Saatnya Gunakan Grab for Business ke Mana pun Kamu Pergi



“Duuuh, maaf saya telat, karena tadi macet bangat di jalan.” alasan macet seperti ini sudah menjadi alasan paling klasik yang sekarang tak bisa lagi dibenarkan, terutama bagi kita yang tinggal di Jakarta, karena setiap hari Ibu kota ini memang kenyataanya tak pernah sepi. 

Makanya saya selalu berusaha untuk berangkat lebih awal saat bekerja atau menghadiri event atau acara blogger, supaya tidak pernah telat dan menjadikan kemacetan di jalanan sebagai alasan untuk membenarkan keterlambatan saya.

Bahkan saya pribadi selalu mengandalkan ojek online jika memang waktu sudah begitu mendesak untuk cepat sampai di tempat kerja atau event blogger, karena motor biasanya lebih lincah untuk meliuk-liuk di antara kemacetan yang ada, sehingga saya pun bisa sampai dengan cepat di tempat tujuan.

Makanya, sekarang bisa dibilang, dalam keseharian saya, ojek online terutama Grab menjadi andalan saya untuk beraktivitas sehari-hari, karena selalu bisa saya andalkan untuk mengantarkan saya dengan cepat, aman dan nyaman kemana pun tujuan saya.

Ngobrol Produktif Bareng Grab!

Dan kini menggunakan Grab semakin menyenangkan karena kini Grab menghadirkan fitur baru yang akan memberi kebahagiaan lebih bagi para penggunannya, terutama bagi kita yang menekuni bisnis atau pun pekerja karena fitur ini memberikan banyak keuntungan yang menarik.

Yups, kini Grap telah hadir dengan fitur Grab For Business, dan saya pun baru tahu tentang fitur ini saat saya menghadiri acara “Ngobrol Produktif bareng Grab” yang diprakarsai oleh Grab dan juga Kompas yang bertempat di IGIO Senopati Jakarta Selatan pada Rabu, 28 Agustus 2019 yang lalu.
Ngobrol Produktif bareng Grab dengan dipandu oleh Ibu Nabila (kiri) - Ibu Olivua Yoviani (tengah) - Ibu Shanti Iriani (kanan)
Hadir dalam acara ini, ada Ibu Shanti Iriani selaku Corporate Culture Partner Grab Indonesia dan Ibu Olivia Yoviani selaku Partnership Grab For Business sebagai pembicara yang akan memberikan informasi penting seputar Grab dan perkembangannya hingga saat ini, dan acara ini dipandu oleh Ibu Nabila sebagai host-nya.

Kenali VUCA dan Lawan dengan VUCA

Dimana sharing pertama dibuka oleh Ibu Shanti Iriani selaku Corporate Culture Partner Grab Indonesia yang membahas tentang bagaimana kita melihat dan menanggapi segala sesuatu dalam hidup ini, termasuk untuk urusana pekerjaan, bahwa hidup ini tidak selamanya berjalan lurus, pasti akan ada tantangan yang hadir, begitu juga dengan di dunia bisnis ataupun dunia kerja.

Diakui oleh Ibu Shanti bahwa, salah satu tantangan yang harus dihadapi dalam kehidupan ini, terutama dalam dunia bisnis adalah VUCA, yaitu yang merupakan singkatan dari Volatile (bergejolak), Uncertain (tidak pasti), Complex (kompleks), dan Ambigue (tidak jelas) merupakan gambaran situasi di dunia bisnis di masa kini.
Apa itu VUCA?
Dimana volatility menjelaskan bahwa di dunia ini tidak ada yang abadi, selalu akan ada perubahan, bahkan perubahan itu bisa terjadi dengan sangat cepat dalam berbagai hal. Sebagai contohnya, dulu siapa sih yang pernah berpikir akan berprofesi menjadi blogger? Bahkan dulu kata “Blogger” begitu asing, namun kini blogger menjadi salah satu profesi baru di era digital saat ini.

Sedangkan uncertainty bermakna sulitnya memprediksi isu dan peristiwa yang saat ini sedang terjadi. Contohnya, siapa yang dulu pernah membayangkan akan ada transportasi online? Namun kini transportasi online seperti Grab kini begitu buming, siapa kini yang tak mengenal Grab? 

Namun, complexity adalah adanya gangguan dan kekacauan yang mengelilingi setiap perusahaan atau bisnis, dimana banyak sekali faktor yang harus dilihat dan dipikirkan ketika akan mengambil satu keputusan. Dan ambiguity didefinisikan sebuah keadaan yang terasa mengambang dan kejelasan masih dipertanyaakan. Hal ini sama seperti dulu ketika Grab pertama kali hadir, banyak hal yang dipertanyakan, namun setelah Grab tumbuh besar, akhirnya terjadi regulasi-regulasi seperti sekarang ini.

Ya, kita tidak bisa lari dari VUCA ini, namun kita harus mencari cara bagaimana merangkul dan menjawabnya sehingga bisa tetap bertahan dan selaras dalam sifat VUCA tersebut. Nah, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjawab tantangan VUCA di atas dengan rumus VUCA juga seperti berikut ini:
ü  Visionary Leader yaitu kita harus menanamkan dalam diri kita sendiri, bahwa kita adalah leader atau pemimpin, minimal untuk diri kita sendiri. Dan kita harus dapat membaca tren masa depan dan mampu menyesuaikan diri dengan berbagai situasi, kita harus punya visi seorang pemimpin. Kita harus membayangkan masa depan kita mau seperti apa, kita harus menggambarkan secara visual tujuan kita ke depan secara jelas, dan langkah seperti apa yang akan kita lakukan untuk mencapai tujuan itu.

Sebagai contoh, kita harus sudah memikirkan akan seperti apa blogger 5 tahun ke depan? Apakah akan tergeser dengan profesi lain atau tidak, langkah apa yang harus kita lakukan untuk menjawab hal itu di masa mendatang semua harus jelas.

ü  Unleash the (hidden) potentials yaitu potensi manusia sejatinya sangat tak terbatas, namun terkadang kita tak menyadari bahwa kita sebenarnya punya banyak potensi, untuk itu kita harus belajar tentang bagaimana menggali potensi yang kita punya, maka selanjutnya kita harus kembangkan potensi tersebut, kita tampilkan potensi yang ada agar kita semakin berkembang. Stay relevant, jangan berhenti belajar dan belajar. 

Hal itu jugalah yang dilakukan oleh Grab, jika dulu hanya ada GrabBike dan GrabCar saja, namun seiring waktu, Grab terus menggembangkan berbagai potensi bisnis yang lain di dalamnya sehingga bisa semakin berkembang seperti sekarang ini. 

ü  Change agent yaitu kita harus menjadi agen perubahan, jangan pernah menunggu orang lain yang mengubah keadaan kita. Kemudian kita harus berani memvisualisasikan apa yang menjadi tujuan yang ingin kita capai. Setelah itu, kita harus disiplin untuk mewujudkan impian kita tersebut, dan terus memotivasi diri kita sendiri bahwa kita akan bisa meraih impian tersebut, jangan tunggu orang lain yang memotivasi kita untuk mencapai impian kita. Dan jangan lupa melakukan perayaan (meskipun itu kecil) ketika kita telah berhasil mencapai tujuan kita.  

Begitu juga dengan hadirnya Grab sebagai agen perubahan, dimana sekarang banyak masyarakat menjadi driver Grab sehingga bisa mengurangi pengangguran, ada banyak warung, pedagang kecil, hingga pemilik restoran yang penjualan meningkat karena adanya GrabFood, dan banyak pegawai kantoran yang tidak lagi telat dengan adanya GrabBike, dan masih banyak lagi yang lainnya.   

ü  Agility Builder yaitu seberapa fleksibelkah kita komit dan mau berubah dalam menghadapi tantangan yang ada. Hal ini penting, karena selalu akan ada resiko dari sebuah pilihan yang kita ambil, dan kompetensi kita mungkin tidak relevan lagi dengan hal itu, maka kita harus mau dan berani ambil resiko, dan terus ada keinginan untuk belajar, karena hal itu adalah kunci untuk meraih kesuksesan di masa mendatang.

Sungguh penjelasan Ibu Shanti ini membuka mata saya, tentang bagaimana kita melihat VUCA sebagai tantangan saat ini dalam berbagai lini kehidupan kita. Dan saya setuju dengan empat langkah yang telah dipaparkan di atas, bahwa untuk menghadapi VUCA maka kita pun harus Let’s be VUCA!

Saatnya Pisahkan Perjalanan Pribadi & Bisnis

Selanjutnya ada sharing dari Ibu Olivia Yoviani selaku Partnership Grab For Business yang membahas tentang bagaimana perkembangan Grab hingga saat ini, serta penjelasan menarik seputar hadirnya fitur Grab for Business.
Grab telah hadir di 230 kota di Indonesia
Dimana diakui oleh Ibu Olivia bahwa Grab kini merupakan sebuah platform nomor 1 online-to-offline di Asia Tenggara, bahkan aplikasinya telah didownload sebanyak 144 juta downloader, dan telah digunakan di lebih dari 300 kota yang tersebar di berbagai negara seperti Myanmar, Thailand, Kamboja, Singapura, Vietnam, Filipina, Malaysia dan di Indonesia sendiri Grab sudah ada di 230 kota yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. 

Dan kehadiran Grab bukan hanya sekadar menjadi transportasi saja, tetapi Grab telah bertransformasi menjadi Everyday Super App yang bisa membantu segala kebutuhan masyarakat dalam kesehariannya dengan mudah hanya lewat aplikasi. 

Bahkan kini, kehadiran Grab telah memberi kontribusi terhadap perekonomian Indonesia baik di bidang transport, logistik, pengiriman makanan, pembayaran dan lain sebagainya sebanyak Rp 48,9 Triliun banyaknya. Bahkan, telah terjadi peningkatan rata-rata penghasilan mitra pengemudi GrabCar 114% - Rp7 Juta/bulan dan GrabBike 113% - Rp4 Juta/bulan. Bahkan Merchant GrabFood juga menikmati peningkatan pendapatan sebesar 60% sehingga meningkatkan penjualan GrabFood secara rata-rata hingga 25% di 5 kota.
Grab turut berkontribusi untuk ekonomi Indonesia
Sungguh kita patut bersukur dengan kehadiran Grab, karena telah terbukti mampu membawa banyak perubahan bagi masyarakat menjadi lebih baik dari yang sebelumnya, khusunya bagi para Mitra Agen, Mitra Merchant, Mitra Pengemudi, hinggga Perusahaan dan Bisnis.

Nah kini, Grab pun menghadirkan fitur Grab for Business yang menjadi solusi digital yang menghubungkan karyawan, pelanggan, dan klien kita dengan berbagai kebutuhan bisnis harian mereka, baik melayani kebutuhan mobilitas (GrabBike, GrabCar, Grab Express, Transportasi Club) dan memberikan pengalaman (memenuhi kebutuhan makanan dan minuman dengan GrabFood) serta berbagai nilai tambah yang menguntungkan bagi kita sebagai pengguna Grab (Grabfresh, GrabGift, GrabRewards).

Ya, Grab for Business pada dasarnya merupakan sebuah fitur baru yang akan membantu kita untuk memisahkan perjalanan pribadi dan perjalanan bisnis di aplikasi Grab yang kita miliki dengan mudah sehingga memberikan kejelasan terkait seberapa banyak pengeluaran kita untuk bisnis yang kita jalani.
Ayo mulai dengan Profile Bisnis #KemanapunKamuPergi
Dimana dengan menggunakan fitur Grab for Business ini maka kita bisa merasakan berbagai manfaat, di antaranya yaitu: pengaturan pengeluaran lebih mudah, karena dengan adanya fitur Grab for Business ini kita akan mendapatkan tanda terima perjalanan dan laporan mingguan atau bulanan perjalanan bisnis kita secara langsung melalui email kita, sehingga kita bisa mengatur pengeluaran menjadi lebih detail, lalu bisa menghemat cost, bahkan bisa menghemat waktu dan pelaporan pengeluaran terutama bila fitur ini digunakan pada sektor corporate portal atau perusahaan.
 
Namun yang pasti, dengan menggunakan fitur Grab for Business ini maka kita pun bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang menarik, mulai dari berbagai promo diskon menarik sampai dengan hadiah keren yang menyenangkan.


Cara Setting Grab ke Profile Bisnis


Nah, untuk bisa merasakan berbagai manfaat menggunakan fitur Grab for Business ini, maka kita harus terlebih dahulu menyetting aplikasi Grab kita ke Profile Bisnis, maka kemarin di acara ini saya pun langsung mulai menyetting profile saya dengan tambahan tag bisnis ini karena saya pun ingin merasakan langsung seperti apa menggunakan fitur ini.

Dan ternyata cara untuk setting fitur Grab for Business ini sangat mudah bangat saat saya coba. Nah, ini saya bagikan cara-cara setting Grab ke Profile Bisnis sebagai berikut:

1.       Buka menu profile pada aplikasi Grab yang kita miliki
2.       Pilih “Add a Business Profile” di bawah  profile kita
3.       Masukan email kita yang akan menerima segala notifikasi terkait Grab for Business ini
4.       Masukan verification code yang di kirimkan oleh Grab ke email kita tersebut
5.       Setelah proses verifikasi OK, kita sudah siap “Pesan” perjalanan bisnis kita dengan Grab

Namun sebelum melakukan langkah-langkah di atas, sebaiknya kita melakukan update aplikasi Grab kita ke versi terbaru terlebih dahulu supaya fitur Grab for Business ini akan muncul di aplikasi Grab kita ya teman-teman.

Pengalaman Menggunakan Profile Bisnis

Setelah selesai setting aplikasi Grab saya ke fitur profile bisnis maka saya pun langsung mencoba untuk merasakan pengalaman menggunakan Grab for Business ini, ternyata cara menggunakannya sangat gampang bangat sih menurut saya.

Memang sih, belum genap sebulan ini saya mengaktifkan fitur Profile Bisnis ini, namun selama saya menggunakannya sama saja dengan menggunakan Grab pada umumnya, hanya kita perlu mengganti label personal menjadi label bisnis saja setiap kali kita mau pergi kerja atau menjalankan rutinitas pekerjaan atau bisnis yang kita kerjakan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menggunakan fitur Grab for Business ini setiap mau pergi dengan Grab, yaitu hanya mengganti tag personal menjadi tag business seperti gambar berikut ini.
Cara mengubah tag Personal ke tag Business sangat mudah

Gampang bangat bukan menggunakan fitur Grab for Business ini? Dan setiap kita selesai menggunakan perjalanan menggunakan fitur Grab for Business ini maka kita akan mendapatkan Grab E-Receipt yang berisi detail informasi perjalanan kita tersebut melalui email yang kita daftarkan Grab for Business seperti berikut ini.
Salah satu contoh Grab E-Receipt dari perjalanan saya menggunakan Grab for Business
Bukan itu saja loh, kita pun bisa mendapatkan laporan perjalanan bisnis kita bersama Grab ini baik secara mingguan (weekly) ataupun bulanan (monthly) sesuai dengan pengaturan Trip Statement yang kita inginkan pada aplikasi Grab kita.

Dimana dengan adanya laporan mingguan atau bulanan yang kita terima terkait perjalanan bisnis yang kita lakukan dengan Grab for Business ini, maka hal ini tentu saja sangat membantu mempermudah sekaligus menghemat waktu kita dalam membuat laporan keuangan, terutama terkait biaya transportasi.
Penggalan contoh weekly report yang saya terima di email setelah menggunakan Grab for Business
Maka dengan adanya Grab E-Receipt dan laporan mingguan atau bulanan ini, maka kita pun bisa melihat dengan detail seperti apa perjalanan bisnis yang telah kita lakukan. Dan hal seperti ini sangat membantu memudahkan kita merekap perjalanan, terutama bagi karyawan yang kerap disuruh reimburse ke perusahaan setiap kali melakukan perjalanan bisnis atau tugas di luar kantor, maka kini bisa tinggal melampirkan Grab E-Receipt atau laporan mingguan/bulanan perjalanan tersebut sebagai buktinya.

Selain itu, semakin sering kita menggunakan Grab dengan tag bisnis ini, maka kita pun bisa merasakan banyak manfaat lain yang lebih seru dan menyenangkan, mulai dari promo berupa diskon hingga berbagai hadiah menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Naik Grab dengan Tag Bisnis Banyak Untungnya

Nah, setelah saya mencoba menggunakan Grab for Business untuk berbagai perjalanan terkait pekerjaan saya, maka saya bisa merasakan langsung manfaatnya berupa weekly rewards yaitu promo potongan harga yang sangat menguntungkan bangat untuk saya.

Dan karena saya sering menggunakan Grab dengan tag bisnis ini setiap hari untuk segala perjalanan bisnis (pekerjaan) saya, maka saya pun langsung mendapatkan weekly rewards berupa kode promo yang memberikan potongan harga 15 ribu untuk 6 kali perjalanan. Asyik bangat kan? :) 
Contoh kode voucher UNTUNGBENGET yang akan kita terima jika kita sudah melakukan perjalanan dengan Grab Bisnis lebih dari 7 kali

Nah, untuk bisa mendapatkan weekly rewards seperti saya ini maka kita harus menggunakan tag bisnis setiap kali melakukan perjalanan bisnis sehingga tiap minggunya kita bisa menikmati promo RabuUntung Pangkal Hemat yang diberikan oleh Grab.

Dimana promo RabuUntung ini terdiri dari 3 kategori, berdasarkan frekuensi penggunaan kita pada tag bisnis yaitu:
Promo RabuUntung dari Grab for Business
  • UNTUNGAJA yaitu kode promo yang bisa kita nikmati bila kita melakukan perjalanan 4-5 kali perjalanan per minggu, maka kita bisa menikmati reword senilai Rp 30K (2x @15K) per minggunya.
  • UNTUNGLUMAYAN yaitu kode promo yang bisa kita nikmati bila kita melakukan perjalanan 6-7 kali perjalanan per minggu, maka kita bisa menikmati reword senilai Rp 60K (4x @15K) per minggunya.
  • UNTUNGBANGET yaitu kode promo yang bisa kita nikmati bila kita melakukan perjalanan >7 kali perjalanan per minggu, maka kita bisa menikmati reword senilai Rp 90K (6x @15K) per minggunya.
Nah, jenis voucher promo ini bisa kita gunakan untuk menikmati berbagai layanan, seperti: GrabBike, GrabCar, GrabCar Plus, GrabCar 6 dan GrabExpress yang berlaku hanya untuk perjalanan yang menggunakan Tag Bisnis.

Ada pun cara untuk menggunakan promo RabuUntung ini bisa digunakan untuk perjalanan setiap harinya, yaitu dihitung dari hari Minggu ke Sabtu sampai nanti 30 September 2019, dan voucher ini berlaku di seluruh Indonesia. Cara menggunakannya gampang bangat, yaitu sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi Grab kita, lalu pada layar utama kita pilih layanan Grab (GrabBike, GrabCar, GrabCar Plus, GrabCar 6 dan GrabExpress) dimana dalam hal ini kita ambil contoh menggunakan layanan GrabBike.
  2. Setelah itu kita tentukan lokasi jemput dan tujuan kemana kita ingin pergi dan jangan lupa pilih Tag Bisnis
  3. Lalu tekan menu Promo untuk memasukan kode promo, kemudian klik Use Now.
  4. Kemudian kita akan mendapatkan potongan harga spesial untuk perjalanan bisnis yang telah kita lakukan.
Mennggunakan Grab for Business ini menyenangkan karena memberikan potongan harga spesial yang membuat perjalanan kita menjadi semakin hemat

Sungguh menyenangkan ternyata menggunakan Grab for Business ini, dan jika saya rangkum, ada beberapa keuntungan yang saya rasakan dengan menggunakan Grab for Business ini, antara lain sebagai berikut:
  • Pengeluaran untuk transport bisnis menjadi sangat jelas dan transparan.
  • Pengaturan pengeluaran menjadi semakin mudah dan detail.
  • Kita menjadi lebih hemat cost karena mendapatkan diskon.
  • Kita menjadi lebih hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu pusing bikin laporan perjalanan mingguan atau bulanan lagi.
  • Kita bahkan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik bila sering menggunakan Grab for Business ini.
Sungguh asyik bukan menggunakan Grab for Business ini? :)

Namun, selain bisa memanfaatkan promo RabuUntung seperti yang saya ceritakan di atas, kita pun bisa juga kesempatan lain untuk mendapatkan berbagai hadiah keren dari menggunakan Grab for Business ini.

Jadi, bagi siapa pun yang sering menggunakan Grab for Business maka akan berkesempatan juga untuk ikut GrabMazzing Race yaitu kesempatan untuk memenangkan Samsuung Galaxy Watch Active bagi 10 pemenang Tag Bisnis terbanyak. 
Jam tangan keren menanti nih guys
Woow, sungguh hadiah yang sangat menggiurkan ya, selain bisa merasakan promo menarik, kita juga bisa berpeluang mendapatkan hadiah jam tangan keren yang kekinian itu, sungguh saya sangat mupeng bangat sama hadiahnya. hehehe

Jadi ayo teman-teman gunakan Grab ffor Business, karena siapapun berpeluang untuk mendapatkan berbagai promo menarik dan juga hadiah seru dari Grab for Business ini, apalagi waktunya masih ada hingga akhir bulan September 2019 mendatang. Jadi, mari kita sama-sama memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan yang istimewa ini dari Grab for Business.

Untuk itu, #KemanapunKamuPergi saatnya gunakan Grab for Business untuk menikmati promo hemat tiap minggunya, dan juga kesempatan meraih hadiah jam tangan kerennya. Enjoy your Grab and Have a nice day! :)


No comments:

Post a Comment