KriyaNusa 2019 Hadirkan Aneka Kerajinan Berkualitas




Beberapa waktu yang lalu, seorang teman memberikan saya hadiah kain tenun dari Nusa Tengga Timur (NTT) sebagai oleh-oleh sepulangnya traveling dari sana. Sungguh saya begitu bahagia mendapatkan kain tenun NTT tersebut, karena memang sudah sangat lama saya ingin memiliki kain tenun NTT yang indah itu.

Selain NTT, masih banyak lagi daerah di Indonesia ini yang memiliki kain tenun nan indah yang ingin saya miliki juga, karena setiap daerah di Indonesia memiliki jenis kain etnik yang sangat unik-unik, dan hal ini juga yang membuat saya sangat bangga dengan Indonesia ini.

Namun sebenarnya bukan hanya kain-kainnya saja Indonesia ini yang sangat beragam, namun setiap daerah pun memiliki berbagai kerajinan lain yang juga patut dibanggakan, seperti songket, anyaman bambu, produk kulit, kerajinan logam, sampai logam mulia, dan aneka produk lainnya.

Kekayaan akan kerajinan inilah yang akhirnya menjadi salah satu daya pikat yang membuat industri pariwisata Indonesia semakin banyak dilirik oleh wisatawan baik dari dalam hingga luar negeri. Dan sudah sepatutnya kita sebagai generasi muda harus turut bangga dan melestarikan semua kekayaan kerajinan ini agar tidak punah dimakan waktu.

Nah, sebagai salah satu langka melestarikan aneka kekayaan kerajinan yang Indonesia miliki, maka Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menyelenggarakan pameran Kriyanusa 2019 sebagai upaya untuk melestarikan serta mengembangkan hasil produk kerajinan Indonesia. menjaga keberadaan dan kontinuitas produksi produk kerajinan melalui peningkatan ketrampilan pada generasi muda.

Temu Netizen KriyaNusa 2019

Untuk itu, guna mempromosikan gelaran Pameran KriyaNusa 2019 maka Kementerian Komunikasi dan Informatika beserta Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menyelenggarakan acara Temu Netizen KriyaNusa 2019 pada tanggal 09-09-2019 di Kembang Goela Restaurant.

Hadir dalam acara ini, Bapak Widodo Muktiyo selaku Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo RI, Ibu Septriana Tangkary selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI, Ibu Triana Rudiantara selaku Ketua Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi KriyaNusa dan Ibu Euis Saedah selaku Sekretaris Jenderal Dekranas yang menjadi narasumber dalam acara ini.         
Gelar Temu Netizen #KriyaNusa 2019 yang dihadiri oleh (kiri - kanan): Ibu Septriana - Bapak Widodo - Ibu Euis - Ibu Triana dan Mas Yosi (Brand Ambassador KriyaNusa)
Dan acara ini dibuka dengan kata sambutan dari Bapak Widodo Muktiyo selaku Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo yang mengungkapkan bahwa adanya acara Temu Netizen ini merupakan salah satu langkah untuk mensosialisasikan kegiatan Kriya Nusa 2019 di ranah media sosial melalui teman-teman netizen dan influencer.

Sehingga diharapkan dengan adanya sosialisasi melalui berbagai media sosial ini, maka nantinya akan semakin banyak masyarakat yang tahu dan hadir di acara Kriya Nusa 2019 ini. Dan masyarakat pun semakin teredukasi dengan berbagai kekayaan kerajinan yang begitu beragam yang datang dari berbagai penjuru daerah di Indonesia ini. 

Dan pada tahun ini, Kriya Nusa 2019 mengusung tema “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas & Kewirausahaan” yang mengusung ikon daerah dari Sumatera Barat dengan mengangkat motif “Pucuk Rabuang” yang melambangkan kuncup bambu muda yang lembut, namun jika sudah dewasa akan menjadi bambu yang kuat dan kokoh.
Saatnya kita buktikan bahwa kita 100% Cinta Kriya Indonesia
Dan lebih lanjut, Ibu Septriana Tangkary selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI menjelaskan bahwa partisipasi Kemkominfo dalam acara KriyaNusa 2019 ini merupakan wujud kerja Ditjen IKP sebagai penanggung jawab Government Public Relations (GPR) di Indonesia.

Untuk itu, Ditjen IKP Kementerian Kominfo berkewajiban untuk mempromosikan dan mensosialisasikan kegiatan KriyaNusa ini kepada seluruh masyarakat Indonesia karena pameran ini sangat penting dan merupakan bagian dari peran serta Kemkominfo untuk memajukan produk kerajinan Indonesia.

Sebab tak bisa dipungkiri, bahwa pada akhirnya nanti, hasil UMKM ini juga akan turut mengangkat perekonomian rakyat. Dan hal ini patut didukung, karena Indonesia ini sungguh kaya dengan begitu banyak kerajinan daerah yang begitu unik-unik yang patut untuk terus dikembangkan.

Maka bisa kita bayangkan betapa Indonesia hebat dengan segala kekayaan kerajinan yang dimilikinya sehingga sangat layak untuk didukung oleh kita bersama, sehingga kerajinan Indonesia semakin maju bahkan bisa mencuri perhatian masyarakat dunia.

KriyaNusa 2019 Hadirkan Aneka Kerajinan Berkualitas

Untuk itu, maka pada acara KriyaNusa 2019 ini, Dekranasda dan juga Kemkominfo telah melakukan berbagai langkah-langkah strategis agar bisa menghadirkan beragam kerajinan terbaik dari berbagai daerah di Indonesia.

Sehingga dalam penyelenggaraan acara KriyaNusa 2019 ini, diakui oleh Ibu Triana Rudiantara selaku Ketua Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi KriyaNusa bahwa KriyaNusa 2019 tentu saja sangat istimewa, karena akan menghadirkan aneka produk kerajinan yang sangat beragam dan juga berkualitas, dengan melibatkan perajin terpilih dari seluruh Kabupaten/kota di Indonesia yang sudah terkurasi oleh Dekranasda setempat.

Dan lebih lanjut, diakui oleh Ibu Triana bahwa produk-produk kerajinan yang ditawarkan di acara Kriya Nusa ini merupakan produk original dan otentik, bukan produk pasaran yang diproduksi secara massal seperti barang grosiran. 

Dimana semua produk yang dipamerkan didatangkan langsung dari tangan perajin daerah, sehingga harga yang ditawarkan pun akan jauh lebih murah, karena perajin daerah tidak perlu membayar sewa stan, sebab biaya tersebut telah ditanggung oleh Dekranasda masing-masing daerah.
Mari kita mengunjungi KriyaNusa 2019 karena pameran ini tidak pungut biaya masuk alias GRATIS!
Dan Ibu Euis Saedah selaku Sekretaris Jenderal Dekranas juga mengungkapkan bahwa pada pameran KriyaNusa 2019 ini diikuti oleh Dekranasda dari seluruh Indonesia yang memfasilitasi perajin di wilayahnya masing-masing.

Bahkan tak hanya itu, sejumlah BUMN dan Kementerian juga memfasilitasi mitra binaanya untuk terlibat dalam pemaran ini, sehingga terdapat 246 stand yang hadir di KriyaNusa 2019 yang terdiri dari:
·         Kementerian & BUMN 37 Stand,
·         Dekranasda 170 Stand (34 Provinsi),
·         Individu 25 Stand,
·         Mitra 8 Stand,
·         Asosiasi 6 Stand.

Begitu banyak ternyata stand yang ada, sehingga nantinya akan ada banyak juga produk kerajinan yang akan ditampil oleh stand-stand tersebut, seperti: tekstil, keramik, serat alam, batu-batuan, logam, kayu, bahan baku alam, bahan baku alam olahan, lukisan, dan sebagainya.

Selain itu, KriyaNusa 2019 juga menggelar berbagai kegiatan unik dan menarik setiap harinya, diantaranya: fashion show, workshop Ragam Hias Tekuluk (Dekranasda Jambi), pentas seni budaya Minang, workshop pembuatan TasLidi dari bahan baku Lidi Cambia, workshop Padupadan Wastra Nusantara, penampilan dari Golden Mum's, serta live music performance dari Lapazze Band, dan lain sebagainya.

Bahkan pada acara KriyaNusa 2019 ini, ternyata akan dilakukan peluncuran dua buah buku yang dibuat oleh Dekranas, yakni: Cerita Serat Menjadi Tenun, dan Songket Minangkabau yang disajikan dalam dua bahasa untuk memperkaya pengetahuan kita tentang kerajinan lndonesia yang begitu luar biasa ini.

Tempat & Tanggal Pelaksanaan KriyaNusa 2019

Sungguh begitu banyak produk kerajinan yang dihadirkan di KriyaNusa 2019 ini, makanya sangat sayang untuk dilewatkan acara yang seru seperti ini. Untuk itu, teman-teman sila dicatat dengan baik ya, bahwa pelaksanaan pameran KriyaNusa 2019 akan berlangsung pada:
  • Tanggal: 11 - 15 September 2019
  • Tempat: BALAI KARTINI Jl. Gatot Subroto Kav. 37 - Jakarta Selatan
  • Tiket: GRATIS!
Jadi, mari teman-teman semua kita berbondong-bondong bersama teman dan keluarga untuk datang dan beli produk-produk perajin kita di pameran KriyaNusa 2019 ini, karena siapa lagi yang harus mencintai produk dalam negeri kita, kalo bukan kita sendiri, sudah saatnya kita buktikan bahwa kita 100% CINTA KRIYA INDONESIA!


No comments:

Post a Comment