku usaha dan masyarakat sebagai konsumen itu sendiri.” Ungkap Ibu Penny.
Saatnya menjadi konsumen cerdas dengan selalu Cek KLIK sebelum belanja
Untuk itu, mari teman-teman semua kita terus selalu membudayakan Cek KLIK setiap kali kita memilih dan membeli produk apapun, karena dengan menerapkan prinsip “Cek KLIK Sebelum Belanja” maka kita telah menyelamatkan diri kita dan keluarga kita dari produk-produk yang berbahaya.

*****

#AYOCEKKLIK!
SAATNYA KITA JADI KONSUMEN CERDAS.


No comments:

Post a Comment