Kun Saraswati Ajak Move On Melalui Lagu Done



Lagu Done milik Kun Saraswati

Saya pernah merasa gagal, saya pernah merasa patah, saya pernah merasa luka, saya pernah merasa marah, saya pernah merasa kesal, saya pernah merasa bimbang, saya pernah merasa hancur, bahkan saya pernah merasa dunia saya runtuh.

Ya saya merasa kecewa dengan penggalan masa lalu yang tak sejalan dengan yang saya inginkan, tak seindah dengan yang saya harapkan, namun saya tak bisa berkutik, lantaran berbagai upaya yang saya coba hanya berujung pada kelukaan dan juga kecewa yang tak usai.

Butuh waktu memang, dan perlahan saya mencoba memaknai semua yang telah terjadi, saya menyadari bahwa semua ini memang sudah suratan takdir yang harus saya jalani, dan tak seharusnya saya tenggelam dalam kecewa berlarut-larut, toh semua sudah terjadi dan kini telah menjadi masa lalu.

Dan perasaan kecewa serupa ini mungkin juga pernah dialami banyak orang, dan saya tiba-tiba merasa terwakili oleh suara indah Kun Saraswati yang berhasil mengolah segala kenangan pahit di masa lalu melalui lagu yang berjudul DONE. Pernah dengan lagu ini kawan?

Take me with you or let me be with you
but if we knew, i’m trynna forget you
what did i do? i’m feeling so pale blue
this felt so true, but how about you?

The sky starts raining, but my heart keeps tracing
the storms are raging, but my heart keeps falling

Ya, itu sepenggal lirik lagu Done milik Kun Saraswati. Mungkin lirik musik Kun Saraswati tersebut dan nama penyanyinya masih terasa asing di telinga banyak orang, bahkan mungkin masih ada yang belum pernah sama sekali tahu siapa Kun Saraswati?

Siapa Kun Saraswati?

Kun Saraswati adalah penyani pendatang baru, namun dia punya talenta yang luar biasa. Ya, meski mungkin saat ini nama Kun Saraswati masih begitu asing terdengar di telinga banyak orang, namun saya pribadi sangat yakin, dengan talenta bermusik dan suaranya yang bagus, Kun Saraswati akan menjadi penyanyi hebat yang akan dikenal oleh banyak orang, karena dia memang berbakat.
Lagu Done milik Kun Saraswati
Ini dia sosok Kun Saraswati
Kun Saraswati merupakan anak kedua dari dua bersaudara, ia lahir di kota Surabaya pada 9 September 1998 silam dengan nama lengkap Kun Andini Putri Saraswati, dan untuk kemampuan menyanyi Kun Saraswati terlihat sejak ia berusia masih sangat kecil.

Dimana pada usia 3 tahun, ternyata Kun Saraswati sudah menunjukan kemampuanya menyanyi, dan pada saat berusia 5 - 9 tahun ia pun mengikuti les piano klasik untuk semakin memperkaya kemampuan bermusiknya.

Bahkan saat memasuki bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kun Saraswati juga belajar bermain gitar secara otodidak demi mengasah bakat bermusiknya kian jitu. Dan ia pun tidak puas di situ saja, Kun Saraswati mulai menantang dirinya unuk mengikuti beberapa kompetisi menyanyi ketika SMP hingga SMA untuk melatih keberanian dan kepercayaan diri bernyanyi di depan banyak orang.

Namun bakat bernyanyi dan bermain musik perempuan bermotto "I love what I do and I do what I love" ini baru diasah secara profesional pada saat ia berumur 18 tahun, tepatnya ketika diterima menjadi murid di Fakultas Ilmu Seni Musik Universitas Pelita Harapan (UPH) dengan peminatan: Jazz & Pop Music Performance - major vokal.

Dan perempuan yang mengagumi Diana Krall ini sudah mengambil keputusan untuk serius berkarir di belantika musik. Dimana keseriusan Kun pun berlanjut dengan mulai rajinnya ia menulis lagu demi lagu berdasarkan kisah pribadi atau apa pun yang ada di sekitarnya.
Lagu Done milik Kun Saraswati
Kun tetap ramah saat kami minta foto bareng dengan berganti gaya berkali-kali
Meski sedari kecil Kun Saraswati tidak tertarik dengan sistem edukasi konvensional, namun menariknya, justru saat ini dia adalah salah satu dari jajaran Vocal Teacher di MSI (Music School of Indonesia) Pondok Indah loh. 

Selain itu, Kun Saraswati juga ternyata memiliki bakat dalam hal make-up. Dan ini pun menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang pernah digeluti oleh Kun Saraswati dengan menjadi make-up artist. Dimana kebanyakan kliennya adalah siswi SMP-SMA yang ingin melakukan photoshoot buku tahunan sekolah dan juga untuk acara prom-night.

Bukan itu saja, Jebolan SMA Tarakanita 5 di Pulo Raya (Jurusan Bahasa) ini juga memiliki bakat lain, yaitu sangat senang memasak. Bahkan ia pernah menjuarai lomba memasak tingkat sekolah ketika SMA beberapa tahun yang lalu. Sungguh banyak ya bakat Kun Saraswati ini, patut diacungi jempul! :)


Lagu DONE: Mengakhiri yang Seharusnya Diakhiri

Nah, setelah mengenal siapa Kun Saraswati, maka saya akan membahas tentang lagu Kun Saraswati yang berjudul Done, lagu ini ternyata terinspirasi dari kisah nyata Kun sendiri yang pernah dikecewakan oleh orang-orang di sekitarnya.

Dimana penulisan judul lagu Kun Saraswati "Done" ini sudah dilakukan oleh Kun Saraswati pada pertengahan tahun 2016 lalu, namun baru dijadikan sebuah karya lagu pada bulan Agustus 2019 kemarin, kemudian lagu ini dilaunching secara resmi pada tanggal 04 Oktober 2019 yang lalu.
Launching lagu DONE milik Kun Saraswati
Pemotongan tumpeng dalam acara launching lagu Done milik Kun Saraswati
Nah, dalam merilis single ini, Kun Saraswati menggandeng sejumlah pihak yang sudah punya nama di blantika industri musik tanah air, sebut saja ada Irvnat (Vocal Director), Alvin Witarsa (Orchestrator), Eko Sulistiyo (Mixing Engineer), dan Steve Corrao (Mastering Engineer) yang membuat lagu ini terdengar semakin berkualitas.

Dan single ini diproduksi oleh Passion Vibe yang merupakan label rekaman yang digawangi oleh Balanegara Abe dan Edo Abraham. Label ini pun sudah sering bekerjasama dengan sejumlah penyanyi ternama tanah air, seperti Rinni Wulandari, Sherina, Heidi, Laki Official, dan lain sebagainya.

Jadi bisa dibilang, single Done ini benar-benar disiapkan dengan sangat serius oleh Kun Saraswati dan juga berbagai pihak di atas, sehingga menghasilkan lagu yang bisa menghibur seluruh masyarakat baik pencinta lagu Indonesia atau pun mancanegara. 

Dan dalam acara peluncuran lagu done ini, Kun Saraswati membawa pesan tersendiri melalui lagunya ini, ia ingin mengajak kita untuk move on, tentang bagaimana kita bangkit dari kecewa dan masa lalu yang mungkin sangat menyakitkan. Namun dari situ semoga kita bisa mengambil banyak pelajaran hidup dari kisah yang pernah ada, agar kita bisa melangkah maju untuk meraih masa depan yang lebih baik.

“Jangan takut untuk menyudahi hal yang tidak baik untuk diri kita, apa pun dan siapa pun itu. Suatu akhir adalah awal mula dari sesuatu yang bisa jadi lebih baik untuk kita, jangan takut kalau kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Tidak apa-apa untuk merasa sedih, sedih itu wajar, yang penting adalah bagaimana kita bangkit dari kesedihan itu, dan melanjutkan hidup dengan semangat baru,” Ujar Kun Saraswati.
Launching lagu DONE milik Kun Saraswati
Penampilan Kun Saraswati di acara launching single terbarunya yang berjudul DONE
Dan saya pribadi sangat suka dengan lagu Done ini, alunan musik yang mengiringi lagu ini memiliki magnetnya tersendiri, sehingga mampu menyentuh hati dan membuat saya terbuai lebih dalam lewat melodi-melodinya yang mendayu-dayu.

Begitu pun dengan lirik musik Kun Saraswati, mampu membawa saya untuk menelusuri rangkaian kisah yang begitu dramatis, tentang harapan yang berujung pada kekecewaan yang begitu bimbang. Namun, pada akhirnya kita memang harus berani bilang “Done” untuk menyudahi semua itu, agar benar-benar usai, dan tak larut dalam rasa yang tak pasti.

Dan lagu ini sepertinya dibawakan oleh Kun Saraswati dari hatinya yang paling dalam, sehingga mampu sampai juga di hati saya saat pertama kali mendengarnya. Alunan suara Kun begitu merdu, benar-benar menyihir saya untuk mendengarkan lagu ini berkali-kali.  

Ya, lagu Done ini memiliki pesan yang sangat positif untuk kita renungkan. Hal ini terlihat jelas dari pemilihan melodinya yang syahdu, kata-kata dalam liriknya yang penuh pesan, hingga cara Kun Saraswati melantunkan kata demi kata dalam lagu ini begitu menyentuh, semua begitu kawin dalam satu kesatuan yang sempurna.

Ini saya sisipkan video youtube lagu Done dari Kun Saraswati, mari sejenak mendengarkannya, dan rasakan setiap alunan yang terucap, semoga turut menginspirasi kita untuk berani mengatakan “Done” untuk menyudahi segala hal yang tidak baik untuk diri kita.


Gimana, sudah mendengarkan lagu Done di atas? Semoga teman-teman pun sepakat, bahwa lagu ini begitu enak didengar, dan begitu dalam untuk diresapi, dan juga begitu memotivasi untuk terus bangkit  "move on" dari rasa kecewa dan terluka yang pernah hadir di masa lalu.

Nah, selain bisa mendengar lagu Done ini lewat youtube, saat ini lagu Kun Saraswati ini juga sudah bisa didengarkan melalui Spotify, Joox, iTunes, Deeger, dan juga Google bagi seluruh pencinta lagu Indonesia atau pun mancanegara dengan sangat mudah.

Dan kini, lagu Kun Saraswati ini kerap menemani saya setiap saat, benar-benar cocok dinikmati sambil santai di pagi atau sore hari. Namun tak jarang, judul lagu Kun Saraswati "Done" ini kerap jadi pengantar tidur saya. Dan kini, saya semakin yakin untuk bilang pada seseorang i’m done with you!

No comments:

Post a Comment