Nikmatnya Kopi di Dapur Solo


Menikmati kopi kini telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, hal ini dapat dilihat dari menjamurnya banyak kedai kopi kekinian yang bisa kita temukan dengan mudah di berbagai tempat dengan beragam varian kopi yang disajikannya.

Kita tidak perlu heran akan hal ini, karena pada dasarnya, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, maka sangatlah lumrah bila masyarakat di negeri ini pun begitu gemar untuk menyeruput kopi setiap harinya.

Bahkan menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa Indonesia setiap tahunnya mampu memproduksi banyak kopi, dimana pada tahun 2021 produksi kopi Indonesia mencapai 774,60 ribu ton. Jumlah tersebut naik 2,75% dari tahun sebelumnya yang sebesar 753,9 ribu ton. Bahkan tingginya jumlah produksi kopi pada tahun lalu sekaligus menjadi yang tertinggi dalam satu dekade terakhir.

Selain itu, berdasarkan catatan dari International Coffee Organizations (ICO) menyebutkan bahwa produksi kopi Indonesia pada tahun 2020 mencapai 12,1 juta kantong berukurang 60 kg. Jumlah tersebut juga mengalami kenaikan 5.83% dibandingkan pada tahun sebelumnya sebesar 11,43 juta kantong dengan ukuran yang sama (60 kg).

Oleh karena itu, dengan begitu banyak limpahan produksi kopi yang dicapai oleh Indonesia ini, maka negara kita ini pun masuk dalam posisi 5 besar penghasil kopi di dunia, tepatnya berada di urutan keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia.

Dengan begitu melimpahnya kopi yang dihasilkan oleh Indonesia, maka hal ini jugalah yang menjadi pemicu masyarakat Indonesia menjadi begitu menggemari kopi, bahkan menikmati kopi kini sudah menjadi sebuah kebiasaan dan rutinitas yang dilakukan oleh banyak orang, termasuk saya pribadi.

Jujur awalnya saya bukanlah penggemar kopi, semua bermula karena saya mencoba-coba, namun kemudian aroma kopi benar-benar mampu memikat saya, sehingga membuat saya kini begitu menggemari kopi untuk menemani hari-hari saya.

Sejatinya, yang bikin saya suka kopi bukan hanya aromanya yang memikat saja, namun kopi ternyata memiliki banyak manfaat yang juga baik bagi kesehatan, seperti: meningkatkan energi, menurunkan berat badan, mencegah penyakit otak, menurunkan risiko diabetes tipe 2, melindungi hati, termasuk untuk meningkatkan mood atau suasana hati kita sehingga lebih rileks.

Nah, ngomong-ngomong tentang kopi seperti ini, saya pun jadi teringat dengan salah satu tempat ngopi yang asik di Jakarta, yaitu Dapur Solo.


Memangnya, di Dapur Solo ada Kopi?

Nama Dapur Solo sudah sangat tersohor di mana-mana, siapa yang tidak mengenal tempat makan dengan masakan khas Jawa ini? Selain telah mengantongi sertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia), aneka masakan di Dapur Solo pun terkenal dengan kelezatannya yang menggoda.

Dapur Solo mampu menghadirkan aneka masakan tradisional khas Jawa yang beragam dengan citarasa yang nikmat, sehingga bagi kita yang menggemari masakan Jawa, maka di sinilah surganya masakan Jawa yang bukan hanya enak, namun juga sangat beragam jenis menunya.

Ada banyak aneka makanan yang dihidangkan di Dapur Solo, sebut saja ada Nasi Langgi Solo, Nasi Urap Solo, Timlo Solo, Lontong Solo, Selat Solo, Nasi Timbel Sunda, Nasi Gudeg, Nasi Ulam, Tengkleng Kambing, Sop Buntut dan masih banyak lagi aneka makanan lainnya yang juga menggoda selera.

Nasi langgi solo hadir dengan beragam lauk yang enak

Namun siapa yang menyangka, ternyata awal mula hadirnya Dapur Solo ini lahir dari sebuah garasi rumah sederhana. Tepatnya pada tahun 1988, Nyonya Swan Kumarga atau Karina Rosalin Kumarga memulai bisnis rumahan untuk mengisi waktu senggangnya.

Beliau saat itu hanya bermodalkan sekadar cobek dan blender untuk mencoba membuat rujak dan aneka jus bagi anak-anak yang pulang sekolah dan ibu-ibu di lingkungan perumahannya, kemudian usaha tersebut terus tumbuh dan berkembang hingga seperti sekarang ini.

Tentu tak mudah untuk bisa sampai di titik ini, namun saya percaya, selain beliau mampu meracik makanan dengan citarasa yang nikmat, keuletan dan kesungguhan beliau untuk terus konsisten dalam berinovasi menciptakan aneka kreasi makanan terbaiklah yang mampu terus mengokohkan langkahnya hingga bisa seperti saat ini.

Terlebih, kehadiran Dapur Solo ini membawa misi yang sangat mulia, yaitu untuk melestarikan budaya Indonesia terutama masakan tradisional Jawa, agar makanan tradisional tetap lestari di tengah hadir banyaknya makanan olahan modern, terutama dari negara luar.

Selain terus meningkatkan inovasi pada makanannya, kini Dapur Solo juga melakukan inovasi dan juga kreasi baru dengan menghadirkan aneka minuman kopi, sehingga saat kita berkunjung ke Dapur Solo, kita bukan saja bisa menikmati makanan berat saja, namun kita pun bisa menyeruput aneka minuman kopi yang nikmat sambil duduk santai di tempat ini.


Asiknya Menikmati Kopi di Dapur Solo Matraman

Seperti yang sudah saya singgung di atas, Dapur Solo tak henti melakukan inovasi untuk terus memanjakan pengunjungnya. Bukan hanya aneka menu saja yang terus dikreasikan dengan unik dan kreatif, namun tampilan outlet Dapur Solo pun terus mengalami penyegaran pada tampilannya, salah satunya bisa kita lihat di Dapur Solo Matraman – Jakarta Timur.

Dapur Solo Matraman ini merupakan cabang baru dari total 37 outlet Dapur Solo yang ada di berbagai lokasi. Tampilannya memperlihatkan ada penggabungan antara sentuhan modern - tradisional lifestyle dengan nuansa interior maupun eksterior yang elegan sehingga menghadirkan rasa nyaman dan juga homi.

Dapur Solo cabang Matraman ini memiliki ruangan yang luas, bersih dan nyaman

Selain itu, Dapur Solo Matraman ini juga memiliki ukuran ruangan yang sangat luas, selain memiliki ruang duduk indoor dan juga outdoor di depan dan di samping kanan restoran, Dapur Solo di Matraman ini juga memiliki dua ruang meeting dan juga ruang serba guna yang bisa digunakan untuk berbagai acara, seperti ulang tahun, tunangan/lamaran, gathering, arisan dan berbagai acara lainnya.

Nah, dengan mengusung konsep sedikit industrial seperti ini, Dapur Solo Matraman ini tampil begitu cantik, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong yang seru, terutama bagi anak-anak muda, apalagi tempatnya sudah didukung oleh ruang parkir luas (di depan dan belakang), mushola dan toilet yang bersih, serta pegawai yang ramah-ramah.

Namun selain itu, yang bikin semakin nyaman nongkrong di Dapur Solo ini karena ada aneka minuman kopinya yang enak, dibuat dari biji kopi pilihan dengan kualitas terbaik yang merupakan kopi asli Indonesia, tepatnya biji kopi asli dari daerah Temanggung – Jawa tengah.

Biji kopi pilihan yang diambil untuk dijadikan bahan dasar dalam pembuatan minuman kopi di Dapur Solo ini menggunakan gabungan kopi Robusta dan Arabika dengan takaran 70:30, yaitu 70 persen biji kopi Robusta dan 30 persennya lagi biji kopi Arabika, sehingga menghasilkan citarasa kopi yang kuat namun tetap aman bagi lambung.

Nah, gabungan biji kopi tersebut kemudian akan melalui serangkaian proses, seperti proses roasting dengan level medium tapi dark, kemudian dilakukan proses penggilingan dan dilanjutkan dengan proses press menggunakan alat rok presso secara manual untuk menghasilkan espresso yang menjadi dasar dalam membuat aneka kreasi minuman kopi di Dapur Solo ini.

Sebenarnya ada banyak ragam kreasi minuman kopi di Dapur Solo ini, namun dalam kesempatan ini saya akan memberikan review singkat untuk beberapa minuman kopi yang ada di sini, di antaranya sebagai berikut:
  • Es Kopi Susu Special Gula Aren
Kopi susu special gula aren ini begitu nikmat

Minuman yang satu ini merupakan menu kopi paling digemari di Dapur Solo. Minuman ini dibuat menggunakan bahan-bahan pilihan terbaik, diracik dengan menggabungkan susu segar full cream, gula aren dan cairan kopi espresso serta es batu sehingga menghasilkan minuman kopi yang nikmat dan segar.

Minuman ini benar-benar terasa enak, perpaduan semua bahannya begitu pas, rasa kopinya tetap ada namun susunya juga memberi rasa creamy dalam balutan rasa manis dari gula aren yang memiliki aroma yang begitu khas.

Penambahan es pada pada minuman ini benar-benar membuatnya terasa semakin segar, sehingga minuman es kopi susu special gula aren ini sangat cocok untuk dinikmati dalam berbagai suasana, terlebih di saat cuaca sedang panas-panasnya.

Oleh karena itu, saya sangat suka dengan minuman es kopi susu special gula aren ini, karena menurut saya perpaduan semua bahannya sangat pas sehingga benar-benar mampu menghasilkan citarasa kopi yang sangat nikmat bagi saya.

  • Alpukat Kopi Gula Aren
Campuran alpukat segar dengan kopi dan gula aren ternyata rasanya enak juga

Sejujurnya saya belum pernah merasakan minuman berbahan kopi yang dipadukan dengan buah, apalagi ini buah alpukat. Meskipun sedikit ragu, namun akhirnya saya pun mencoba menikmati minuman alpukat kopi gula aren ini lantaran penasaran dengan rasanya.

Namun ternyata rasanya sangat nikmat, perpaduan buah alpukat segar yang diblender halus itu ternyata bisa menyatu dengan cairan kopi espresso serta manisnya gula aren, sehingga menghasilkan citarasa minuman yang segar dan nikmat.

Meksipun belum terbiasa dengan jenis minuman alpukat kopi gula aren ini, namun lidah saya masih bisa menikmati minuman ini. Dan menariknya, menu minuman ini dapat kita atur sendiri takaran jumlah kopinya sesuai dengan selera.


  • Kopi Tetes
Cara pembuatan kopi tetes ini sangat unik

Minuman kopi tetes merupakan salah satu menu terbaru yang akan segera diluncurkan di Dapur Solo. Teknik pembuatan minuman kopi tetes ini memiliki cara penyeduhan kopi yang unik untuk mendapatkan cita rasa kopi yang berbeda. 

Pertama-tama, tempatkan gelas yang sudah diisi dengan kental manis, lalu di atasnya letakan Vietnam drip filter yang sudah berisi bubuk kopi, lalu tuang air panas dari kattle (teko air berleher angsa) ke Vietnam drip filter dengan teknik gerakan memutar, agar wangi dan rasa kopinya lebih terasa nikmat.

Dengan metode penyeduhan kopi yang menggunakan Vietnam drip filter tersebut sehingga mampu menghasilkan sari konsetrat kopi dengan cita rasa yang dominan, sehingga menghasilkan rasa kopi yang pekat namun tetap terasa nikmatnya.
 
  • Kopi Hitam Putih
Kopi hitam putih ini terasa lebih creamy dengan tambahan susu kocok

Sama dengan kopi tetes, minuman kreasi kopi hitam putih ini juga merupakan minuman baru yang akan segera diluncurkan di Dapur Solo. Teknik pembuatan minuman kopi hitam putih sama persis dengan pembuatan kopi tetes di atas.

Namun yang membedakan kedua minuman tersebut, kopi hitam putih ditambahkan dengan topping susu kocok di atasnya, sehingga rasanya lebih creamy. Dan saya pribadi lebih suka dengan kopi hitam putih karena rasanya lebih enak bagiku.

Dan buat teman-teman yang penasaran dengan jenis kopi tetes dan kopi hitam putih ini maka nanti bisa langsung mencobanya bila sudah diluncurkan dalam waktu dekat ini, Kedua kopi ini sangat cocok bagi kita yang senang menikmati hot coffee.

Ngopi semakin asik ditemani aneka cemilan enak di Dapur Solo

Oh iya, supaya menikmati minuman kopinya semakin nikmat dan asik, maka tidak ada salahnya ditemani dengan cemilan yang enak juga, dan di Dapur Solo ini tersedia beraneka macam cemilan atau kudapan lezat yang sangat beragam sehingga bisa dipilih sesuai dengan selera kita.

Cemilan yang ada di sini pun merupakan cemilan tradisional namun enak, seperti serabi solo, sosis solo, gemblong cothot, misro, comro, tahu petis, tempe goreng tepung, bakwan jagung, singkong goreng, dan masih banyak lagi cemilan yang lainnya.

Jadi, buat teman-teman yang juga senang nongkrong sambil ngopi asik, maka bisa memilih Dapur Solo ini sebagai tempatnya, karena di sini kita bisa menikmati aneka minuman kopi yang nikmat serta aneka cemilan yang enak, namun dengan harga yang masih terjangkau. 😊

Alamat Dapur Solo Matraman:
Jl. Matraman Raya No. 18 RT2 RW1 Kb. Manggis, Kec. Matraman - Jakarta Timur

Telp: 021-29821966

No comments:

Post a Comment